Kalender FKY 2022, dari pembukaan hingga penutupan! - WisataHits
wisatahits

Kalender FKY 2022, dari pembukaan hingga penutupan!

Festival Budaya Yogyakarta 2022 atau FKY 2022 akan digelar pada 12-25 September 2022.

Tahun ini, FKY 2022 dapat dikunjungi masyarakat secara online melalui website fky.id dan juga offline di berbagai lokasi DIY.

Kalender FKY 2022Suasana konferensi pers FKY 2022, foto: Andri/Piknikdong

Tidak disebut FKY jika tidak memiliki program yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Seperti disebutkan sebelumnya, rangkaian acara FKY 2022 ini akan digelar di berbagai lokasi di Yogyakarta.

Jadi dimana lokasi dan jadwal FKY 2022 kali ini? Lihat ulasannya di bawah ini.

Kalender FKY 2022

1. Prosesi Pembukaan FKY 2022 (12 September 2022)

FKY 2022 dibuka dengan penampilan dance kolosal bertajuk “Sasaji Amarta” dimana prosesi pembukaan akan memasuki rangkaian acara lengkap yang bisa dilihat
melalui siaran langsung di situs.

Rangkaian pertunjukan ini melibatkan Baron Setiaji sebagai penulis skenario, Galuh Putri Satyarini sebagai sutradara dan Andhy Setiawan sebagai koreografer.

Dalam produksinya, opening show ini akan didukung oleh seniman sanggar tari dari lima kabupaten/kota DIY, yaitu Pendapa Budaya dan Satria Aji (Bantul), Sanggar Tari Krincing Manis (Sleman), Sanggar Sripanglaras (Kulon Progo), Kendhalisada (Gunungkidul) dan Ngelancur (Kota Yogyakarta).

Tempat Acara Pembukaan FKY 2022: Jalan Margo Mulyo dan Jalan Malioboro, Yogyakarta.

2. Presentasi online melalui fky.id (1 – 25 September 2022)

Program dokumenter foto dan video berusaha memberikan alternatif rekaman bentuk-bentuk budaya yang memanifestasikan dan mengekspresikan dirinya dalam situasi dan perilaku sehari-hari di masyarakat.

Pada saat yang sama, Transfer of Performance Media merupakan tawaran penyajian kreatif seni pertunjukan musik dan tari yang menggunakan media audiovisual.

Lokasi: FKY.id

3. Pameran FKY (12 – 21 September 2022)

Pameran FKY mengundang sejumlah seniman individu/kelompok untuk mempresentasikan karya-karya yang merekam kenangan, pengalaman dan penemuan mereka tentang topik pengelolaan air dan tanah.

Pameran berfungsi sebagai publikasi pengetahuan dan produk budaya yang dihasilkan masyarakat melalui pengalaman hidup sehari-hari dan praktik budaya yang telah dilakukan.

Tempat pameran FKY: Teras R. Cenderawasih Malioboro 1, Yogyakarta

4. Aktivasi pameran dan pertunjukan seluler (13, 18, 19 & 25 September 2022)

Pameran keliling ini mengusung konsep mendekatkan seni kepada publik.

Lima unit truk akan bertema mural oleh lima komunitas seni, yakni ABDW, Mulyakarya, Wayang Polah, Media Hukum dan Gegerboyo.

Kelima truk tersebut kemudian akan diaktifkan untuk mengunjungi ruang-ruang publik zona DIY dan pada waktu-waktu tertentu akan diselenggarakan berbagai pertunjukan yang dapat diakses langsung oleh masyarakat sekitar.

Lokasi pameran keliling dan aktivasi pertunjukan: Keberangkatan: Taman Kuliner Condongcatur, Kedatangan: Teras Malioboro 2 & Kepatihan.

Lokasi pertunjukan seni dan musik kontingen Kabupaten/Kota DIY : halaman Taman Budaya Gunungkidul. (Minggu 18 September 2022).

Lokasi aktivasi eksposur seluler: halaman Taman Budaya Kulon Progo. (Senin 19 September 2022)

Lokasi Pertunjukan Seni Kontingen Kabupaten/Kota DIY : Halaman Taman Budaya Kulon Progo (Senin, 19 September 2022)

5. Aktivasi Komunitas Seni Budaya (14 – 21 September 2022)

Aktivasi Komunitas Seni dan Budaya adalah program yang melibatkan komunitas seni dan budaya yang beragam di DIY dalam bentuk pertunjukan dan tur berbicara.

Program ini akan diadakan di tempat-tempat komunitas untuk mendorong masyarakat belajar tentang komunitas di DIY, sekaligus demonstrasi penyebaran FKY.

Tempat aktivasi komunitas Seni Budaya: Gerbang Barat Kepatihan

6. Acara Sastra (16 – 17 September 2022)

Acara sastra tersebut berisi rangkaian pertunjukan, diskusi publik, dokumentasi karya sastra dalam buku Transit, bazar buku dan pameran foto hasil rekaman FKY.

Program ini menggunakan kata kunci “diaspora” sebagai kerangka tematik untuk melihat konteks Yogyakarta sebagai tempat bertemunya orang-orang dari berbagai daerah dan latar belakang.
minat.

7. Pertunjukan Unggulan Seni Tradisional (19 September 2022)

Pertunjukan seni tradisional unggulan dihadirkan secara khusus sebagai upaya FKY untuk merekam peristiwa masa lalu yang diwujudkan dalam bentuk pertunjukan seni tradisional.

Pertunjukan tersebut akan diisi oleh kontingen dari masing-masing kabupaten/kota DIY, seperti Seni Carong dari Bantul dan Menak Ballet dari Sleman.

Selain pertunjukan, juga akan ada pameran foto arsip FKY 2021-2022.

8. Pidato: konferensi pertunjukan dan debat publik (21 September 2022)

Pidato adalah suatu program yang berfungsi untuk memberikan informasi dan pengetahuan bagi masyarakat serta sebagai bentuk perekaman suatu pidato.

Konferensi ini akan membahas ide-ide tentang pengelolaan infrastruktur air di masa lalu, sekarang dan saran untuk masa depan dalam bentuk kuliah performatif; dan cerita ekologi dalam naskah kuno berupa diskusi publik.

Lokasi: Taman Kuliner Condongcatur

9. FKY Market, Talk and Open Stage (22 – 25 September 2022)

Taman Kuliner Condongcatur merupakan tempat diselenggarakannya Program Pasar FKY, Program Pidato dan Panggung Terbuka.

FKY Market akan mempertemukan UKM dari ekonomi kreatif DIY.

Konferensi ini akan membahas kreativitas dalam pengarsipan dan dokumentasi karya. Sementara itu, panggung terbuka akan diisi dengan berbagai pertunjukan musik, tari, dll. mulai dari pendaftaran umum, undangan dan perwakilan RT DIY dan non DIY.

Seluruh area Taman Kuliner nantinya akan difungsikan sebagai ruang hiburan dan hiburan
pengalaman bagi masyarakat.

Lokasi Pasar FKY 2022 : Taman Kuliner Condongcatur

10. Kompetisi Rekor Warga (25 Agustus – 24 September 2022)

Program kontes merupakan aplikasi catatan warga yang mengajak masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam semangat merekam budaya.

Program kompetisi dibagi menjadi 7 kategori, yaitu Ciptaan Lagu Anak, Foto Cerita Air dan Tanah, Podcast Cerita Misteri, Video Tutorial Menanam Tanaman Pangan, Sketsa masa depan air dan tanah, esports Minecraft, dan teka-teki lintas budaya.

Ketujuh kategori ini harus menyasar berbagai kalangan dan usia.

Lokasi: Taman Kuliner Condongcatur

11. Program media komunikasi

Program Media Komunikasi: Sarapan Budaya, Sobat, dan Sambatan, dihadirkan sebagai semangat untuk mengembangkan dan mengejar strategi komunikasi FKY yang berfungsi tidak hanya sebagai platform penerbitan, tetapi juga memberikan cahaya, menarik, dan informasi budaya yang informatif dan segar sekaligus meningkatkan interaksi dengan warga.

12. Prosesi Penutupan FKY (25 September 2022)

Penutupan FKY 2022 akan dilaksanakan di Taman Kuliner Condongcatur yang akan diisi dengan rangkaian acara, mulai dari pengumuman pemenang lomba, laporan pertanggungjawaban panitia penyelenggara festival, hingga hiburan penutup.

Lokasi penutupan FKY 2022: Taman Kuliner Condongcatur

Ini adalah rangkaian kalender FKY 2022, catat tanggalnya sekarang! Sampai jumpa di Festival Budaya Yogyakarta 2022.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button