Curug Orok, Wisata Air Terjun Eksotis Indah di Garut - WisataHits
wisatahits

Curug Orok, Wisata Air Terjun Eksotis Indah di Garut

Curug Orok, Wisata Air Terjun Eksotis Indah di Garut
Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 09.00–17.00 WIB, Alamat: Jl.Curug Orok, Cikandang, Kec. Cikajang, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Garut memiliki banyak pilihan wisata alam yang menarik. Salah satunya adalah Curug Orok. Air terjun ini sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda, sehingga tak jarang jurassic memiliki sejarah mistis. Namun, lebih dari itu, keindahan alamnya yang memukau membuat banyak wisatawan memanjakan mata dengan berkunjung ke sini.

Masyarakat sekitar air terjun ini percaya bahwa pada zaman dahulu ada seorang wanita yang membuang bayinya di sini, sehingga air terjun ini diberi nama Curug Orok. Cerita tersebut semakin disempurnakan dengan bentuk air terjun yang memiliki dua air terjun. Dipercaya bahwa air terjun besar adalah ibu dari bayi dan yang kecil adalah bayinya.

Terlepas dari itu semua, air terjun ini memiliki keindahan alam yang unik dan mempesona. Tidak ada salahnya bagi anda para pecinta wisata Garut untuk melihat keindahan air terjun ini. Anda dapat mengundang keluarga atau orang yang Anda cintai.

Daya tarik Curug Orok

Objek Wisata Curug OrokFoto oleh Time for Indonesia Holiday di Facebook

✦ Dua air terjun

Air terjun ini memiliki dua air terjun yang berdekatan. Ukuran keduanya berbeda, yang satu lebih besar dan yang lainnya lebih kecil. Seperti cerita yang diyakini oleh orang-orang yang disebutkan sebelumnya, pemeran utama adalah seorang ibu yang membuang bayinya dan yang kecil adalah bayinya.

Kedua air terjun ini mengarah ke kolam yang sama di bawahnya. Air yang mengalir deras dengan tebing penuh tanaman hijau di sisinya merupakan kombinasi yang pas dan indah dipandang.

Ketinggian air terjun sekitar 250 mdpl, lokasinya yang berada di kaki Gunung Papandayan membuat suasana lokasi air terjun Orok begitu segar dan asri. Sebenarnya masih ada beberapa air terjun lain di tempat wisata ini. Yaitu masih ada sekitar tujuh air terjun lainnya yang masih belum dibuka.

✦ Kolam Alami

Kolam yang berada tepat di bawah kedua air terjun ini berbentuk lingkaran. Air di sini cukup jernih sehingga siapapun yang melihatnya akan tergoda untuk terjun ke dalamnya. Kesejukan air yang menerpa kulit disertai gemericik air dapat memberikan rasa tenang dan rileks bagi tubuh.

✦ Kolam renang

Tak jauh dari lokasi Curug Orok, terdapat kolam buatan yang terbuat dari bebatuan di sebelahnya. Kolam ini dibuat dengan fungsi menampung air dari sumber alam. Sebab, kolam ini memiliki air yang segar dan bersih.

Kolam ini memiliki nama tersendiri yaitu Kolam Cai Kahuripan yang berarti air kehidupan. Masyarakat mempercayai bahwa air ini dapat membawa manfaat bagi tubuh, terutama untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit.

Kepercayaan masyarakat tersebut bukan hanya mitos karena telah dilakukan uji laboratorium dan ternyata air di sini mengandung mineral yang lebih banyak dari air pada umumnya. Maka tak heran jika kolam ini justru bisa memberikan manfaat bagi tubuh.

✦ Tebing eksotis di Air Terjun Orok

Keindahan tebing di kanan kiri air terjun dengan aneka tanaman dan pohon pinus yang berjejer rapi mampu menyegarkan mata para wisatawan. Apalagi jika Anda ingin bersantai setelah seharian bekerja yang melelahkan, tempat ini sangat cocok untuk Anda.

✦ Titik foto

Salah satu hal yang banyak dicari wisatawan adalah lokasi foto yang indah dan estetik. Jangan ragu air terjun ini memiliki banyak spot foto cantik yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan foto yang indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug OrokFoto oleh Wahyu Agustiansyah di Google Maps

Curug Orok yang menawan ini berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di desa Cikandang, kecamatan Cikajang. Berjarak sekitar 34 kilometer dari pusat kota Garut dengan akses jalan yang baik merupakan salah satu nilai tambah dari wisata ini selain keindahannya.

Namun, sangat jarang angkutan umum tiba di lokasi ini. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi saat ingin berkunjung. Dibutuhkan hanya satu jam perjalanan dengan kendaraan pribadi dari kota Garut.

Meski akses jalan sudah bagus, beberapa bagian masih berupa tanah dan batu. Anda harus waspada saat menggunakan jalur ini agar keselamatan Anda tetap terjaga.

Untuk bisa sampai ke lokasi Curug Orok, pengunjung harus menuruni anak tangga dengan jarak sekitar 200 meter. Sesampainya di bawah anda akan disuguhkan dengan suara gemericik air dan juga pemandangan indah air yang jatuh bebas dari ketinggian.

Harga tiket masuk dan jam buka

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati keindahan yang tersaji di Curug Orok Garut. Anda cukup membayar Rp 15.000 dengan tambahan biaya parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Harganya relatif murah dibandingkan keindahan panorama alam yang akan Anda dapatkan di sini nanti.

Tidak ada liburan untuk tujuan wisata yang indah ini. Air terjun ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi dan akan ditutup pada pukul 20.00 WIB. Karena itu Anda dapat berkunjung kapan saja untuk menikmati panorama alam yang luar biasa ini.

Beberapa tips bagi pengunjung sebaiknya datang saat ada sinar matahari dan cuaca cerah. Jika Anda pergi saat hujan, kemungkinan udara akan semakin dingin dan Anda akan masuk angin.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas di Curug OrokFoto Johan Aza di Instagram

1. Berenang

Salah satu kegiatan menarik selama wisata bertema air. Udara segar dan air jernih tentu sayang jika dilewatkan begitu saja. Kondisi air yang jernih memungkinkan wisatawan renang untuk melihat keindahan bawah laut dari kolam ini.

Berenang dengan melompati bebatuan merupakan aktivitas seru yang bisa Anda coba di Curug Orok. Rasa sejuknya air yang menerpa kulit dan panorama alam yang memukau mampu membuat hati senang dan melepas penat setelah bekerja.

Setelah selesai berenang, jangan lupa untuk membilas dan berganti pakaian. Anda tidak perlu khawatir toilet atau kamar mandi untuk berganti pakaian karena di sini sudah lengkap dan pastinya nyaman.

2. Santai

Bersantai melihat pemandangan sekitar yang indah itu mudah dan menyenangkan. Selain itu disini juga terdapat gazebo untuk pengunjung agar kegiatan santai anda terasa lebih nyaman.

Jika Anda termasuk orang yang tidak tahan dingin, sebaiknya bawalah jaket yang tebal. Udara di sekitar Curug Orok terkadang menjadi sangat dingin, sehingga jika Anda tidak menyiapkan bekal yang memadai, aktivitas bersantai Anda pasti akan terganggu.

3. Kamp

Bagi Anda pecinta camping, Anda juga bisa menemukan tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas tersebut di sini. Tentunya akan sangat menyenangkan jika berkemah bersama teman atau sahabat anda disini ditemani pemandangan alam yang indah.

Kegiatan ini akan menyenangkan jika dilakukan secara berkelompok. Anda dapat menikmati malam dengan makan makanan panas dan api unggun. Ditemani dengan udara yang sejuk dan suara khas malam yang tenang dapat menambah pengalaman perjalanan anda.

4. Malam

Jika ingin berlama-lama di Curug Orok Garut, tanpa harus berkemah di luar ruangan. Anda dapat menyewa akomodasi di sini. Hostel ini memiliki bangunan bernuansa kayu yang didesain senyaman mungkin bagi pengunjung.

Lokasinya yang tidak jauh dari kebun teh dan kopi juga menambah daya tarik tempat wisata alam yang indah ini. Pengunjung juga bisa mengunjungi kebun teh dan kopi jika ingin mengetahui lebih jauh tentang kedua tanaman tersebut.

5. Berfoto di Curug Orok

Banyak sekali tempat indah yang bisa kamu jadikan spot foto, tentu sayang untuk dilewatkan. Anda bisa berfoto sambil berenang di kolam alami atau sekedar berfoto di tepi kolam yang menghadap ke air terjun yang indah ini. Tentunya foto yang kamu hasilkan akan cantik dan Instagrammable.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun OrokGambar oleh RaLeather di Twitter

Fasilitas tempat wisata alam Curug Orok ini cukup lengkap dengan toilet sederhana. Ada juga tempat parkir yang cukup. Sehingga pengunjung tidak lagi kesulitan mencari tempat parkir yang nyaman. Bagi yang beragama Islam, disini juga tersedia mushola dengan perlengkapan sholat.

Ditambah lagi fasilitas pendukung lainnya berupa gazebo dan kolam renang menambah daya tarik wisatawan bayi. Dengan biaya yang murah dan fasilitas yang di dapat juga cukup proporsional. Ditambah lagi dengan adanya akomodasi dan kolam renang yang bisa wisatawan gunakan untuk menambah pengalaman saat berkunjung ke sini.

Namun sayangnya masih banyak pengunjung yang kurang memperhatikan kebersihan tempat wisata ini. Mereka terkadang masih membuang sampah sembarangan sehingga mengotori beberapa tempat di sini. Bagi Anda yang ingin berkunjung, pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya dan ikut menjaga keindahan Curug Orok di Kabupaten Garut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button