Dispar Seram Barat sedang mengembangkan properti wisata Danau Tapala untuk menarik wisatawan - WisataHits
Yogyakarta

Dispar Seram Barat sedang mengembangkan properti wisata Danau Tapala untuk menarik wisatawan

Dispar Seram Barat sedang mengembangkan properti wisata Danau Tapala untuk menarik wisatawan

INDOZONE.ID – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Seram Barat (SBB) Maluku mengembangkan objek wisata Telaga Tapala di Desa Hatunuru Kecamatan Taniwel Timur sebagai kawasan wisata unggulan di Kecamatan “Saka Mesa Nusa”.

Dikutip dari DI BAWAHKepala Dinpar Kabupaten SBB Yani Soukotta mengatakan objek wisata Danau Tapala merupakan salah satu dari beberapa objek wisata di Kabupaten SBB yang menjadi fokus pengembangan.

“Objek wisata Dana Tapala merupakan salah satu dari beberapa objek wisata di Kabupaten SBB yang menjadi fokus pengembangan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan,” kata Yani, Selasa (17/1/2023).

Ditambahkannya, telaga yang jernih airnya yang sejuk itu terbagi dua dalam satu saluran yang ditata dengan memperhatikan kearifan lokal suku asli setempat.

Baca juga: Volume Air di Kawah Ijen Meningkat, Pengunjung Dilarang Mendekati Danau

Tujuannya adalah untuk melindungi dan melestarikan sumber air dari pegunungan dan lingkungan alam yang mengelilinginya agar tetap indah dan mempesona bagi wisatawan, ilmuwan, dan petualang yang berkunjung ke daerah tersebut.

Objek wisata di Danau Tapala Obyek wisata di Danau Tapala (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Daya tarik wisata Danau Tapala, kata Yani, unik karena pohon sagu, kelapa, pohon kayu putih dan berbagai tanaman lainnya tumbuh di sekitar danau.

Selain itu, terdapat berbagai biota air tawar yang berkembang biak secara alami dan menjadi mata pencaharian warga sekitar.

“Tanaman teratai juga menghiasi telaga yang tak pernah surut meski di musim kemarau,” jelasnya.

Baca juga: Baru Tahu! Ada tempat jogging yang tersembunyi di Jogja: Olahraga sambil refreshing di tepi danau

Yani menjelaskan, untuk wisata Danau Tapala, tersedia perahu tradisional atau kole-kole untuk mengantarkan wisatawan yang ingin mengelilingi danau sambil menikmati lingkungan alam yang masih bersih.

Selain itu, masyarakat adat Hatunuru dan Sohea telah melakukan tradisi “sasi” (larangan) menangkap ikan di Danau Tapala sebelum waktu panen ditentukan oleh tetua biasa.

“Sasi ikan dan pemanenan di Danau Tapala merupakan tradisi warisan leluhur dan masih dilestarikan hingga saat ini.

Artikel menarik lainnya:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button