Pemerintahan Bangkalan Terbaik Prestasi Olahraga POPDA VIII 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Pemerintahan Bangkalan Terbaik Prestasi Olahraga POPDA VIII 2022

SURYA.CO.ID, BANGKALAN – Keberhasilan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bangkalan mendongkrak prestasinya hingga menanjak ke peringkat 13 Pekan Olahraga Pelajar (POPDA) VIII 2022 peringkat Jawa Timur. Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur menganugerahkan Bangkalan Penghargaan Peningkatan Prestasi Terbaik Kabupaten/Kota.

Pada ajang khusus pelajar dua tahunan itu, Bangkalan berhasil mengumpulkan 38 poin dengan perolehan 5 medali emas, 2 medali perak, dan 14 medali perunggu. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Dispora Jatim, Pulung Chausar, pada saat penutupan POPDA yang berlangsung Sabtu (12/11/2022) di Sidoarjo.

Pasalnya, Kabupaten Bangkalan sangat meningkat prestasinya, dari yang terakhir menjadi 13 besar, kata Kepala Dispora Bangkalan Ahmad Ahadian Hamid kepada Surya, Senin (14/11/2022).

Tekad Dispora Bangkalan untuk meraih prestasi di POPDA kali ini sejalan dengan slogan “Bangkalan Bektonah Ongge” atau Bangkalan Saatnya Bangkit. Bahkan pejabat di lingkungan Dispora setempat siap mengalihkan anggaran perjalanan dinas (jaldis).

Anggaran yang semula hanya Rp 200 juta, akhirnya bisa dinaikkan menjadi Rp 400 juta. Hal itu dilakukan untuk menutupi biaya pembelian 54 seragam atlet berupa celana latihan, jaket, sepatu dan biaya akomodasi hotel dengan memberikan uang saku sebesar Rp 500.000 kepada setiap atlet.

Sebuah keputusan yang belum pernah diambil selama keikutsertaan Bangkalan dalam acara POPDA POPDA sebelumnya. Alhasil, lima cabang olahraga (sport); Berenang, menyelam, wushu, gulat, dan panahan meraih medali emas, perak, dan perunggu.

“Dengan anggaran yang kami sediakan untuk jaldi, kami bisa mengirimkan atlet ke pusat latihan. Misalnya kita kirim pesenam ke Pasuruan dan perenang ke Sidoarjo. Sebelum POPDA diadakan, mereka kami cabut,” jelas Ahadian.

Sebelumnya, Dispora Kabupaten Bangkalan juga menggelar lomba renang pelajar tingkat nasional Piala Bupati Bangkalan di Kolam Renang Goa Pote Wisata Bukit Jaddih, Desa Parseh, Kecamatan Socah pada Minggu (9/11/2022).

Acara bertajuk Bangkalan Open Student Swim 2022 itu diikuti oleh 435 siswa. Pesertanya berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan hingga Sumatera. Lomba tersebut digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangkalan untuk mengukur kemampuan atlet renang yang sedang mempersiapkan POPDA VIII di Sidoarjo.

Ahadian menjelaskan, keberhasilan Bangkalan meraih prestasi di POPDA kali ini juga tidak lepas dari peran orang tua siswa atau atlet yang terang-terangan menyampaikan keluhan dan kendala selama menjalani latihan.

“Kami turun menemui wali sah atlet untuk berdiskusi dan mencari solusi. Pada kesempatan tersebut, permasalahan para atlet dikomunikasikan. Seperti sulitnya diperbolehkan latihan dari sekolah pada pagi dan sore hari. Kami akhirnya melakukan roadshow ke sekolah-sekolah sampai atlet kami mendapat pengecualian,” jelasnya.

Atas prestasi tersebut, Ahadian mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Bangkalan dan para pelatih yang telah mendukung dan mendoakan para atlet selama berlaga di POPDA VIII Sidoarjo.

“Masa depan cerah untuk kesuksesan olahraga di masa depan. Karena atlet kita rata-rata masih muda dan lahir tahun 2008. Insya Allah penampilan Bangkalan akan lebih baik lagi di POPDA selanjutnya,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button