Festival budaya Reog Ponorogo masuk dalam KEN 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Festival budaya Reog Ponorogo masuk dalam KEN 2023

Festival budaya Reog Ponorogo masuk dalam KEN 2023

Ponorogo, Jawa Timur (ANTARA) – Festival Seni Budaya Reog Ponorogo yang akan kembali digelar dengan konsep terbuka di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, ditetapkan sebagai salah satu kegiatan unggulan dan menjadi bagian dari Acara Karisma Nasional 2023. (KEN) daftar.

“Pengumuman ini disampaikan pada Sabtu (28/1) di sela-sela acara budaya tingkat nasional di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta,” kata Judha Slamet Sarwo Edi, Direktur Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Kepemudaan Kabupaten Ponorogo. Olahraga di Ponorogo, Selasa.

Baca Juga: ‘Beautiful Malino’ Gowa Masuk Kalender KEN Kemenparekraf 2023

Lebih membanggakan lagi, lanjut Sarwo Edi, Festival Reog Ponorogo mencatatkan skor tertinggi kedua dari setiap event budaya yang masuk daftar unggulan.

Total ada 110 event unggulan yang akan berlangsung dari Januari hingga Desember 2023.

“Alhamdulillah Festival Reyog Ponorogo yang kedua kalinya masuk dalam kalender pariwisata nasional, tahun 2023 kita berada di urutan kedua dengan skor tertinggi,” ujarnya.

Baca Juga: Dua Program Pariwisata Kalteng Masuk KEN 2023

Menurutnya, Festival Reog Ponorogo masuk dalam KEN untuk kedua kalinya. Meski demikian, proses evaluasi dikatakan sangat ketat.

Tidak hanya menjadi tuan rumah acara, pemberdayaan seniman komunitas, pemangku kepentingan pariwisata, dan dampak pariwisata juga menjadi penilaian dalam proses kurasi yang akan dilakukan pada November hingga Desember 2022.

“Ada juga penilaian dampak ekonomi masyarakat kemudian tumbuh kembangnya regenerasi seni budaya, memang banyak aspek penilaiannya,” ujarnya.

Baca Juga: Delapan Program Pariwisata di Jawa Timur Masuk KEN 2023

Ia menambahkan, sebenarnya sudah lebih dari 300 event yang diajukan oleh dinas pariwisata provinsi di seluruh Indonesia, namun baru 110 event yang lolos dan mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Oleh karena itu, diikutsertakannya Festival Reyog Ponorogo dapat menjadi kebanggaan warga Ponorogo dan berdampak positif bagi perkembangan pariwisata.

“Terima kasih Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo. Saya berterima kasih kepada teman-teman dan masyarakat Ponorogo,” katanya.

Baca juga: Sandi ajak klub menggelar “event” berkualitas awal tahun ini
Baca juga: Tiga Menteri Apresiasi Program KEN 2023 Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif

Reporter: Destyan H. Sujarwoko
Penerbit : Tunggul Susilo
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button