Dokter Kecil LCC, Upaya Pemkot Banjarnegara Siapkan Generasi Sehat - WisataHits
Jawa Tengah

Dokter Kecil LCC, Upaya Pemkot Banjarnegara Siapkan Generasi Sehat

TIME INDONESIA, BANJARNEGARA – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Banjarnegara, Tursiman, S.Sos membuka Lomba Karir Dokter Kecil (LCC Doccil) untuk SD/MI dan Kader Kesehatan Remaja (KKR) untuk SMP/ pada Selasa (1/7/2018) MTs di Kabupaten Banjarnegara (2022-09-20). ) di Sasana Adi Praja Sekretariat Daerah Banjarnegara.

Kompetisi ini, kata Tursiman, bertujuan untuk membentuk generasi yang sehat dan sejahtera. Tursiman juga menyampaikan bahwa Lomba Dokter Kecil dan Lomba Kader Kesehatan Remaja ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara berdasarkan amanat Peraturan Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 48 Tahun 2018 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Bagi Sekolah/Madrasah di Kabupaten Banjarnegara.

“Melalui media atau acara seperti ini yang rutin diadakan setiap tahun, kami berharap terus lahir generasi yang sehat, unggul dan berprestasi,” ujar Tursiman mewakili pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Melalui gerakan pembinaan dan pembinaan UKS/M secara bertahap, dimulai dari Tim Pelaksana UKS/M, TP UKS Kecamatan dan TP UKS Kecamatan, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara optimistis dengan adanya pendelegasian tanggung jawab pembangunan di Kabupaten Banjarnegara ke depan. akan menjadi generasi muda yang sehat dan berkualitas.

“Generasi muda dan sehat harus memiliki keterampilan sosial yang baik dan mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan harmonis,” ujarnya.

Tursiman juga berpesan kepada peserta agar menjalankan tugasnya dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat, selalu menjaga kesehatan, dan yang terpenting selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran.

“Menang bukan yang utama, tapi akhlak mulia harus selalu berlabuh di dada,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, Dr. Ery Rosita menyampaikan harapan melalui kegiatan pelayanan kesehatan dan pengajaran keterampilan hidup sehat kepada siswa, masalah kesehatan anak usia sekolah dapat diidentifikasi dan diinventarisasi sebagai bahan perencanaan untuk masalah kesehatan di masa depan.

Competition-Intelligent-Care-2.jpg

Keberadaan sekolah dan siswa yang merupakan aset bangsa harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya agar menjadi generasi yang sehat, bugar, dan produktif.

“Salah satu bentuk kegiatan promosi kesehatan untuk meningkatkan kecakapan hidup sehat siswa adalah kegiatan pengembangan LCC Dokcil dan KKR untuk menyeleksi dokter kecil teladan dan kader kesehatan remaja teladan di tingkat Kabupaten Banjarnegara,” kata Dr. er.

Pada kegiatan LCC Dokcil dan KKR tahap 2, babak penyisihan diikuti oleh 40 peserta dari SD/MI Dokter Kecil dan 40 peserta KKR dari perwakilan 20 TP UKS kecamatan, yang berlangsung pada tanggal 20 dan 21 September 2022.

Seleksi pada tahap ini untuk menjaring 3 peserta dari masing-masing kategori ke babak final turnamen yang akan berlangsung pada 27 dan 28 September 2022.

Pada tahap sebelumnya, peserta telah menyerahkan video presentasi dan video performance kepada panitia untuk dievaluasi.

Sementara itu, sejumlah tokoh masyarakat di Banjarnegara, Jawa Tengah berharap kompetisi Pemkab Banjarnegara ini dapat mendorong generasi muda untuk lebih mengenal ruang hidup sehat. Mulai dari bangun tidur, mandi, gosok gigi, sarapan pagi jika ingin ke sekolah dan mengikuti kegiatan olahraga sekolah. Karena pendidikan dasar atau pembentukan kebiasaan baik bagi anak harus dilakukan secara kuantitatif. Hal ini setidaknya diakui oleh Wahdju DJatmika, Ketua PA GMNI Banjarnegara.

**) Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button