Penghobi wisata kuliner? Ini adalah masakan khas Indonesia yang wajib kamu coba! - WisataHits
Jawa Barat

Penghobi wisata kuliner? Ini adalah masakan khas Indonesia yang wajib kamu coba!

Penghobi wisata kuliner?  Ini adalah masakan khas Indonesia yang wajib kamu coba!

INDOPOS.CO.ID – Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki budaya, suku dan ras yang berbeda-beda serta kaya akan berbagai jenis rempah-rempah. Pada akhirnya, keragaman dan kekayaan ini menciptakan banyak makanan khas nasional yang mungkin belum pernah Anda cicipi sebelumnya. Rendang, nasi goreng dan sate adalah beberapa masakan khas Indonesia yang kini sudah dikenal di seluruh dunia dan sudah tidak asing lagi bagi kita semua.

Menurut penelitian pakar kuliner terkemuka Prof. Dr. Ir Murdijati Gardjito, Pada tahun 2019 terdapat 3.259 makanan khas Indonesia. Daftarnya tentu akan terus bertambah, mengingat daftar tersebut hanya mencantumkan makanan khas dari masing-masing provinsi yang memiliki nama, bukan makanan khas daerah terpencil dan kuliner baru yang tercipta.

Tentunya di awal tahun 2023 ini kamu wajib mencoba makanan khas Indonesia lainnya yang tentunya bisa menggiurkan lidahmu! Kali ini RedDoorz menawarkan beberapa makanan khas dari lima daerah Indonesia yang wajib kamu coba di tahun ini, khususnya bagi kamu yang suka wisata kuliner, yuk simak informasinya!

1. Pindang Gombyang Ikan Manyung Pedas dari Indramayu, Jawa Barat.

Jika mendengar Indramayu, Anda pasti sering memikirkan buah mangga yang menjadi ciri khas daerah ini. Meski lebih dikenal sebagai daerah penghasil mangga, Indramayu juga punya sajian khas yang wajib kamu coba, lho! Saat berkunjung ke Indramayu, Anda wajib mencoba Pindang Gombyang, kuliner yang terbuat dari kepala ikan lele yang kemudian dimasak dengan bumbu kuning. Rasa asam manis dari kuah Pindang Gombyang serta tekstur daging kepala lele yang lembut menjadi cita rasa yang akan dirindukan wisatawan saat berkunjung.

Penghobi wisata kuliner?  Ini adalah masakan khas Indonesia yang wajib kamu coba!  - Pindang Gombyang Merah - www.indopos.co.idPindang Gombyang Ikan Manyung (Sumber: Infopublik.id)

Hidangan khas ini lebih cocok disantap saat masih hangat, agar cita rasa Pindang Gombyang semakin terasa, apalagi saat menikmati pemandangan pantai. Saat Anda berkunjung ke Indramayu untuk mencicipi sajian lezat ini, Anda bisa beristirahat di RedDoorz Syariah @ Haurgeulis yang berlokasi strategis di Kabupaten Indramayu.

2. Cakalang Fufu dengan cita rasa khas Tomohon, Sulawesi Utara.

Dikelilingi oleh tujuh gunung, tujuh air terjun, dan tujuh danau, kota ini tidak hanya memiliki pemandangan yang indah tetapi juga keunikan tersendiri. Salah satunya cakalang fufu yang bahan utamanya menggunakan ikan cakalang yang dimasak di atas asap sehingga berubah warna menjadi agak kehitaman. Jangan takut dengan bentuknya, saat dipadukan dengan bumbu segar dan kuah dabu dabu, hidangan cakalang fufu memberikan rasa nikmat yang khas saat disantap!

Penghobi wisata kuliner?  Ini adalah masakan khas Indonesia yang wajib kamu coba!  - Fufu Cakalang Merah - www.indopos.co.idCakalang Fufu (Sumber: Bisnisukm.com)

Dengan cakalang fufu yang dikeringkan saat diasap, ikan ini dapat dikonsumsi lebih lama sehingga cocok dijadikan oleh-oleh dan disuwir menjadi berbagai masakan seperti cakalang fufu, sambal roa, dan soto mie. Jika Anda ingin makan cakalang fufu langsung di Tomohon, Anda bisa menginap di Sky Residence Tomohon RedPartner untuk menjelajahi Tomohon lebih jauh.

3. Tempoyak Ikan Patin, unik di kota Jambi, provinsi Jambi

Apakah Anda tahu kata Tempoyak? Ya! Tempoyak difermentasi dari buah durian. Provinsi Jambi yang terkenal dengan penghasil buah durian memasukkan buah ini ke dalam salah satu masakan khasnya, lho! Ikan lele diolah dengan Tempoyak dengan cara difermentasi selama tiga hari kemudian diblender bumbu seperti kunyit, cabai merah, bawang putih, dan bawang merah. Rasanya segar dan nikmat, perpaduan rasa pedas, manis, dan asam berpadu, membangkitkan selera secara alami.

Penghobi wisata kuliner?  Ini adalah masakan khas Indonesia yang wajib kamu coba!  - red Tempoyak Ikan Patin - www.indopos.co.idTempoyak Ikan Patin (Sumber: belanga.id)

Jangan lewatkan santapan lezat ini saat berkunjung ke Jambi. Jika Anda berencana mengunjungi kota Jambi, Anda bisa beristirahat di RedDoorz Premium @ Hotel Ratu Residence atau RedDoorz near Bandara Sultan Thaha Jambi.

4. Kepiting Kenari Manis dan Segar dari Balikpapan, Kalimantan Timur

Balikpapan menawarkan banyak wisata kuliner yang wajib dicoba dan terkenal dengan olahan seafoodnya. Berkunjung ke Balikpapan belum lengkap tanpa mencoba olahan kepiting, termasuk kepiting kenari. Kepiting kenari ini merupakan jenis kepiting laut yang mengkonsumsi buah kelapa segar yang konon membuat daging kepiting kenari ini lebih manis dan gurih. Olahan kepiting kenari sendiri bisa berupa kepiting rebus, lada hitam, saus padang, saus tiram dan lain sebagainya.

Penghobi wisata kuliner?  Ini adalah masakan khas Indonesia yang wajib kamu coba!  - Kepiting Kenari Merah - www.indopos.co.idKepiting Kenari (Sumber: intiwhiz.com)

Selain dimakan lokal, kepiting ini juga bisa dijadikan oleh-oleh keluarga di kampung halaman, lho. Tentunya, kamu juga bisa menginap di RedDoorz Plus near Sepinggan 3 Airport dan RedDoorz near E Walk Mall Balikpapan sambil menjelajahi Balikpapan dan surga kulinernya!

5. Bebek gambut pedas manis asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Saat berkunjung ke Banjarmasin, banyak yang ingin mencoba Soto Banjar. Namun ada satu makanan khas Banjarmasin yang tidak kalah enaknya yaitu Bebek Gambut. Hidangan ini cocok untuk Anda yang suka menyantap makanan dengan rasa gurih. Olahan nasi dan bebek yang dimasak dengan berbagai bumbu khas Banjar memiliki rasa yang tajam dan manis yang meresap hingga ke dalam daging bebek.

Penghobi wisata kuliner?  Ini adalah masakan khas Indonesia yang wajib kamu coba!  - Bebek gambut merah - www.indopos.co.idBebek Gambut (Sumber: Kulinear.hops.id)

Selain itu, makanan ini umumnya disajikan dalam bungkus daun pisang. Ini akan meningkatkan aroma lezat hidangan ini. Sambil menikmati kuliner khas Banjarmasin, jangan lupa istirahat di RedDoorz Near Jalan Pramuka Banjarmasin dan RedDoorz Near Taman Bekantan Banjarmasin.

Karena Indonesia kaya akan keanekaragaman, RedDoorz ingin mengajak wisatawan untuk mencoba makanan khas Indonesia yang berbeda di setiap daerah. “Kami mengajak wisatawan untuk lebih jauh mengeksplorasi negeri ini dan menemukan banyak makanan khas Indonesia lainnya, apalagi memasuki era pascapandemi tahun ini yang membuka segala peluang. RedDoorz hadir untuk memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat sebagai tempat singgah di tempat tujuan,” ujar Cut Nany, Head of Integrated Communication RedDoorz Indonesia.

Promosi TAHUN BARU 2023

Sebagai informasi tambahan, RedDoorz mengadakan promosi berupa diskon hingga 25% bagi Anda yang ingin berwisata di awal tahun 2023. Gunakan kode promo TAHUNBARU2023 di situs web atau aplikasi RedDoorz Anda antara tanggal 7 dan 23 Januari 2023 untuk mendapatkan promosi ini! Untuk informasi lebih lanjut, termasuk Syarat dan Ketentuan, silakan kunjungi www.reddoorz.com dan unduh aplikasi RedDoorz di Google Play Store dan Apple App Store.

Inilah lima rekomendasi hidangan khas dari lima kota berbeda untuk dicicipi dan dikunjungi bersama keluarga dan teman di tahun 2023! Anda juga tidak perlu khawatir soal akomodasi dan penginapan, karena kelima destinasi wisata tersebut di atas dekat dengan rumah RedDoorz yang tersedia di 190 kota di seluruh Indonesia. Ke mana pun Anda pergi, tetap bersama RedDoorz Aja! (sv)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button