Dishub Jatim Jajaki Rute Penerbangan YIA-MLG-DPS | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Yogyakarta

Dishub Jatim Jajaki Rute Penerbangan YIA-MLG-DPS | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

Joko: Kami mengajukan penawaran ke salah satu maskapai nasional

Malang Posco Media – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jatim sedang mengkaji realisasi jalur udara Yogjakarta (YIA) – Malang (MLG) – Denpasar (DPS). Kini rute penerbangan wisata ini ditawarkan oleh salah satu maskapai penerbangan di Indonesia.

”Bagus. Kami mengintai. Tapi jangan sebut nama maskapainya dulu,” kata Kepala Bidang Jaringan Kereta Api dan Angkutan Dishub Jatim Joko Pitoyo ST.MT kepada Malang Posco Media (MPM) Selasa siang.

Joko mengatakan rute Malang-Denpasar sudah diterbangi oleh Wing Air. Jenis pesawat yang digunakan adalah ATR 72 dengan kapasitas penumpang 78 orang.

Dishub Jatim Jajaki Rute Penerbangan YIA-MLG-DPS |  Berita Malang hari ini |  Berita Malang Raya, Aremania, Aremanita |  Gambar WhatsApp 2022 12 06 pukul 16.57.55 e1670321025147MASIH BERSINAR: Prospek bisnis penerbangan dari dan ke Malang diharapkan terus tumbuh setelah pandemi Covid-19 mereda. (MPM – HARY SANTOSO)

Namun, jadwal penerbangan Malang – Denpasar tidak beroperasi setiap hari. Sebaliknya, Wing Air hanya terbang ke Denpasar pada hari-hari khusus. Terutama pada hari-hari dengan tingkat hunian minimal 60 persen. akhirnya berhenti

“Jalur Malang-Denpasar akan dimulai tahun 2015 dan berakhir tahun 2020. Dan lagi, pesawat baling-baling seperti Wing Air ATR 72 tidak bisa lagi terbang bebas keluar masuk di bandara besar,” kata Joko.

Menurut Joko, mesin jet harus digunakan pada jalur Jogja-Malang-Denpasar. Seperti Airbus atau Boeing. Dengan demikian, kapasitas penumpang yang diangkut bisa lebih banyak dari ATR 72.

“Dan salah satu maskapai yang sangat peduli dengan pariwisata di Malang Raya, saya undang mereka untuk wawancara. Kami berharap bisa menyediakan armadanya untuk penerbangan rute Jogja-Malang-Denpasar ini,” ujarnya meyakinkan.

Di sisi lain, keinginan Dishub Jatim membuka rute penerbangan baru bukan tanpa alasan. Sejak Agustus 2022, percepatan penumpang dari dan ke Malang kini terus tumbuh. Setiap harinya rata-rata penumpang mencapai 1.200-1.300 orang.

Mereka terbang keluar masuk Malang dengan maskapai Garuda, Citylink dan Batik Air. Batik Air dengan Bus Udara A320 terbang dua kali sehari dengan rute HPK (Halim Perdana Kusuma)-Malang.

Citylink juga telah mengoperasikan dua penerbangan melalui HPK dan Cengkareng. Garuda kini terbang di rute CGK-MLG dengan Boeing 737-800 miliknya setiap Senin, Rabu, dan Sabtu. “Load factor masing-masing maskapai cukup besar, mencapai 80 hingga 90 persen,” jelas Joko.

Sementara itu, data yang dihimpun MPM menunjukkan, pesawat yang mengunjungi Abd Saleh dari Januari hingga November 2022 sebanyak 1.153 kunjungan. Sekarang ada 1.152 penerbangan yang berangkat dari Abd Saleh.

Kemudian penumpang yang melalui Abd Saleh sebanyak 154.455 orang. Kemudian mereka yang berangkat melalui Abd. Saleh 160.002 orang. “Karena terus berkembang meski tidak seperti biasanya, tidak ada salahnya menyiapkan jalur baru Jogjakarta-Malang-Denpasar,” pungkasnya. (Memiliki)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button