Hutan kota di Trenggalek mulai memasang kode QR dengan informasi tentang spesies tumbuhan - WisataHits
Jawa Timur

Hutan kota di Trenggalek mulai memasang kode QR dengan informasi tentang spesies tumbuhan

KOMPAS.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Jawa Timur) telah memasang respon cepat (QR) kode di sejumlah kawasan wisata hutan kota.

QR kode ini berisi berbagai informasi tentang jenis tumbuhan secara detail di hutan kota.

“Saat memindai dengan smartphone, QR kode Ini akan memberikan informasi tentang tanaman yang didukungnya,” kata Kepala Biro Pariwisata dan Kebudayaan Sunyoto dalam keterangan pers yang diperoleh Kompas.comSenin (15/8/2022).

Informasi di QR kode jelaskan macam-macam tumbuhan beserta nama latinnya. Sejumlah foto pendukung juga disertakan.

Foto-foto yang disediakan dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang fasilitas yang ada. Misalnya, seperti apa rupa atau bentuk tanaman saat berbuah atau berbunga.

“Gambar scan juga menunjukkan detail tanaman yang sulit dilihat secara langsung,” jelas Sunyoto.

Baca Juga: Trenggalek Gelar Festival Jaranan ke-26, Wakil Bupati Syah Natanegara Harapan

Selain itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek menawarkan arboretum digital sebagai pelengkap hutan kota. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pohon yang ada.

“Jadi, pengunjung yang datang tidak hanya bisa menikmati alam, tapi juga belajar banyak tentang koleksi tumbuhan yang ada di hutan kota dan segala unsur yang terkandung di dalamnya,” kata Sunyoto.

Arboretum digital bertujuan untuk menjadikan hutan kota tidak hanya sebagai tempat wisata, tetapi juga sebagai sarana edukasi, khususnya bagi mahasiswa dan peneliti dari dan luar Trenggalek.

“Kami berharap dengan adanya ini, pendidikan tidak hanya berlangsung di sekolah atau ruang kelas, tetapi juga di alam seperti hutan kota ini,” kata Sunyoto.

Kawasan hutan kota Trenggalek terletak di tengah kota sehingga mudah diakses oleh siapa saja yang terlibat. Suasana rindang dan asri membuat para pengungsi betah berlama-lama.

Forest City juga memiliki sejumlah Rest Pavilion yang tersebar di beberapa lokasi.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Di ujung hutan kota juga ada view point. Dengan mengunjungi titik ini, pengunjung dapat merasakan ketinggian pusat kota sambil menikmati suasana kota dan persawahan di sekitarnya.

“Ada kebun binatang mini di daerah ini. Misalnya, penangkaran merak hijau, rusa dan satwa lainnya,” jelas Sunyoto.

Source: kilasdaerah.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button