Karnaval Multi Etnis Meriahkan Festival Danau Limboto - ANTARA News Mataram - WisataHits
Jawa Tengah

Karnaval Multi Etnis Meriahkan Festival Danau Limboto – ANTARA News Mataram

GORONTALO (ANTARA) — Aneka pakaian adat, budaya dan musik dari berbagai daerah di Indonesia memeriahkan karnaval multietnis di objek wisata Pentadio Resort, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Minggu.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo usai kegiatan mengatakan karnaval yang diikuti ratusan peserta itu merupakan bagian dari kegiatan Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) 2022. “Karena Gorontalo sudah multietnik hari ini, kita juga menampilkan budaya multietnis-etnis,” kata Bupati Nelson.

Menurutnya, melalui kegiatan budaya tersebut masyarakat dapat belajar tentang budaya daerah lain di nusantara bahkan lebih mengenal budayanya sendiri. “Jadi melalui event kirab multietnis ini kita memahami suku lain, bahkan kita memahami budaya kita sendiri,” kata bupati dua periode tersebut.

Karnaval multietnik ini dimeriahkan oleh ratusan peserta yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perbankan, aparat kecamatan dan masyarakat umum. Bupati menjelaskan, melalui kirab yang menampilkan adat dan budaya yang ada di Indonesia, budaya nusantara dapat lebih dibudidayakan dan semakin dikenal.

Baca Juga: Kontes Kostum Karnaval Meriahkan D’Youth Fest 2.0 Denpasar
Baca juga: Karnaval budaya NTB memukau delegasi APGN

Ia menegaskan bahwa budaya harus dilestarikan, tidak hanya budaya Gorontalo tapi juga budaya daerah lain, sehingga selama kegiatan kirab ada penampilan dari budaya Ponorogo, Jawa Tengah, Sunda, Jawa Tondano, Bolaang Mongondow dan lain-lain.

Menurut Nelson, Indonesia sangat kaya akan adat dan budaya, dan semua itu perlu terus diperkenalkan dan dibudayakan oleh generasi yang berbeda. Penyelenggaraan kirab diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat selain melestarikan budaya dan adat istiadat yang ada di Indonesia.

 
Seorang peserta mengenakan busana bersulam Karawo pada karnaval budaya multietnis di Pentadio, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Minggu (20/11/2022). ANTARA/Adiwinata Solihin

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button