PWI Jateng Memulai Kegiatan HPN 2023 dan Melakukan Dialog Lima Rektor di Udinus, Live TVKU dan Youtube - WisataHits
Jawa Tengah

PWI Jateng Memulai Kegiatan HPN 2023 dan Melakukan Dialog Lima Rektor di Udinus, Live TVKU dan Youtube

PWI Jateng Memulai Kegiatan HPN 2023 dan Melakukan Dialog Lima Rektor di Udinus, Live TVKU dan Youtube

Lima selebaran Dialog Rektor. (Foto oleh Pwi Jawa Tengah)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Lima rektor universitas akan memberikan pandangannya tentang posisi pers dalam memberikan pendidikan selama tahun politik, yaitu rektor Udinus, Unissula, USM, Unwahas dan Unika Soegijapranata, dipimpin oleh MC dan moderator Myra Azzahra- Heri Pamungkas.

Kelima rektor kampus tersebut tampil dalam acara Dialog Lima Rektor di Kampus Udinus Semarang pada Kamis (02/02/2023) yang merupakan acara pembukaan yang mengawali rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh PWI Jateng dalam rangkaian peringatan tahun 2023 tersebut. menyelenggarakan Hari Pers Nasional (HPN).

Dialog dengan tema “media pendidikan untuk tahun politik 2024” akan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB dan disiarkan langsung di TVKU dan kanal YouTube TVKU.

Wali Kota Semarang yang baru dilantik pada Senin (30/1/2023). Hevearita G Rahayu diharapkan hadir untuk membuka acara tersebut.

Ketua PWI Jateng Amir Mahmoud NS dalam paparannya mengatakan agenda dialog kelima rektor tersebut merupakan agenda pembuka rangkaian perayaan HPN 2023 yang dipusatkan di Kota Semarang.

Semangat peringatannya adalah “HPN Goes to Campus” yang dilandasi intelektualitas dan menumbuhkan kesadaran staf terhadap jurnalis. Substansi tersebut memantik semangat untuk kembali pada prinsip jurnalistik yang berkualitas, dinamika resonansi sikap media, membangun suasana nasional yang sehat dan semangat pembangunan daerah,” kata Amir di Semarang, Selasa (31/1).

Rektor Udinus Prof.Dr. Edi Noersasongko MKom sangat tertarik dengan topik dialog tersebut. Menurut Prof Edi, diskusi harus seru dan hidup, karena Rektor akan berbicara tentang peran pers sebagai pengawal demokrasi dan sebagai sarana penyampai informasi kepada masyarakat.

Rektor Unika, Dr. Ferdinand Indianrto, SPsi, MSi, menyampaikan hal yang sama. Media, kata dia, sebenarnya memiliki peran strategis di tahun politik. Menurutnya, pemilih kita secara umum masih membutuhkan pendidikan politik, bahkan partai politiknya. Selain itu, ada generasi milenial yang menjadi pemilih.

“Sebagai contoh, kita masih terpaku pada ‘angka’, bukan ide Indonesia ke depan. Kami selalu berbicara tentang karakter. Kita harus mulai pendewasaan dan pendewasaan dalam berpolitik,” ujarnya.

Di tengah peran strategisnya, kata Ferdinand, media juga menghadapi tantangan luar biasa dalam hal objektivitas dan netralitasnya. Ini karena beberapa media dimiliki oleh tokoh politik.

Sementara itu, Rektor USM Dr. Supari ST MT, tantangan media di era pergolakan ini adalah tetap pada jalurnya sebagai penyampai informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.

”Kami mengapresiasi langkah PWI dalam menjalankan agenda ini. “Mudah-mudahan kita bisa brainstorming bagaimana pers bekerja secara sehat di tengah melimpahnya informasi di masyarakat,” kata Supari.

Ziarah dan Syukur

Zainal Abidin Petir, Ketua Panitia HPN 2023 menambahkan, bersamaan dengan Dialog Lima Rektor, agenda kegiatan HPN selanjutnya adalah ziarah ke makam almarhum jurnalis dan bakti sosial bagi masyarakat kurang mampu di sekitar kantor PWI Jawa Tengah pada Rabu 8 Februari 2020. , 2023.

Agenda HPN, lanjut Petir, akan menggelar HPN Tasyakuran 2023 pada Kamis, 9 Februari 2023 di kantor PWI Jateng, dimana Ketua Umum MUI Jateng, Dr. KH Ahmad Darodji MSi, dan Dandim 0733/BS Kota Semarang Kolonel Inf Honi Havana diberikan Ssos-MMDS.

Selain itu, pada Jumat, 10 Februari 2023, akan digelar Majelis Khataman Koran Ashabul Kahfi PWI Jawa Tengah di Kampus Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang.

Tak kalah menarik, PWI Jateng juga siap menjadi tuan rumah dialog “Membangun Kampus Nasional” pada 14 Februari 2023 di Universitas Semarang, di mana dijadwalkan Humanis Romo Benny Sesetyo, Rektor USM Dr Mahfud MD, sebagai Keynote speaker , serta mengundang narasumber dari PBNU dan PP Muhammadiyah.

Zainal Petir menambahkan ada acara khusus juga, ada dialog “UMKM, Menerapkan Ekonomi Khas Indonesia” pada 22 Februari di kampus Unwahas dengan pembicara dari Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, ekonom dari Unwahas dan para pelaku UMKM.

Puncak perayaan HPN adalah resepsi HPN di Gradhika Bhakti Praja, kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah, pada Jumat malam, 3 Maret 2023. Pameran foto jurnalistik dan produk UMKM Jawa Tengah digelar pada hari yang sama.

Sehari sebelumnya, perwakilan peserta PWI dari kabupaten/kota se-Jawa Tengah akan diajak tour desa berupa kunjungan ke destinasi wisata di desa wisata Kandri, kabupaten Gunungpati, kota Semarang dan lomba jurnalis.
Selain kegiatan di beberapa kampus, PWI Jateng juga akan melakukan Ujian Kompetensi Wartawan Bersama (UKW) bertajuk “UKW Joglosemar” bekerjasama dengan PWI Solo dan PWI DIY.

VHF yang didukung penuh oleh Pabrik PT Semen Gresik Rembang ini akan berlangsung di sekitar Candi Prambanan, sekaligus kerjasama ketiga PWI untuk memperingati HPN 2023. (aris)

Baca lebih banyak berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button