Ganjar mempersembahkan Penghargaan Pengabdian Alumni UGM 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Ganjar mempersembahkan Penghargaan Pengabdian Alumni UGM 2022

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sambutan pada penyerahan Penghargaan Pengabdian Alumni 2022 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Sabtu (17/12/2022). Kali ini, lima alumni mendapat kehormatan dengan berbagai kisah inspiratif mereka.

Penyerahan penghargaan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis UGM ke-73. Kelima penerima penghargaan tersebut adalah Farha Abdul Kadir Assegaf yang berdedikasi memberikan ruang budaya bagi anak-anak buruh di Desa Ledokombo, Jember, Jawa Timur. Kini desa tersebut telah berkembang menjadi desa wisata dengan festival panggung sebagai destinasi unggulan.

Kedua, Lita Anggraini, lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, memutuskan untuk memfokuskan hidupnya pada pemilihan isu spesifik dalam advokasi perempuan. Ketiga, Nirwan Ahmad Arsuka bersedia memberikan literasi kepada anak-anak kurang mampu di desa-desa terpencil. Ide berbagi buku dengan anak-anak di pelosok tanah air diwujudkan dalam bentuk perpustakaan keliling.

Juara keempat jatuh kepada Putu Ardana, alumni dari Bali. Dua tahun setelah lulus pada tahun 1992 dan berbisnis di Yogyakarta, ia kembali ke kampung halamannya di Desa Munduk, Banjar, Buleleng untuk menekuni pertanian.

Bersama petani di desanya, ia berhasil mengembangkan kopi temblingan. Gerakan untuk melindungi tradisi dan melestarikan lingkungan juga tumbuh dari pertanian.

“Menarik karena anggota panitia menilai bahwa apa yang saya katakan sebelumnya mungkin tidak pernah muncul di banyak media cetak, gosip elektronik juga tidak banyak, tapi mereka peduli kemanusiaan,” kata Ganjar Pranovo.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh para pemenang dapat menginspirasi semua orang untuk berbuat kebaikan.

“Menurut saya model penghargaan ini adalah kisah yang menginspirasi. Dan saya katakan tadi, mungkin dia tidak pernah di media gemerlap, tapi mereka bekerja diam-diam,” ujarnya.

Muhaimin

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button