7 Wisata Bondowoso, Mirip Pulau Jeju - WisataHits
Jawa Timur

7 Wisata Bondowoso, Mirip Pulau Jeju

Bondowoso

Jawa Timur dikenal memiliki sejumlah destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Tempat wisata ini tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur. Salah satunya adalah Bandung Bondowoso.

Bondowoso berbatasan dengan Kabupaten Situbondo, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi. Kabupaten Bondowoso merupakan satu-satunya daerah di Jawa Timur yang tidak memiliki wilayah perairan atau laut. Oleh karena itu, Anda tidak akan menemukan wisata pantai di Bondowoso.

Tapi jangan khawatir. Bagi Anda yang ingin menikmati wisata pegunungan dan menyukai cuaca yang sejuk, Bondowoso adalah pilihan yang tepat. Karena Bondowoso terletak di Pegunungan Kendeng, Pegunungan Hyang dan Pegunungan Raung.

Selain itu, Bondowoso dikenal sebagai kota pita. Oleh karena itu, jangan lewatkan untuk membeli olahan tape di Bondowoso saat traveling. Berikut daftar 7 wisata Bondowoso yang bisa dinikmati:

Daftar 7 Tempat Wisata di Bondowoso

1. Kawah Ijen Bondowoso

Kawah Ijen terletak di antara Bondowoso dan Banyuwangi. Destinasi yang satu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya karena ada wisata alam langka di dunia yaitu blue fire atau api biru.

Untuk melihat api biru Anda harus mendaki Gunung Ijen sampai ke puncaknya. Jika tidak ingin mendaki juga bisa camping dan tentunya bisa menjadi spot foto yang instagramable.

2. Kawah Wurung

Kawah Wurung terletak di Margahayu, Kalianyar, Ijen, Bondowoso. Destinasi ini memiliki ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut yang menghadap ke kawah hijau dan sabana.

Kawah Wurung menyuguhkan pesona alam yang indah dan menyegarkan. Anda juga bisa berkemah di sana.

3. Kebun Sawi Bondowoso

Tempat yang satu ini konon mirip Pulau Jeju di Korea. Lokasinya berada di Desa Jampit, Ijen, Bondowoso dan tidak jauh dari Kawah Wurung.

Di Taman Sawi Bondowoso, Anda bisa berfoto dengan latar Kawah Wurung dan tanaman sawi yang rimbun. Namun, Anda harus mengetahui waktu panen sawi agar dapat menghasilkan foto yang bagus.

4. Apetlepet Savana Bukit Ijen

Bukit Apetlepet menawarkan panorama perbukitan yang indah, terutama saat musim hujan. Apetleppet juga menyuguhkan pemandangan rerumputan dan padang rumput di setiap sudutnya.

Spot ini sering menjadi incaran para fotografer untuk hunting foto. Pesona bukit ini mirip dengan Bukit Teletubbies.

5. Air Terjun Tancak Kembar

Seperti namanya, ada dua air terjun yang dirangkai seperti kembar. Situs ini terletak di Desa Andongsari, Kecamatan Pakem, atau sekitar 25 km dari pusat kota Bondowoso.

Salah satu dari dua air terjun Tancak memiliki arus yang kuat dan disebut sebagai “jantan”. Sedangkan air terjun yang tidak terlalu sulit disebut “perempuan”. Air terjun ini memiliki ketinggian 77 meter dan juga digunakan untuk sistem irigasi.

6. Bukit Jabal Kirmit

Bukit Jabal Kirmit masih berada di dekat perbukitan di Jampit, Ijen, Bondowoso. Lokasinya tidak jauh dari kawah ijen dan masih berada di kawasan kawah wurung.

Bukit Jabal Kirmit sering disebut sebagai New Zealand van Java. Daerah perbukitan ini dipenuhi dengan rerumputan hijau yang asri dan segar.

7. Gua Bhuto

Situs Goa Bhuto atau Gua Butah (Butah dalam bahasa Madura: raksasa). Sepintas, situs ini hanyalah singkapan berbatu. Ternyata dindingnya memiliki relief yang sangat besar.

Situs Goa Bhuto terdiri dari empat relief. Yakni, relief Kala (Butho), relief kuncup teratai, relief Buddha yang sedang bersemedi, relief kepala manusia bertanduk yang dikelilingi api dan relief orang yang sedang bermeditasi. Lokasinya berada di desa Jirek Mas, Cerme atau sekitar 3 jam dari kota Bondowoso.

Demikian 7 Wisata Kabupaten Bondowoso. Mari kita pergi berlibur, saudara!

Tonton video “Nikmati segelas kopi hangat dengan pemandangan indah Gunung Raung, Bondowoso”.
[Gambas:Video 20detik]
(hse/matahari)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button