Jokowi Ajak Para Pemimpin ASEAN Menikmati Sunset di Labuan Bajo, Indah Banget! - WisataHits
wisatahits

Jokowi Ajak Para Pemimpin ASEAN Menikmati Sunset di Labuan Bajo, Indah Banget!

Jokowi Ajak Para Pemimpin ASEAN Menikmati Sunset di Labuan Bajo, Indah Banget!

Piknikdong.com – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin ASEAN menikmati sunset dari perahu pinisi di perairan Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada Rabu (10/5/2023).

Kegiatan ini dipimpin oleh Presiden Jokowi usai berakhirnya rangkaian sidang paripurna dan pertemuan KTT ke-42 ASEAN 2023 di hari yang sama.

Presiden Indonesia mengajak para pemimpin ASEAN menikmati sunset di Labuan BajoPresiden Indonesia mengajak para pemimpin ASEAN menikmati sunset di Labuan Bajo

Presiden Jokowi terlebih dahulu menunggu rombongan para pemimpin ASEAN dan rombongan tiba di Hotel Meruorah sebelum mobil mereka berangkat ke dermaga Marina Labuan Bajo untuk menaiki kapal pinisi yang akan mereka tumpangi.

Sekitar pukul 16.51 WITA, iring-iringan para pemimpin ASEAN tiba di Dermaga Marina Labuan Bajo dengan menggunakan mobil yang ditumpangi Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana kemudian langsung naik ke geladak kapal pinisi yang siap menikmati sunset, disusul Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah yang tiba didampingi Pangeran ‘Abdul Mateen.

Setelah itu, satu per satu para pemimpin ASEAN bergantian melangkah ke geladak kapal Phinisi.

Di geladak kapal Phinisi, kursi-kursi disusun mengelilingi meja untuk memungkinkan para pemimpin ASEAN dan rekan-rekannya menghabiskan malam dengan mengobrol.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara duduk di bagian paling tengah geladak, persis bersinggungan dengan tiang utama layar kapal Pinisi.

Kemudian, searah jarum jam, duduk mengelilingi meja, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dengan pendampingnya, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. dengan pendamping, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dengan pendamping dan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak dengan pendamping.

Selain itu, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Thailand Don Don Pramudwinai, Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone beserta pendampingnya, Sultan Hasanal Bolkiah bersama Pangeran ‘Abdul Mateen, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen yang tepat di sebelah Presiden Jokowi melengkapi konfigurasi lingkaran.

Setelah awak media yang mengambil foto atmosfer para pemimpin ASEAN dan teman ngobrol diajak turun, sekitar pukul 17.00 WITA, kapal pinisi berlayar lebih jauh di tengah perairan pelabuhan Labuan Bajo untuk memberi kesempatan para pemimpin ASEAN menikmati matahari terbenam .

Diketahui, usai menikmati sunset, Presiden Jokowi akan menjamu makan malam para pemimpin ASEAN di Pantai Ayana Komodo Waecicu.

Kegiatan menikmati sunset ini sejalan dengan niat Presiden Jokowi untuk menjadikan KTT ASEAN 2023 sebagai pendorong promosi Labuan Bajo semakin dikenal dunia.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi setibanya di Bandara Komodo, Labuan Bajo pada Minggu (7/5/2023).

“Ini merupakan dorongan yang sangat baik bagi kita untuk mengadakan KTT ASEAN di Labuan Bajo untuk mempromosikan Labuan Bajo, agar seluruh dunia tahu bahwa di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di ‘Nusa Tenggara Timur’,

kata Presiden Jokowi.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button