Indonesia secara ekonomi dan demografis adalah negara kepulauan - WisataHits
Jawa Tengah

Indonesia secara ekonomi dan demografis adalah negara kepulauan

sebuah. Bisnis

1. Tingkat inflasi terkendali

Inflasi yang terjadi di Indonesia cenderung stabil namun terkadang menurun. Perlu dicatat bahwa satu hal yang dapat mendongkrak daya saing Indonesia adalah tingkat inflasi yang stabil. Meski mengalami penurunan di tahun 2015, rasa optimisme yang muncul mampu menstabilkan laju inflasi.

2. Perekonomian yang stabil dan berkembang

Tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia masih bergantung pada perdagangan internasional. Dengan basis ekonomi yang stabil dan tumbuh, Indonesia menjaga permintaan domestik yang tinggi, sehingga membantu Indonesia untuk mandiri dan tidak sepenuhnya bergantung pada negara lain. Selain tantangan besar, ada tantangan lain yang harus dihadapi, mulai dari memaksimalkan pelayanan publik dan mendorong taraf hidup hingga pengangguran, pendapatan dan infrastruktur yang dibangun secara merata.

3. Peranan Indonesia dalam Perekonomian Internasional

Indonesia merupakan negara ASEAN yang tergabung dalam G-20 dan menguasai 75% perdagangan dunia. Pertumbuhan ekonomi masyarakat yang semakin meningkat telah membuat negara Indonesia berhasil dalam perjalanannya menjadi kekuatan ekonomi global. Indonesia merupakan negara yang memiliki modal pembangunan yang lengkap, baik dari segi sumber daya manusia maupun potensi sumber daya alamnya.

b. Demografis

Indonesia, yang terletak di garis khatulistiwa, memiliki populasi kuat yang telah mengalami urbanisasi selama lebih dari 40 tahun, dengan separuh populasi tinggal di daerah perkotaan. Indonesia, sebagai salah satu negara kepulauan, memiliki penduduk dunia sekitar dari sumber yang sama dan memiliki seperempat dari 250 juta penduduk. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memprediksi pada tahun 2050 sebagian penduduk masih akan tinggal di perkotaan.

Dengan urbanisasi yang telah dilakukan tentunya akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Industrialisasi yang telah dilakukan telah mendorong perekonomian Indonesia sehingga pendapatan masyarakat dapat tercapai secara wajar.

Source: hot.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button