Erick Thohir: Lampung akan menjadi hub pariwisata nasional tahun depan - WisataHits
Jawa Timur

Erick Thohir: Lampung akan menjadi hub pariwisata nasional tahun depan

BANDARLAMPUNG (ANTARA) – Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Provinsi Lampung dapat dicalonkan sebagai salah satu hub pariwisata nasional tahun depan (2023) dengan dibangunnya kota pelabuhan Bakauheni.

“Sejak awal kami melihat potensi pertumbuhan ekonomi Lampung karena Tol Trans-Sumatra yang menghubungkan Sumsel dan Lampung dengan jumlah 20 juta orang yang lalu lalang, memicu berkembangnya pariwisata di sini.” kata Erick Thohir di Pesawaran, Kamis.

Ia mengatakan, perkembangan pariwisata itu seiring dengan berkembangnya kota pelabuhan Bakauheni menjadi salah satu hub pariwisata di Lampung.

“Ketika 20 juta orang melintasi perbatasan, mereka akan mencoba berhenti sebentar di Bakauheni, sekitar 300-500.000 orang untuk jalan-jalan. Dan Mei atau Juni tahun depan, dengan adanya Bakauheni, Lampung akan menjadi salah satu pusat destinasi pariwisata nasional,” ujarnya.

Dijelaskannya, dua fasilitas utama akan segera dibangun di lokasi ini, yang nantinya akan menjadi tempat wisata dan pengembangan UMKM lokal.

“Nanti juga ada Taman Krakatau, jadi Lampung punya taman bermain seperti di Jawa Timur dan ini yang pertama di Sumatera, jadi mudah menarik 200-300.000 orang. Dan itu bisa diartikan sebagai pusat pariwisata nasional, akan ada pengembangan industri kreatif dan UMKM di Lampang,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, seiring berkembangnya pariwisata, industri kreatif dan UMKM menciptakan pasar baru bagi sektor pariwisata dan produk lokal.

“Jadi dengan munculnya pasar baru ini perekonomian daerah semakin baik. Dan kita jangan pernah mengutamakan pariwisata atau wisatawan lokal karena melalui sektor ini akan lebih mudah bagi kita untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan UMKM lokal,” ujarnya lagi.

Seluas 160 hektar, kota pelabuhan Bakauheni merupakan salah satu destinasi wisata terpadu pertama di Sumatera. Dan telah menargetkan investasi sebesar Rp 316 miliar.

Selain itu, diharapkan dapat menarik hingga 500.000 wisatawan per tahun dan memproyeksikan pendapatan dari tiket Taman Krakatau sebesar Rp 75 miliar per tahun, menjadikan proyek strategis nasional ini sebagai salah satu penggerak perekonomian dan UMKM daerah.

Dalam pengembangan pariwisata terpadu kota pelabuhan Bakauheni yang menelan investasi triliunan rupiah, akan dibangun Creative Hub sebagai wadah industri kreatif lokal, Menara Siger menjadi museum, Masjid Raya dan Taman Krakatau sebagai wisata. kendaraan bagi wisatawan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri BUMN: Lampung akan menjadi pusat pariwisata nasional tahun depan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button