Indonesia kaya akan kuliner khas, berikut 5 masakan yang wajib kamu coba - WisataHits
Jawa Barat

Indonesia kaya akan kuliner khas, berikut 5 masakan yang wajib kamu coba

Indonesia kaya akan kuliner khas, berikut 5 masakan yang wajib kamu coba

TEMPO.CO, jakarta – Indonesia tidak hanya kaya akan keindahan alam. Nusantara juga memiliki keragaman kuliner yang mampu menarik wisatawan.

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing yang pastinya enak untuk disantap. Dalam kajian tahun 2019 oleh pakar kuliner Murdijati Gardjito, terdapat 3.259 kuliner khas Indonesia. Jika Anda tidak yakin makanan khas mana yang harus dicoba, pintu merah Untuk memberikan rekomendasi:

Pindang Gombyang Ikan Manyung, Indramayu

Hidangan berbahan dasar ikan ini asli dari Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Lele laut sendiri merupakan spesies ikan lele yang hidup di laut dan banyak diolah menjadi jambal roti.

Hidangan ini memadukan ikan yang lezat dengan saus yang kaya rasa. Oleh karena itu, sajian istimewa ini cocok untuk dikonsumsi saat masih hangat, sehingga cita rasa pedas dan asam dari masakan ini dapat diapresiasi sepenuhnya.

Cakalang Fufu Aroma, Tomohon

Cakalang merupakan salah satu produk hasil laut andalan Sulawesi Utara. Pada masakan ini, bonito diasapi selama kurang lebih empat jam hingga dagingnya berbau asap dan warnanya agak hitam.

Dengan teknik ini, fufu cakalang akan bertahan selama kurang lebih satu bulan, sehingga bisa dijadikan oleh-oleh khas Minahasa. Cakalang fufu bisa dinikmati dengan kuah dabu dabu.

Tempoyak Ikan Patin, Jambi

Jambi dikenal sebagai salah satu daerah penghasil durian, sehingga makannya juga tidak jauh dari buah ini. Tempoyak sendiri difermentasi dari buah durian.

Untuk oyak lele tempo ini, lele buah durian difermentasi selama tiga hari dengan bumbu seperti kunyit, cabai merah, bawang putih dan bawang merah. Hasilnya adalah hidangan yang lezat, perpaduan rasa pedas, manis, dan asam.

Kepiting Kenari, Balikpapan

Salah satu hasil laut yang paling digemari di Kota Balikpapan adalah kepiting kenari. Ini adalah jenis kepiting yaitu kepiting laut yang memiliki rasa dasar daging yang manis dan empuk.

Kepiting kenari bisa disajikan dan disantap dengan berbagai saus dan gaya, mulai dari yang direbus atau dicampur dengan saus padang, saus tiram, hingga saus lada hitam.

Bebek Gambut, Banjarmasin

Selain terkenal dengan masakan Soto Banjarnya, Banjarmasin memiliki kuliner khas lain yang tidak kalah enaknya yaitu Bebek Gambut. Nama gambut bukanlah jenis tumbuhan, melainkan nama daerah asal masakan ini, yaitu Kecamatan Gambut.

Sajian ini menyajikan menu daging bebek yang dimasak dengan bumbu habang atau bumbu banjar merah. Daging bebek diolah dengan cara khusus untuk mendapatkan daging yang tidak alot dan bumbu meresap. Sajian kuliner ini biasanya disajikan di atas daun pisang bersama dengan nasi hangat.

Baca juga: Rekomendasi 5 kuliner khas pacitan yang jarang ditemukan

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button