Ini 11 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung yang Bisa Digunakan Untuk Camping - WisataHits
Jawa Barat

Ini 11 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung yang Bisa Digunakan Untuk Camping

TEMPO.CO, jakarta – Ciwidey merupakan salah satu daerah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawasan ini terkenal dengan sejumlah tempat wisata menarik yang bisa menjadi tujuan liburan bersama keluarga, teman atau solo traveller. Tempat wisata apa saja yang menarik untuk dikunjungi di Ciwidey? Simak penjelasannya di bawah ini.

Wisata di Ciwidey Bandung

Hanya membutuhkan waktu sekitar empat jam dari Jakarta, Ciwidey bisa menjadi tujuan wisata alternatif selain Puncak, Bogor. Tempat wisata di tempat ini cukup lengkap bagi yang menyukai wisata alam. Menghabiskan waktu di Ciwidey Bandung pasti bisa menghilangkan penat dari pekerjaan. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Ciwidey Bandung yang bisa kamu kunjungi.

Tempat Wisata di Ciwidey Bandung

1. Kawah Putih

Tempat wisata yang pertama adalah Kawah Putih Ciwidey. Berdasarkan situs pemerintah Jawa Barat, kawah ini dulunya merupakan danau hasil letusan Gunung Patuha. Kawah ini dikelilingi oleh hutan mati, menambah keindahan alam di sekitarnya. Selain itu, Anda juga bisa melihat air berwarna biru kehijauan di kawah ini. Tempat-tempat menarik di dekatnya termasuk Dermaga Kayu, Skywalk Cantigi dan Bukit Puncak Sunan Ibu.

Lokasi: Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

Jam buka: 07.00-17.00

Tiket masuk: Rp20.000

2. Gunung Riung Pangalengan

Tempat wisata di Ciwidey lainnya adalah Riung Gunung. Riung Gunung merupakan objek wisata yang sering disebut sebagai Swiss-nya Bandung. Dari sini Anda bisa melihat hamparan luas perkebunan teh yang dikelilingi perbukitan. Tempat menarik lainnya adalah jembatan gantung yang bisa dijadikan spot foto Instagramable.

Lokasi: Pangalengan, Bandung

Jam buka: 07.00 – 17.00

Tiket masuk: Rp 10.000

3. Situ Patenggang

Untuk mengunjungi tempat ini Anda bisa melalui gerbang Glamping Lakeside Ciwidey atau naik perahu dari pintu masuk wisata Situ Patenggang sambil berperahu keliling danau. Pace/Rully Kesuma

Situ Patenggang merupakan salah satu destinasi wisata di Ciwidey, Bandung. Situ Patenggang terletak di dataran tinggi pada ketinggian sekitar 1.600 meter di atas permukaan laut (MDPL). Dari tempat ini pengunjung bisa melihat Perkebunan Teh Rancabali dengan panoramanya yang indah.

Lokasi: kawasan Rancabali, Ciwidey-Bandung

Jam Buka: 08.00 – 17.00

Tiket masuk: Rp25.000

4. Kebun teh Rancabali

Destinasi selanjutnya di Ciwidey adalah perkebunan teh Rancabali. Daerah ini sangat dekat dengan objek wisata Kawah Putih. Di sini Anda bisa berkeliling dan mencari spot-spot menarik untuk berfoto. Salah satu tempat yang sering dikunjungi di kawasan perkebunan ini adalah pabrik teh.

Lokasi: Patengan, Rancabali, Bandung

Tiket masuk: Rp 10.000

5. Ranca Upas

Dua orang pengunjung bersiap untuk foto prewedding ditemani seorang pawang di Suaka Margasatwa Ranca Upas, Ciwidey, Bandung, Minggu, 4 Maret 2018. Tempo/Francisca Christy Rosana

Ranca Upas adalah tempat wisata terkenal untuk peternakan rusa. Pengunjung juga bisa berkemah di sini di camping ground yang telah disediakan. Di musim liburan, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tempat yang menarik di kawasan ini adalah tempat dimana Anda bisa berendam di pemandian air panas, yaitu area keluar, dan perkebunan.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey-Patenggang, Ciwidey, Bandung

Tiket masuk: Rp 10.000 – Rp 15.000

6. Kawah Rengganis

Tak hanya Kawah Putih, kawasan Ciwidey juga memiliki atraksi lain yang ditawarkan yakni Kawah Rengganis atau Kawah Cibuni. Di sini pengunjung dapat menikmati pemandian air panas alami yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Tempat lain yang menarik untuk dikunjungi adalah kebun teh.

Lokasi: Patengan, Rancabali, Bandung

Tiket masuk: Rp 15.000

7. Pemandian Air Panas Cimanggu

Tempat wisata menarik lainnya adalah Pemandian Air Panas Cimanggu. Pengunjung dapat mencoba mandi di pemandian air panas alami Cimanggu yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Namun, air panas Cimanggu mengandung mineral dan zat lain yang berkhasiat untuk kesehatan. Saat Anda bersantai dan menikmati pemandian air panas, Anda dapat melihat pemandangan indah di sekitar Anda.

Lokasi: Jl Raya Ciwidey – Rancabali, Bandung

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: Rp 17.000

8. Bukit Jamur Rancabolang

Salah satu destinasi wisata di Ciwidey yang paling seru adalah Bukit Jamur Rancabolang. Nama Bukit Jamur sebenarnya berasal dari bentuk pohon pinus yang tumbuh di sekitar tempat tersebut. Daun pohonnya menyerupai jamur, sehingga kawasan wisata ini disebut Bukit Jamur.

Lokasi: Pasir Jambu, Bandung

Jam Buka: 08.00 – 17.00

Tiket masuk: Rp 15.000

9. Titik matahari terbit Cukul

Sunrise Point Cukul adalah tempat wisata populer di Ciwidey, Bandung. Bagi yang ingin berkemah, pengunjung bisa mendirikan tenda sambil bermalam dan melihat keindahannya matahari terbit di pagi hari. Udara sejuk dan panorama hijau juga akan menemani para pengunjung di kawasan ini.

Lokasi: Jl. Cukul, Pangalengan, Bandung

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: Rp 10.000

10. Kebun Stroberi

Kebun Strawberry adalah objek wisata unggulan lainnya di Ciwidey. Di sini Anda bisa menikmati stroberi dari petani lokal. Selain itu, pengunjung dapat memetik stroberi langsung dari pohonnya sambil memandangi hamparan taman hijau yang asri.

Lokasi: Jl. Ciwidey Patengan, Bandung

Jam buka: 10.00 – 20.00

Tiket masuk: Rp 35.000 – Rp 50.000

11. Southland Ciwidey

Southland Ciwidey merupakan tempat wisata alam yang saat ini sedang populer di Ciwidey. Terletak di kawasan hutan pinus, Anda bisa melihat pohon-pohon tinggi dan suara burung menenangkan pikiran Anda. Anda juga dapat merasakan keheningan alam di malam hari jika Anda mau berkemah di sini. Anda juga bisa mengabadikan momen-momen menarik di rumah hobbit atau rotan bersama keluarga dan teman.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan, Bandung

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk: Rp 10.000

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Ciwidey Bandung. Anda dapat mengundang keluarga, teman, atau orang yang Anda cintai untuk berkunjung kapan saja. Selamat berlibur.

Andika Dwi

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button