Danau Ranau, rasakan keindahan danau eksotis di selatan OKU - WisataHits
wisatahits

Danau Ranau, rasakan keindahan danau eksotis di selatan OKU

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Danau Toba yang menarik untuk dijelajahi. Tempat wisata alam yang eksotis di OKU selatan yang memiliki pulau indah di tengahnya yang bernama Pulau Marisa.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Sukarga Village, Kec. BPR Ranau Tengah, Kab. Selatan Oku, Sumatera Selatan; Kasus: Cek lokasi

Danau Ranau adalah sebuah danau yang sangat besar dan indah yang terletak di provinsi Sumatera Selatan. Danau ini merupakan danau terbesar kedua setelah Danau Toba di pulau Sumatera. Warna airnya yang biru dan banyaknya perbukitan hijau yang mengelilinginya serta Pegunungan Seminung menarik wisatawan untuk menghabiskan liburannya di sini.

Selain itu Danau Ranau juga kaya akan hewan air tawar seperti ikan mujair, ikan semah, ikan keprat, ikan arongan dan masih banyak lagi. Sementara itu juga merupakan mata pencaharian bagi warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Ikan hasil tangkapan nelayan akan dijual kepada pemilik rumah makan ikan bakar yang terletak di sektor danau yang megah ini.

Kekayaan flora dan fauna tempat ini tidak terlalu beragam. Tentunya sangat cocok untuk rencana liburan Anda. Namun, bukan itu saja, banyak hal menarik di tempat ini, dan harga tiketnya pun cukup terjangkau. Oleh karena itu, yuk baca sampai akhir artikel tentang Danau Ranau ini.

Atraksi Danau Ranau

Atraksi Danau RanauKredit gambar: Google Maps Dayu Jati (puisi)

1. Berbagai wahana

Danau Ranau memiliki beragam wahana yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Tentu saja, ada wahana yang cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Beberapa di antaranya adalah kolam berupa waterpark atau waterboom yang terletak di pinggir danau. Anda juga bisa melakukannya sambil menikmati panorama Gunung Semuning.

Arung jeram dengan arus yang sangat kencang. Arusnya berasal dari Sungai Banyu Sablung. Tapi jangan khawatir, ada arus besar dan kecil juga. Karena dikendalikan oleh bendungan. Anda juga bisa menyewa sampan di sini.

Selain itu, ada juga sumber air panas yang terletak di kaki Gunung Seminung atau lebih tepatnya di sebelah selatan dermaga Muara Baru. Air panas ini berasal dari asam sulfat atau kandungan belerang. Masih banyak lagi wahana wisata di tempat ini seperti bukit sesebik, aneka air terjun dan lain-lain.

2. Kecantikan Alami

Alam Danau Ranau memang sangat indah. Seiring dengan jernihnya air yang terlihat berwarna biru, terdapat pegunungan dan perbukitan yang mengelilinginya. Anda juga akan merasakan udara segar dan ketenangan dari tempat ini. Apalagi kalau naik perahu pasti lebih enak.

Anda bisa mendaki bukit-bukit ini dan melihat pemandangan danau yang indah ditemani dengan puncak berwarna biru saat cuaca sedang cerah. Adapun ikan berbeda yang biasanya ditangkap oleh nelayan untuk dijual kembali ke rumah makan ikan bakar. Sehingga pengunjung bisa menikmati ikan bakar sambil mengagumi panorama yang indah ini.

Tempat ini juga memiliki air terjun bernama Subik Tuha. Air terjun yang sangat deras yang berasal dari Gunung Seminung. Tempat ini sangat sejuk dan dingin dan menyegarkan. Ada banyak pohon hijau di sekitar yang akan mencerahkan mata dan pikiran Anda.

Tidak hanya itu, di tengah Danau Ranau juga terdapat pulau seperti Danau Toba, di tengahnya terdapat Pulau Samosir. Pulau yang ada di danau itu bernama Pulau Marisa. Selain itu, titik terdalam dari danau yang terbentuk dari aktivitas gunung berapi yang meletus ini tidak memiliki oksigen karena mengandung belerang.

3. Festival budaya

Setiap tahun, masyarakat di sekitar Danau Ranau bekerja sama dengan pemerintah setempat mengadakan festival tahunan. Festival ini memiliki banyak budaya daerah atau seni dari masyarakat setempat. Kearifan lokal ini sangat menarik untuk disimak.

Tidak hanya masyarakat Lampung, komunitas lain juga dapat berpartisipasi untuk menampilkan karya seni dan tarian tradisional. Festival ini juga berkaitan dengan seni pertunjukan, budaya dan informasi wisata di daerah Lampung.

4. Kaya akan hewan laut seperti ikan

Banyak sekali hewan laut yang ditemukan di danau ini. Diantaranya adalah ikan nila, ikan semah, ikan keprat, ikan arongan dan masih banyak lagi. Ini juga merupakan mata pencaharian penduduk setempat yang berprofesi sebagai nelayan. Ikan tersebut dijual kepada pemilik rumah makan ikan bakar yang terletak di kawasan danau ini.

Anda juga bisa mencicipi ikan bakar super lezat ini di tepi danau. Apalagi saat masih panas. Liburan Anda di tempat ini pasti tidak akan terlupakan. Momen seperti ini sangat cocok untuk mengabadikan momen tersebut.

Alamat dan rute menuju Danau Ranau Lokasi

Alamat Danau RanauKredit Gambar: Instagram Norca Praditya

Danau Ranau terletak di antara dua provinsi, yaitu perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung. Namun biasanya masyarakat melewati Desa Bandar Agung Ranau, Banding Agung, sebuah desa yang terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan.

Ada berbagai rute untuk sampai ke wisata ini. Yang pertama berangkat dari Bandar Lampung yang memakan waktu 6 sampai 7 jam. Kemudian menuju ke Kota Bumi. Setelah tiba, Anda akan melewati Bukit Kemuning dan kemudian ke Liwa. Kemudian pergi ke Kota Batu dan melewati Suka Marga dan anda akan sampai di lokasi wisata danau.

Lalu ada jalur kedua, yaitu jika Anda berangkat dari kota Jakarta menggunakan angkutan umum berupa bus. Pertama menuju terminal Kampung Rambutan, pilih bus jurusan Jakarta – Ranau. Kemudian anda akan diturunkan di wisata Danau Ranau ini. Ongkosnya hanya Rp 300.000 sudah termasuk biaya penyeberangan Merak – Bakuheni dan sudah menerima makan di perjalanan.

Sedangkan untuk perjalanan, biayanya lebih murah dari sebelumnya yaitu hanya Rp 200.000. Pertama Anda pergi ke terminal bus dan mencari bus ke Merak, Banten dan terus ke pelabuhan untuk menangkap komplotan rahasia Bakuheni. Kemudian Anda dapat menyewa mobil untuk terminal Rajabasa Lampung.

Sesampainya di Terminal, Anda dapat melanjutkan menggunakan mobil menuju jalan Raya Banding – Ranau. Selain itu, Anda juga bisa terbang namun biayanya tentu lebih mahal daripada menggunakan dua rute yang disebutkan sebelumnya.

Harga Tiket Masuk Danau Ranau

Tiket Danau RanuKredit gambar: Google Maps Rifqi Fatur Rahman

Danau Ranau adalah sebuah danau yang terletak di perbatasan antara dua provinsi yaitu Provinsi Sumatera Selatan tepatnya di Kabupaten Ogan Komerling Ulu Selatan dan Provinsi Lampung lebih tepatnya di Kabupaten Lampung Barat.

Salah satu wahana yang bisa Anda lakukan adalah waterboom dengan biaya sekitar Rp 50.000 per orang. Kemudian Anda juga bisa menyewa perahu dengan harga Rp 300.000. Harga tersebut tentunya sesuai dengan kenikmatan yang akan Anda rasakan.

Harga tiket masuknya cukup murah yaitu hanya Rp 10.000 per orang, namun Anda harus membayar untuk menikmati wahana lain di tempat ini. Wah, sangat terjangkau bukan? Sangat cocok untuk anda yang masih mahasiswa dan memiliki komunitas pecinta alam atau bahkan untuk liburan pasca sarjana anda.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Danau Ranau

Aktivitas Danau RanauKredit gambar: Google Maps Eka fediaspara alliwa

1. Nikmati keindahan alam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tempat wisata ini memiliki banyak sekali keindahan alam. Bahkan hampir lengkap, dari air jernih dengan ombak kecil, gunung biru yang menjulang tinggi, perbukitan hijau yang menyegarkan mata, hingga aneka ikan.

2. Nikmati berbagai wahana

Pertama ada kunjungan ke air terjun Subik Tuha yang terletak di kaki Gunung Seminung. Karakter alami air terjun ini masih terjaga, sehingga di tebing-tebingnya masih banyak lumut yang menempel. Apalagi di tempat ini juga ditumbuhi pepohonan hijau disertai dengan udara yang segar.

Lalu ada Bukit Sesebik yang merupakan wahana terbaru di danau ini. Tempat ini dibangun sebagai tempat peristirahatan di perbukitan. Dengan demikian, Anda akan bisa melihat keindahan Danau Ranau yang luas ditemani Gunung Seminug.

Ada juga wisata arung jeram yang bersumber dari Sungai Banyu Selabung. Tur ini sangat sulit karena arus deras. Namun, ada juga aliran sungai kecil karena dikendalikan oleh bendungan. Anda juga bisa menyewa ban karet di sini.

Aktivitas yang paling favorit adalah berendam di pemandian air panas selatan Muara Baru. Air panas ini berasal dari Gunung Seminung hingga danau yang mengandung belerang. Belerang terkenal dengan khasiatnya yang dapat menghilangkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit.

Terakhir, ada waterpark dimana kamu bisa berenang disini, karena kolamnya sangat luas. Anda juga tidak perlu takut hanyut, karena ombak di sini relatif kecil. Airnya juga sangat jernih karena berasal langsung dari danau.

3. Makan ikan bakar

Salah satu kegiatan menarik yang dilakukan di tempat ini adalah menikmati ikan bakar yang lezat. Anda bisa mencicipi ikan bakar yang lezat ini di tepi danau dengan cara membungkusnya. Tentunya liburan Anda akan menjadi tak terlupakan apalagi jika momen ini diabadikan.

Hal ini bisa terjadi karena Danau Ranau kaya akan ikan dimana ikan-ikan tersebut ditangkap oleh para pemancing. Karena nelayan adalah profesi utama penduduk setempat, maka tidak heran jika ikan bakar di sini enak dan segar.

4. Sewa perahu

Untuk lebih dekat dengan pemandangan jernihnya air Danau Randau, Anda bisa berkeliling dengan menyewa perahu. Anda dapat melihat puncak gunung yang biru dan pepohonan hijau dengan nyaman dan damai saat Anda melihatnya dari atas kapal.

Dengan menyewa perahu, Anda juga bisa berfoto cantik dengan latar belakang pegunungan yang jernih. Selain itu, Anda juga bisa menuju Pulau Marisa yang berada di tengah danau dengan menggunakan perahu. Di pulau itu, Anda bisa mandi di sumber air panas.

Fasilitas wisata yang tersedia di Danau Ranau

Fasilitas Danau Ranu DanauKredit gambar: Google Maps arfi chia

Fasilitas yang dimiliki Danau Ranau tidak hanya memamerkan keindahannya, tetapi juga banyak fasilitas buatan yang memenuhi kebutuhan pengunjung. Diantaranya terdapat berbagai penginapan, baik yang seperti rumah sendiri maupun hotel.

Selain itu, ada juga berbagai wahana seperti waterpark, festival danau, persewaan perahu, spot foto menarik, restoran ikan bakar bahkan pemandian air panas. Tentunya fasilitas tersebut sangat lengkap, sehingga Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman.

Danau Ranau memiliki pesona indah yang menarik banyak wisatawan. Demikian informasi mengenai danau cantik di Oku Selatan ini. Karena sudah mengetahuinya, semoga rencana liburan Anda bisa dipersiapkan dengan baik dan sesuai dengan harapan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button