Dirjen Kemdes PDTT RI menanam ribuan bibit mangrove di Situbondo - WisataHits
Jawa Timur

Dirjen Kemdes PDTT RI menanam ribuan bibit mangrove di Situbondo

SurabayaNetwork.id – Dalam rangka melestarikan hutan mangrove di Kabupaten Situbondo, pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Emigrasi Republik Indonesia (Kemdes PDTT RI) menanam ribuan bibit mangrove di berbagai pesisir pantai Indonesia pada Rabu, 16 November Situbondo 2022.

Penanaman mangrove di kawasan wisata Cemara, Dusun Paras, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo bertemakan “Field Action Desa Peduli Perubahan Iklim dengan Menanam Mangrove Sedekah Oksigen” merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap pelestarian hutan mangrove di Wilayah Kabupaten Situbondo.

Hadir dalam kegiatan penanaman mangrove ini antara lain Dirjen PPDT Kementerian Desa Ir. Eko Sri Haryanto, MM, Sekjen PPDT Meti Susanti, Plt. Direktur Harmonisasi Rencana dan Program PPDT Dr. Sumarlan, S.Pd., M.Sc, Direktur Harmonisasi Pembangunan Infrastruktur Sofyan Hanafi, Direktur Pembinaan Pembangunan Kawasan Khusus Rudi Dwi Hartoyo, Kepala Bidang Situbondo 0823 Kabid Inf Sampak, S.Ag, Sekda Kabupaten Situbondo Wawan Setiawan, SH, MH, Kasubdit Kerma Situbondo AKP Sudpendik, SH, Kepala DPMD Situbondo Suriyatno, SH, Kepala DLH Situbondo Drs. Akhmad Yulianto, M.Si, Direktur Yayasan Gajah Sumatera Reza Aditya, Kades Duwet dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Apa Saja Rilis Mobil Terbaru di Akhir 2022? Mari kita lihat spesifikasi detailnya

Sekda Kabupaten Situbondo Wawan Setiawan dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Situbondo memiliki 17 kecamatan dan 132 desa serta 4 kecamatan dengan panjang pantai sekitar 150 kilometer.

“Bentangan pantai yang panjang ini memiliki potensi penanaman mangrove yang luar biasa. Potensi penanaman mangrove di sepanjang Pantai Situbondo sangat bagus. Namun data yang kami miliki dari tahun 1990-an menurun karena banyaknya pembangunan tambak, penanaman mangrove,” jelas Sekda Wawan.

Oleh karena itu, lanjut Wawan, atas nama Pemerintah Situbondo mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia yang telah memungkinkan dilakukannya penanaman tanaman mangrove di kawasan Pantai Paras, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

“Kami juga berterima kasih kepada Dirjen yang telah memberikan penghargaan kepada Kabupaten Situbondo dari Kementerian Pembangunan Desa yang akan dihadiri Bupati Situbondo besok dalam acara di Kabupaten Bondowoso,” kata Sekda Wawan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button