Gerakan Pramuka Kwarcab Kendal Kirim 20 Peserta Jamnas XI di Buper Cibubur, Ini Pesan Wakil Bupati - WisataHits
Jawa Tengah

Gerakan Pramuka Kwarcab Kendal Kirim 20 Peserta Jamnas XI di Buper Cibubur, Ini Pesan Wakil Bupati

Para peserta Jambore Nasional XI Pramuka Kwarcab Kabupaten Kendal bersama Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, di Gedung Abdi Praja, Sabtu (8/6/2022). Foto: Kwarcab Pramuka Kendal

Kendal (Sigijateng.id) – Perwakilan kontingen Jambore Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kendal pecah 12-21 Agustus 2022 untuk XI. Jambore Nasional (Jamnas) di bumi perkemahan Cibubur.

Pelepasan kontingen Kwarcab Kabupaten Kendal yang mengirimkan 20 orang dari SMP/MTs dan Pesantren se-Kabupaten Kendal berlangsung pada Sabtu (8/6/2022) di Gedung Abdi Praja Sekretariat Kendal.

Mereka adalah, SMPN 2 Kendal (1), SMPN 1 Kaliwungu (2 siswa), SMPN 2 Kaliwungu (1), SMPN 3 Kaliwungu (1), SMPN 1 Brangsong (1), SMPN 2 Brangsong (1), SMPN 1 Weleri ( 1), SMPN 2 Weleri (1), SMPN 2 Patebon (1), SMPN 3 Patebon (1), SMPN 1 Boja (1), SMPN 2 Boja (1), MTsN 2 Kendal (2 siswa), SMP Pondok Modern ( 1) dan Darul Amanah dari MT (4).

Upacara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, Prapto Utono, Ketua Pramuka Kabupaten Kendal Prapto Utono, Pj Sekretaris Daerah Kendal Sugiono dan Pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten Kendal, serta pimpinan sekolah dan hadirin.

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki mengatakan pihaknya menyambut baik partisipasi Pramuka Kabupaten Kendal dalam pelaksanaan kegiatan Jamnas di Bumi Perkemahan Cibubur mulai 12-21 Agustus 2022.

Menurutnya, kegiatan tersebut bersifat rekreatif dan edukatif di alam terbuka berupa perkemahan pramuka besar yang difokuskan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan dan kedamaian.

“Partisipasi Anda dalam Jambore Nasional adalah kesempatan sekali seumur hidup yang harus dimaksimalkan. Kita dapat membuktikan bahwa Kendal adalah Pramuka kabupaten dan dalam bersikap dan berhubungan dengan anggota Pramuka lainnya dari Kendal dan luar daerah harus membangun kebersamaan dan persahabatan yang baik serta mampu menjaga kekompakan dan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat membawa kebersamaan. nama baik daerah kita tercinta hingga tingkat nasional,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Kendal Prapto Utono berharap kegiatan Jamnas XI ini dapat membantunya membentuk karakter Pramuka sejati.

“Berbagai kegiatan yang akan dilakukan antara lain upacara keagamaan atau kerohanian, perjalanan pendidikan, bela negara dan negara, kegiatan anggota dewasa, keterampilan, kepramukaan, teknologi kepramukaan, seni dan budaya, festival, perayaan, pengabdian masyarakat, seminar dan lokakarya, peringatan Hari Pramuka dan peringatan Hari Kemerdekaan,” kata Tono, panggilan akrabnya.

Berbagai kegiatan pada Jamnas XI di Cibubur dirancang untuk menginspirasi peserta, khususnya Kabupaten Kendal.

“Selanjutnya kegiatan ini diikuti oleh Pramuka Pegalang dengan latar belakang pendidikan setingkat SMP dari seluruh Indonesia. Jadi kami berharap ini menjadi pendorong terjalinnya komunikasi yang baik antar anak bangsa,” ujar Tono, panggilan akrabnya.

Dalam kegiatan ini, Kuartal Daerah Jawa Tengah mengirimkan total 740 orang. Dengan rincian 560 peserta dari 35 Kwarcab, masing-masing 16 Pramuka Garuda Penggalang dan empat Pramuka Berkebutuhan Khusus. (merah)

Baca lebih banyak berita

Source: sigijateng.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button