Jika Anda bepergian ke Bantul selama bulan Suro, ada banyak acara budaya - WisataHits
Yogyakarta

Jika Anda bepergian ke Bantul selama bulan Suro, ada banyak acara budaya

YOGYAKARTA,KOMPAS.com – Wisatawan yang berencana berkunjung ke Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam waktu dekat akan disuguhi berbagai barang acara Budaya.

Terserah beberapa acara Kebudayaan sebenarnya terjadi pada bulan Muharram atau Suro (dalam penanggalan Jawa). acara Budaya seperti ini tentu cocok bagi wisatawan yang tertarik dengan wisata budaya.

Markus Purnomo Adi, Kepala Bidang Promosi dan Informasi Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mengatakan: acara Yang pertama akan dilaksanakan pada 11-12 Agustus 2022 di makam raja Imogiri, yaitu Kirab Siwur.

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan ke Bantul Meningkat Saat Libur 1 Surro

Acara yang digelar warga Imogiri dan abdi dalem itu dimulai dari Lapangan Ndemi di Kabupaten Imogiri hingga Kompleks Panjimatan Makam Raja-Raja Mataram.

Siwur adalah sendok tradisional yang terbuat dari tempurung kelapa dan gagang bambu.

Siwur diberikan kepada perwakilan abdi dalem Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kasunanan Surakarta dan digunakan untuk prosesi Nguras Enceh atau Gentong.

“Karnaval Budaya (Kirab Siwur) akan dilaksanakan pada 11 Agustus pukul 1 siang WIB, dan Nguras Enceh akan diadakan pada 12 Agustus 2022 sekitar pukul 8 pagi WIB,” kata Ipung, panggilan akrab Markus, saat tiba di Jakarta, Selasa. (9/8/2022).

Selain itu, pada 11 Agustus 2022 akan digelar Pelabuhan Mina Bahari 45 di Kawasan Pantai Depok.

Warga dan masyarakat sekitar Pantai Depok di pelabuhan terdapat gunungan hasil panen yang nantinya bisa diperebutkan oleh masyarakat dan masyarakat.

Ilustrasi Pantai Depok, Bantul.SHUTTERSTOCK/HARYANTA.P Ilustrasi oleh Pantai Depok, Bantul.

Ipung mengatakan Labuhan Hododento akan dilaksanakan pada 13 Agustus 2022. Labuhan merupakan acara tahunan di Pantai Parangkusumo yang menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah di DIY dan Jawa Selatan.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button