Harga Tiket dan Atraksi Danau Ranau - WisataHits
wisatahits

Harga Tiket dan Atraksi Danau Ranau

Biaya Masuk Danau Ranau: Rp 10.000 Jam Operasional: 24 jam Nomor Telepon: -Alamat: Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, Indonesia, 32275

Ogan Komering Ulu Selatan memiliki objek wisata yang indah bernama Danau Ranau. Seperti namanya, tempat ini merupakan danau air tawar yang luas. Padahal, luasnya mencapai 125,9 kilometer persegi. Yang menjadikannya danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba.

Danau Ranau terletak di perbatasan dua provinsi, yaitu Ogan Komering Ulu dan Lampung Barat. Uniknya, tempat wisata ini tidak hanya menyuguhkan keindahan pemandangan danau. Ada juga beberapa tempat wisata lain di kawasan danau. Serta berbagai wahana menarik untuk dicoba.

Biaya masuk ke Danau Ranau

Untuk menikmati atraksi ini, pengunjung harus membayar biaya yang sangat terjangkau. Namun, biaya ini hanya untuk masuk ke area danau. Jika Anda ingin menikmati wahana atau bepergian dengan perahu, dikenakan biaya tambahan.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 10.000

Baca: Tiket Wisata Murah Jakabaring Sport City Sambil Berolahraga

Jam Operasional Danau Ranau

Danau Ranau tidak memiliki jam buka yang ketat. Namun biasanya wisatawan datang dari pagi hingga sore hari. Bahkan pemandian air panas di kawasan ini juga buka hingga malam hari.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Keindahan Danau Terbesar Kedua di Sumatera

Keindahan Danau RanauKeindahan Danau Ranau. Foto: Gmap/Studio Anugerah

Keindahan Danau Ranau terbentang dari Sumatera Selatan hingga perbatasan Lampung. Luasnya sendiri mencapai 125,9 kilometer persegi, kedalaman 229 meter, dan volume air 21,95 kilometer kubik. Lokasinya yang jauh dari kota menjadikannya tempat yang ideal untuk menyejukkan diri. Selain itu, pemandangan di sekitar danau sangat indah.

Perairan biru yang tenang seakan menambah kedamaian di hati mereka yang menyaksikan. Sejauh mata memandang, Gunung Seminung menjulang, memperlihatkan pemandangan yang menakjubkan. Hijaunya pepohonan yang menutupi gunung terlihat begitu menyegarkan. Seperti halnya pantai, di tepi danau ini juga terdapat pasir berwarna coklat.

Selain melihat pemandangan, wisatawan juga bisa memancing. Ada berbagai jenis ikan di sini. Selain itu, berbagai wahana juga ditawarkan untuk membuat wisatawan lebih seru selama liburan. Serta beberapa lokasi wisata lainnya yang masih berada di kawasan Danau Ranau.

Baca: Tiket Murah Pantai Kayu Arum Bisa Camp

Berlayar Mengunjungi Pulau Marisa

Karena luasnya Danau Ranau, di tengahnya terdapat sebuah pulau bernama Pulau Marisa. Pulau ini dapat diakses dengan perahu selama sekitar 40 hingga 60 menit. Harga sewa perahu bervariasi dari Rp 250.000 hingga Rp 300.000, menampung hingga 5 orang atau lebih. Kapal ini juga akan mengantarkan dan menjemput wisatawan hingga kembali ke Danau Ranau.

Pulau Marisa masih merupakan pulau yang sangat alami, dengan area yang ditumbuhi pepohonan lebat. Pohon kelapa merupakan mayoritas tanaman di pulau ini, yang sering dipetik oleh pengunjung. Bahkan dari kejauhan, wisatawan akan melihat rimbunnya pepohonan di pulau kecil ini. Dengan pohon kelapa mencuat dari buket.

Nikmati kesejukan Air Terjun Subik Tuha

Air Terjun Subik TuhaAir Terjun Subik Tuha. Foto: Gmap/Nata Tri Wardani

Di area danau juga terdapat air terjun yang indah. Airnya sangat sejuk dan sejuk. Aliran airnya begitu jernih dan tampak putih meluncur dari ketinggian dengan kecepatan tinggi. Di bawah air terjun ini terdapat kolam yang cukup dangkal.

Di sekitar cekungan ini tersebar bebatuan yang tampak muncul di permukaan. Air terjun mengalir melalui bebatuan, mengikuti arus sungai terdekat. Di sekitar air terjun tumbuh semak belukar dan pepohonan yang masih rimbun. Sehingga membuat suasana di sekitarnya begitu teduh dan nyaman.

Pantai Primadona di Danau Ranau

Main di Pantai PelangiBermain di Pantai Pelangi. Foto: Gmap/Alfath Arsyiatul

Di kawasan danau ini juga terdapat pantai buatan yang ramai dikunjungi wisatawan, yaitu Pantai Pelangi. Pantai buatan ini memiliki panjang sekitar 1 kilometer. Wisatawan suka berkunjung ke pantai ini karena selain dekat dengan danau juga banyak terdapat wahana.

Di sini wisatawan dapat bersantai di pantai berteman dengan ombak. Meski berupa danau, ombaknya seperti di pantai di tepi laut, memang ombaknya tidak terlalu besar dan cenderung tenang. Dengan pasir putih di sekitar tepinya yang memberikan tampilan menawan.

Selain bersantai, wisatawan juga bisa berenang di pantai ini. Berbagai wahana seperti jet ski dan perahu pisang yang bisa dicoba. Berkendara di sekitar perairan danau dengan kecepatan tinggi bersama teman-teman. Jangan lupa abadikan momen seru ini dengan berfoto.

Lakukan pemanasan di pemandian air panas

Tidak jauh dari danau, tepatnya di kaki Gunung Seminung, terdapat wisata pemandian air panas. Air panasnya langsung dari pegunungan. Wisatawan bisa mencoba mandi di kolam yang cukup hangat untuk kulit. Selain untuk relaksasi, kolam ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Untuk menuju wisata air panas, wisatawan dapat menempuh jalur darat maupun laut. Dimana untuk jalur darat bisa melewati jalan Desa Kota Batu. Di sepanjang jalur air, Anda bisa menyeberangi Danau Ranau dengan perahu.

Pemandian air panas di sini sangat luas sehingga bisa langsung menampung puluhan orang. Airnya terlihat begitu jernih hingga dasar kolam terlihat jelas. Selain itu, ada juga cabana yang tersedia untuk beristirahat. Wisatawan bisa langsung menceburkan diri atau sekadar menghangatkan kaki di tepi kolam.

Menaklukkan Arus di Ranau Rafting

Arung Jeram di Ranau RaftingArung Jeram di Ranau Rafting. Foto: Gmap/Senno Franz

Meskipun Danau Ranau memiliki air yang tenang, ada saluran air yang mengalir tinggi di sini. Saluran air ini berasal dari kabupaten Mekakau Ilir dan mengalir ke Danau Ranau. Airnya sangat jernih, pirus. Hanya saja, air ini tidak akan keruh saat musim hujan dan tidak kering saat musim kemarau.

Saluran air yang bergerak cepat ini menjadi favorit para wisatawan karena memacu adrenalin Anda. Di kanan dan di kiri aliran air yang dilakukan berupa pepohonan dan semak belukar selalu begitu indah. Di beberapa tempat, arusnya sangat kuat sehingga kasau harus melewatinya. Ban yang mengambang terkadang terbalik karena aliran yang deras.

Namun, keseruannyalah yang membuat momen bermain arung jeram tak terlupakan. Anda juga tidak perlu khawatir karena wisatawan akan dibekali dengan perlengkapan seperti pelampung dan helm. Serta instruktur yang siap menemani Anda dari awal hingga akhir petualangan.

Lokasi Danau Ranau

Tempat wisata ini terletak di Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Memang cukup jauh dari kota besar terdekat. Dari kota Palembang jaraknya kurang lebih 325 kilometer dengan waktu tempuh 7,5 jam. Dari kota Lampung, jaraknya sekitar 276 kilometer, yang memakan waktu hingga 6 jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button