Bunda Niken meminta perajin NTB mengikuti tren fashion - WisataHits
Jawa Timur

Bunda Niken meminta perajin NTB mengikuti tren fashion

Bunda Niken meminta perajin NTB mengikuti tren fashion

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah mengunjungi 2 (dua) Sentra Tenun Kebun Ayu dan Gunung Malang di Lombok Barat

LOMBOK BARAT (NTB), Utarapost.net – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Zulkieflimansyah meminta para desainer dan pengrajin NTB untuk mengikuti trend fashion guna memenangkan persaingan di pasar. Demikian disampaikan Niken saat mengunjungi 2 (dua) sentra anyam di Lombok Barat masing-masing Kebun Ayu dan Gunung Malang, Rabu (23/11/2018).

“Saat ini pasar terus melihat trend untuk memenuhi keinginan pasar, seperti model fashion dari produk yang dibuat oleh pengrajin tenun yang perlu bisa beradaptasi,” tanya Ibu Niken menyambut ketua Dekranasda NTB.

Selain itu, NTB memiliki potensi kekayaan warisan budaya yang kaya. Mulai dari tenun yang bagus, sarung dan songket didesain menjadi fashion.

“Misalnya model baju, tas, sepatu, hijab dan masih banyak pernak pernik lainnya. Kita tidak ingin kita menikmati kekayaan budaya seperti menenun saja, tapi harus lebih, tenun ini bisa digunakan oleh semua orang bahkan dunia. Yang terpenting akan menjadi warisan bagi anak cucu kita selanjutnya,” pungkas Ketua TP.PKK NTB.

Sementara itu, di tempat yang sama, Nur Aziziyah, seorang ibu muda yang gemar menenun sejak 2014, berasal dari desa Kebun Ayu Lobar. Nur bahkan mengungkapkan komitmennya untuk bisa terlibat dalam mempromosikan tenun lokal sambil berharap mendapat bimbingan agar tenunnya bisa menjadi trend fashion Indonesia bahkan global di masa depan.

“Karena NTB kaya akan tenun atau songket, selama kami terus mendapat pembinaan dan sering dikunjungi untuk menyemangati kami, ini bisa menginspirasi dan berinovasi untuk tren fashion,” kata Nur penuh harap.

Tidak demikian dengan Ibu Mutmaini dari desa Gunung Malang, seorang remaja yang gemar menenun. Ia mengatakan ada 2 tema yang sedang menjadi trending saat ini, yaitu tema jogang dan menyontek. Hal ini dibuktikan oleh para pendamping dan pemerhati yang antusias menenun dan langsung memborong. Apa hal yang luar biasa.

Usai kunjungan Ibu Niken ke 2 sentra anyam di Kebun Ayu dan Gunung Malang, Ibu Niken melanjutkan untuk mengecek kegiatan kuliner dan memanen melon di Desa Wisata Kebun Ayu.

Kegiatan tersebut dibarengi dengan pameran hasil kerajinan Akram Mutiara, Uniq Knitting dan Larose Facility. Turut hadir Istri Sekda NTB, Istri Sekda Lombok Barat, Kepala Dinas Perindustrian NTB, Camat, Istri Sekda NTB, Istri Sekda Lombok Barat, Kepala Desa dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas setempat. (Buah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button