Mempromosikan sektor pariwisata menjadi strategi pemerintah Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Mempromosikan sektor pariwisata menjadi strategi pemerintah Gunungkidul

Memuat…

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, pada 2022 Gunungkidul telah berupaya mengembangkan sektor pariwisata dan mempromosikan pariwisata yang pelaksanaannya bersifat lintas sektor. (adalah)

GUNUNG KIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta gencar melakukan kegiatan pengembangan branding daerah. Salah satunya memperkuat potensi wisata di daerah dengan Campaign: The Ultimate Hidden Gem.

Di bawah kepemimpinan Bupati H. Sunaryanta, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menitikberatkan tiga program besar yakni pengembangan pariwisata, investasi dan perekonomian nasional.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, pada 2022 Gunungkidul telah berupaya mengembangkan sektor pariwisata dan mempromosikan pariwisata yang pelaksanaannya bersifat lintas sektor.

“Di antaranya adalah penguatan pariwisata berbasis masyarakat dengan peningkatan kapasitas kelembagaan dan pengelolaan desa wisata, mengembangkan layanan transaksi retaliasi cashless untuk tempat rekreasi dan olahraga melalui QRIS BPD DIY di beberapa TPR, serta mengintegrasikan layanan transaksi retaliasi non tunai untuk sarana rekreasi dan olah raga. melalui aplikasi. Kunjungan dari Jogja,” kata Sunaryanta dalam keterangan tertulis yang dibagikan kepada SINDOnews, Kamis (15/12).

Sunaryanta mengungkapkan, diperlukan upaya penguatan kapasitas manusia pelaku industri pariwisata, baik yang tergabung dalam PHRI, PPJI, HPI dan Desa Wisata, dalam digitalisasi branding, pemasaran dan penjualan, sertifikasi pramuwisata, Pelatihan caving/ panduan caving, pelatihan barista dan lain-lain. .

Ia menambahkan, nantinya event dan wisata olahraga juga akan diselenggarakan di destinasi wisata bekerjasama dengan Pemda DIY, perangkat daerah terkait dan penyelenggara event pariwisata lainnya.

Seperti Gunungkidul Weekend Fest, Geoheritage Cross Country, Keroncong Plesiran, Nikah Bareng Segoro Kidul, Jazz Caravan Tour, Voli Pantai Sirkuit Nasional, Jogja Air Show 2022, Gala Premiere Film “Jogja, You and Rindu” yang diproduksi oleh Badan Otorita Borobudur di GV Pakuwon Hartono Mall dan lain-lain.

Selain itu, penguatan industri kreatif menuju kota/kabupaten kreatif melalui pembentukan kepanitiaan industri kreatif dan forum industri kreatif yang didalamnya terdapat 17 sub bidang industri kreatif, serta pengembangan sistem informasi industri kreatif.

Kabupaten Gunungkidul dengan bangga dilantik menjadi sembilan kabupaten/kota kreatif di Indonesia pada tahun 2022.

Setelah sebelumnya mendapat berbagai penghargaan lainnya antara lain Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 atau Desa Wisata Terbaik dari United Nation World Tourism Organization (UNWTO) di Madrid, Spanyol untuk Desa Wisata Nglanggeran, TPKAD Award 2021 sebagai kabupaten/kota terbaik dalam program Inovasi Digitalisasi kegiatan keuangan di sektor pariwisata oleh Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button