FKY 2022 membuat tema mekar, 12-25 September 2022 - WisataHits
wisatahits

FKY 2022 membuat tema mekar, 12-25 September 2022

Festival Budaya Yogyakarta 2022 (FKY 2022) kembali mengusung visi “rekaman budaya”.

Festival ini hadir sebagai sebuah karya rekaman budaya untuk membaca, berdiskusi, merayakan dan mengingat dialektika budaya masa kini.

Pertemuan Media Suasana FKY 2022 FKY 2022FKY 2022, Media Gathering FKY 2022, Foto: TIM FKY

Sebagai dasar pengembangan dan penemuan, budaya rekaman adalah budaya yang menggambarkan praktik “pemberdayaan warga”.

FKY 2022 telah merancang tema utama “Pengelolaan Air dan Tanah” sebagai narasi yang berfokus pada wilayah Gunungkidul dan Kulon Progo, wilayah yang dianggap kurang keterlibatannya berdasarkan peta topik budaya FKY 2021.

Ada tiga hal yang melatarbelakangi hal tersebut, yaitu pentingnya peran air dan tanah bagi kehidupan, adanya praktik dan subjeknya, serta munculnya isu-isu tersebut pada tahun sebelumnya di Gunungkidul dan Kulon Progo yang dapat dielaborasi lebih lanjut.

Sebagai fokus, air dan tanah dapat dieksplorasi dengan makna yang berbeda melalui praktik budaya di DIY.

Meledak

FKY 2022 memilih judul “Bereh Ruah” agar bisa dimaknai sebagai harapan akan eksistensi FKY.

Semoga semangat pelibatan dan pemberdayaan yang hadir dalam festival ini dapat memberikan dampak yang luas dan berkah yang melimpah bagi masyarakat.

Dalam implementasi tema yang dipilih, FKY 2022 berdiri dengan merundingkan bentuk festival yang selama ini disentralisasikan untuk disebarkan.

Ini juga merupakan cara untuk menelaah kembali istilah “festival budaya” yang bisa dirayakan bersama.

Opsi ini juga bertujuan untuk memperluas catatan keterlibatan aktor budaya dan lebih mendalami praktik dokumentasi budaya yang dipimpin masyarakat.

Sebagai festival budaya dengan kompleksitasnya, acara hybrid dipilih sebagai format yang tepat untuk menampilkan pengetahuan, pengalaman, dan hiburan.

Strategi konten digital dalam e-government kembali dilakukan untuk menampilkan bobot dan kedalaman konteks pengetahuan, sedangkan strategi implementasi offline merupakan ruang yang memungkinkan terjadinya pertemuan fisik dan apresiasi langsung dari masyarakat.

Kapan FKY 2022?

Rangkaian lengkap program FKY 2022 akan berlangsung dari tanggal 12-25 September 2022, dan dapat dilihat oleh publik secara online melalui website fky.id dan juga offline di berbagai lokasi DIY.

Semua hasil rekaman tahun ini akan dikumpulkan dalam tiga perspektif, yaitu Tokoh, Semangat Zaman dan Cara Hidup.

Data budaya dalam berbagai bentuk dan media juga dapat terus diakses bahkan setelah festival berakhir sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas untuk saat ini dan di masa yang akan datang.

Diharapkan melalui FKY 2022, kesadaran masyarakat akan rekaman budaya dapat terus hidup dan tumbuh.

Masyarakat juga dapat mengakses balai desa yang mampu menawarkan hiburan dan pengalaman yang baik, serta ruang untuk berbagi pengetahuan.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button