Dialog Lima Rektor Mengawali Rangkaian PWI-HPN 2023 di Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Dialog Lima Rektor Mengawali Rangkaian PWI-HPN 2023 di Jawa Tengah

Dialog Lima Rektor Mengawali Rangkaian PWI-HPN 2023 di Jawa Tengah

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) kolosal 2023 yang dibuat oleh PWI Jawa Tengah diawali dengan dialog lima rektor dari lima lokasi di Jawa Tengah.

Agenda besar dengan topik “Media Edukatif Menuju Tahun Politik 2024” akan berlangsung pada Kamis, 2 Februari 2023, mulai pukul 09.00 WIB di Udinus.

Lima Rektor yang akan menyampaikan pemikirannya tentang posisi pers dalam memberikan pendidikan selama tahun politik adalah Rektor Udinus, Unissula, USM, Unwahas dan Unika Soegijapranata, diketuai oleh MC sekaligus presenter Myra Azzahra dan menjadi Heri Pamungkas.

Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS mengumumkan agenda Dialog Lima Rektor merupakan agenda pembuka Rangkaian Perayaan HPN 2023 yang dipusatkan di Kota Semarang.

Semangat peringatannya adalah “HPN Goes to Campus” yang dilandasi intelektualitas dan menumbuhkan kesadaran staf terhadap jurnalis. Substansi itu memantik semangat untuk kembali ke Khitah jurnalistik yang berkualitas, dinamisme resonansi sikap media, membangun suasana nasional yang sehat dan semangat pembangunan daerah,” kata Amir Mahmud di Semarang, Selasa (31/01/2023). . .

Rektor Udinus Prof.Dr. Edi Noersasongko MKom sangat tertarik dengan topik dialog tersebut. Menurut Prof Edi, diskusi harus seru dan hidup, karena Rektor akan berbicara tentang peran pers sebagai pengawal demokrasi dan sebagai sarana penyampai informasi kepada masyarakat.

Rektor Unika, Dr. Ferdinand Indianrto, SPsi, MSi, menyampaikan hal yang sama. Media, kata dia, sebenarnya memiliki peran strategis di tahun politik. Menurutnya, pemilih kita secara umum masih membutuhkan pendidikan politik, bahkan partai politiknya. Selain itu, ada generasi milenial yang menjadi pemilih.

“Sebagai contoh, kita masih terpaku pada ‘angka’, bukan ide Indonesia ke depan. Kami selalu berbicara tentang karakter. Kita harus mulai pendewasaan dan pendewasaan dalam berpolitik,” ujarnya.

Di tengah peran strategisnya, kata Ferdinand, media juga menghadapi tantangan luar biasa dalam hal objektivitas dan netralitasnya. Ini karena beberapa media dimiliki oleh tokoh politik.

Sementara itu, Rektor USM Dr. Supari ST MT bahwa tantangan media di era pergolakan ini adalah tetap pada jalurnya sebagai wahana informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.

”Kami mengapresiasi langkah PWI dalam menjalankan agenda ini. Kami berharap bisa berdiskusi bagaimana pers bekerja secara sehat di tengah melimpahnya informasi di masyarakat,” kata Supari.

Ziarah dan Syukur

Ketua Panitia HPN 2023 Zainal Abidin Petir menambahkan, agenda selanjutnya kegiatan HPN bersamaan dengan Dialog Lima Rektor adalah ziarah ke makam almarhum jurnalis dan bakti sosial bagi masyarakat kurang mampu di sekitar kantor PWI di Jawa Tengah pada Rabu, 8 Februari 2023.

Agenda HPN, lanjut Petir, akan menggelar Perayaan HPN Tahun 2023 pada Kamis, 9 Februari 2023 di kantor PWI Jateng, dimana Ketua Umum MUI Jateng, Dr. KH Ahmad Darodji MSi, dan Dandim 0733/BS Kota Semarang Kolonel Inf Honi dihadirkan Havana Ssos MMDS.

Selain itu, pada hari Jumat, 10 Februari 2023, akan dilaksanakan Majelis Khataman Quran Ashabul Kahfi PWI Jawa Tengah di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Kampus Semarang.

Tak kalah menariknya, PWI Jateng juga siap menjadi tuan rumah dialog “Membangun Kampus Nasional” pada 14 Februari 2023 di Universitas Semarang, di mana dijadwalkan Humanis Romo Benny Sesetyo, Rektor USM Dr Mahfud MD, sebagai Keynote speaker. serta mengundang narasumber dari PBNU dan PP Muhammadiyah.

Zainal Petir menambahkan, acara spesial itu adalah dialog “UMKM, Menerapkan Ekonomi Khas Indonesia” pada 22 Februari di kampus Unwahas bersama Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, ekonom Unwahas, dan pemangku kepentingan UMKM.

Puncak perayaan HPN yaitu Resepsi HPN akan dilaksanakan pada Jumat malam, 3 Maret 2023 di Gradhika Bhakti Praja, kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah. Pameran foto jurnalistik dan produk UMKM dari Jawa Tengah akan digelar di hari yang sama.

Sehari sebelumnya, perwakilan peserta PWI dari kabupaten/kota se-Jawa Tengah akan diajak tour desa berupa kunjungan ke destinasi wisata di desa wisata Kandri, kabupaten Gunungpati, kota Semarang dan lomba jurnalis.

Selain kegiatan di beberapa kampus, PWI Jateng juga akan menyelenggarakan Ujian Keterampilan Wartawan (UKW) Bersama bernama “UKW Joglosemar” bekerja sama dengan PWI Solo dan PWI DIY.

VHF yang didukung penuh oleh Pabrik PT Semen Gresik Rembang ini rencananya akan berlangsung di sekitar Candi Prambanan, sekaligus kolaborasi ketiga PWI untuk memperingati HPN 2023.

Ning Suparningsih

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button