Cerita Butet Kartaredjasa Terkejut Bos Facebook Mampir ke Warung Makannya - WisataHits
Yogyakarta

Cerita Butet Kartaredjasa Terkejut Bos Facebook Mampir ke Warung Makannya

TEMPO.CO, Yogyakarta – Artis dan monolog Butet Kartaredjasa mengunggah rekaman CCTV yang menunjukkan CEO Meta dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg di Instagram-nya pada Rabu, 12 Oktober 2022.

CCTV yang dipasang di Warung Makan Bu Ageng Bu Ageng milik Butet pada sore hari 12 Oktober 2014 ternyata merekam kejadian saat Zuckerberg mampir, memilih makanan dan di gerai di Jalan Tirtodipuran 13 Mantrijeron, Kota Yogyakarta, makan.

Saat itu tidak ada yang mengambil foto (Zuckerberg), ada pengunjung lain yang tahu dan sedang mengambil foto, langsung dicegah oleh pengawalnya. Kami hanya memiliki rekaman dari CCTV‘ tulis Butet dalam postingannya.

Warung Bu Ageng sendiri berada di jalan yang masih merupakan kanal dari desa wisata asing Prawirotaman Jogja yang kawasan sekitarnya dipenuhi banyak kafe dan restoran dengan menu-menu Eropa seperti ala Italia dan Belanda. Sementara itu, stand Butet terkenal dengan menu tradisional mulai dari nasi pecel, bakwan goreng dan singkong, daging kambing, suwiran ayam hingga sayur lodeh dan asam jawa.

Adik mendiang artis Djaduk Feriyanto itu makin heran karena Zuckerberg, salah satu orang terkaya di dunia, memilih menu yang cukup sederhana di tokonya. Yaitu nasi campur ayam suwir dan es teh.

Aktor Butet Kertaredjasa menampilkan pertunjukan teatrikal yang dipadukan dengan seni musik dan tari di Teater Ciputra Artpreneur, Jakarta pada Jumat, 18 Juni 2022. Dalam pementasan ke-36 ini, yang ditulis dan disutradarai oleh Agus Noor, para pengisi acaranya adalah para aktor dan aktris panggung Indonesia antara lain Butet Kartaredjasa, Cak Lontong, Marwoto, Akbar, Marsha Timothy, Endah Laras, Mucle, Yu Ningsih, Woro Mustiko, F. Nadira, Mia Ismi, Yolanda Nainggolan, Joned, Wisben, dan Bergabung dengan Bayuwinanda. Tempo / Hilman Fathurrahman W

Saat dikonfirmasi, Butet mengatakan kunjungan Zuckerberg ke tokonya saat itu bertepatan dengan kunjungannya ke Indonesia pada Oktober 2014. “Tahun 2014, Mark datang ke Indonesia ke Candi Borobudur lalu ke Yogyakarta,” kata Butet, Kamis 13 Oktober 2022.

Nah, setahu Butet, saat itu pimpinan Facebook hanya punya agenda mengunjungi Kampung Digital yang terletak di kawasan Tamansari Keraton Yogyakarta. Belakangan ini terungkap bahwa Zuckerberg juga mampir untuk menyantap makanannya saat berkunjung ke Jogja.

“Jadi di Jogja dia hanya punya dua janji, Kampung Digital dan Essen di stand saya,” kata Butet.

Butet mengatakan ketika Zuckerberg mengunjungi tokonya, dia sedang berada di luar kota. Tiga hari kemudian, ada pelanggan di Warung Bu Ageng yang memberi tahu Butet tentang kunjungan Zuckerberg.

“Pelanggan yang makan di sana berfoto, tapi hanya sekali dia dijemput oleh bodyguard Zuckerberg dan dilarang memotret,” katanya.

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg, seorang pria dari Palo Alto, California, adalah orang terkaya kelima di dunia dengan kekayaan $71 miliar pada 2018, menurut Forbes. REUTERS

Akibatnya, satu-satunya dokumentasi kunjungan Zuckerberg ke toko milik Butet adalah video surveillance. Diketahui dari video surveillance bahwa sebelum Zuckerberg masuk ke dalam toko, orang-orang yang diduga sebagai bodyguard Zuckerberg masuk ke dalam toko dan kemudian mengecek situasi toko dan toilet. Beberapa menit kemudian, Zuckerberg masuk, ditemani empat orang lainnya.

“Ya, ketika dia di toko dia seperti turis biasa,” kata Butet.

Selain menyantap ayam suwir dengan nasi, rombongan Zuckerberg juga memesan makanan pembuka stand, seperti daun ketumbar dan lodeh hijau. “Tapi Mark baru makan suwiran ayam campur nasi,” katanya.

Butet Kartaredjasa sendiri belum mengetahui mengapa Zuckerberg memutuskan untuk berhenti di bisnisnya. Termasuk yang merekomendasikan Warung Bu Ageng. Sementara itu, karyawan Warung Bu Ageng juga biasa-biasa saja saat itu karena tidak ada yang tahu siapa Zuckerberg, bos Facebook itu.

“Staf saya tahu Oktober itu musim turis asing datang ke Jogja, dan toko itu sebenarnya di kawasan wisata, jadi backpacker asing masuk ke toko itu normal,” katanya.

WICKSONO PRIBADI

Baca Juga: Mark Zuckerberg Umumkan Kehamilan Istrinya dan Jadi Ayah dari 3 Anak Perempuan

Ikuti berita terbaru Tempo.co di Google News, klik di sini.

Source: seleb.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button