Istri Sultan Yogyakarta ini bangga karena Kaesang dan Erina mengenakan pakaian adat keraton - WisataHits
Yogyakarta

Istri Sultan Yogyakarta ini bangga karena Kaesang dan Erina mengenakan pakaian adat keraton

Yogyakarta, CNNIndonesia

Istri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, mengaku bangga dengan prosesi pranikah tersebut. Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Hemas mengatakan masih ada generasi muda yang ingin meneruskan tradisi budaya saat ini. Ia mendukung niat putra Presiden Jokowi itu.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Mereka akan melakukan prosesi adat. Saya kira itu sangat luar biasa dan membanggakan bagi kita semua bahwa generasi muda masih mengikuti budaya tersebut,” kata Hemas, Jumat (12/9) di sekitar rumah Erina di Sleman.

Kata Hemas Kaesang dan Erina mampir ke Keraton Yogyakarta. Anda akan belajar prosesi pernikahan adat yang baik dan benar.

Menurutnya, prosesi pernikahan Kaesang dengan Erina sudah sesuai harapan. Ia berharap acara ini bisa sukses.

“Saya kira berjalan sesuai dengan harapan kita. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar,” kata Hemas.

Senada dengan GKR Hemas, Ketua Panitia Pernikahan Kaesang, Erina juga menyampaikan harapan agar prosesi pernikahan adat Jawa dan prosesi nunduh menantu dan tasyakuran ini menjadi ajang promosi pariwisata dan tradisi Jawa khususnya Surakarta bisa.

“Pernikahan ini banyak sekali upacara adatnya, ya itu harus kita lestarikan. Jangan pakai semua pernikahan ala barat,” ujarnya saat ditemui di Loji Gandrung.

Pernikahan Kaesang dengan Erina akan dilangsungkan pada Sabtu (10/11) di Pendopo Agung Ambarrukmo. Upacara pernikahan berlangsung di Pura Mangkunegaran.

Sejak kemarin, Candi Mangkunegaran sudah dihiasi dengan hiasan untuk mempercantik tempat hajatan. Berbagai ornamen dan hiasan bunga diaplikasikan pada Mangkunegaran-Pendapa.

Tamu undangan akan disambut oleh log yang memisahkan akses ke dan dari pendopo. Di dalam pendulum itu sendiri, cabang dan bunga putih mendominasi dekorasinya.

“Lampu di sini juga bersejarah. Konon, mereka dibeli Mangkunegara dari Istana Bogor. Jadi kalau tidak salah itu orang Belanda atau Prancis,” kata Eric.

Eric mengatakan pernikahan Kaesang Erina harus menjadi kunjungan wisata di kota Solo. Tidak hanya wisatawan mancanegara, acara tersebut juga dapat menarik minat wisatawan domestik.

(dhf/syd/chs)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button