Di Yayasan Kesatuan Budaya Dharma Sakti Utara, Gelar Ruwat Bumi Gotong Toa PE Kong – MITRA TNI POLRI - WisataHits
Jawa Barat

Di Yayasan Kesatuan Budaya Dharma Sakti Utara, Gelar Ruwat Bumi Gotong Toa PE Kong – MITRA TNI POLRI

Jakarta, Mitratnipolri.com :

Ritual Ruwat Bumi dan HUT HUT Ceng It Thian Kun Meraih Kesempurnaan diperingati setiap tanggal 15 bulan 09 penanggalan Imlek, inti perayaannya adalah sebagai wujud syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa (Tuhan Yang Maha Esa) atas segala rahmat yang diberikan kepada semua makhluk menjadi, terutama umat manusia. Perayaan ini berbentuk Ruwat Bumi Toa PE Kong yaitu kegiatan Gotong Toa PE Kong di kawasan tersebut. Selain menunjukkan rasa terima kasih kepada Thian, ritual Ruwat Bumi Gotong Toa PE Kong juga memperingati Shejit YM Ceng It Thian.

Ritual Ruwat Bumi Gotong Toa PE Kong 2573/2022 yang dilaksanakan oleh Yayasan Dharma Sakti Jakarta Utara terbagi dalam beberapa rangkaian kegiatan. Kegiatan ini diawali dengan mengadakan bakti sosial pada Jumat 7 Oktober 2022 membagikan sembako kepada warga sekitar Yayasan Dharma Sakti Utara. Kegiatan dilanjutkan dengan resepsi Kimsin pada Sabtu 8 Oktober 2022. Puncak dari kegiatan ini adalah ritual Ruwat Bumi Gotong Toa Pe Kong ke jalan raya sekitar yayasan, disertai dengan prosesi budaya pada tanggal 9 Oktober 2022. Puncak acara diawali dengan doa bersama para peserta Ruwat Bumi Gotong Toa Pe Kong, yang diikuti dengan turunnya kimsin tuan rumah ke tandu dan turunnya kimsin tamu ke tandu. Kemudian makan siang bersama, dilanjutkan dengan acara inti karnaval Ruwat Bumi Gotong Toa Pe Kong di sekitar yayasan.

Ruwat Bumi Gotong Toa Pe Kong 2573/2022 dilaksanakan oleh Yayasan Dharma Sakti Jakarta Utara yang beralamat di Jalan Agung Utara 6 Blok A20 No. 12 RT/RW 06/08 Sunter Agung Podomoro, Jakarta Utara. Karnaval Budaya Ruwat Bumi diikuti oleh berbagai candi dan bios yang tersebar di Jakarta, Bogor, Tangerang, Cikarang, Karawang, Depok, Cibinong, Sukabumi, Cilengsi, Indramayu, Bandung hingga Kudus. Dimeriahkan dengan pertunjukan seni dari berbagai daerah di Indonesia, prosesi budaya yang mengelilingi jalan raya sekitar Yayasan Dharma Sakti Utara antara lain sebagai berikut:
1. GARUDA PANCASILA dan BENDERA MERAH PUTIH.
2. SUNTER AGUNG 140 SMPN MARK
3. MARCHING BAND SMPN 140
4. ONDEL – ONDEL
5. TIM LINGKUNGAN MARAWIS RW 08 SUNTER AGUNG
6. SENI TARI DAYAK
7. SINGA dan BARONGSAI DHARMAPALA CIKARANG
BENDERA WARISAN KE-8 YAYASAN DHARMA SAKTI JAKARTA UTARA
9. HENG KI NGO BENDERA BESAR
10. PERSAUDARAAN GIE KATAKAN SUKABUMI
11. TJEN THIAN KIONG (YM CENG IT THIAN KUN – YM PEK HAUW CiANG KUN)
12. TJEN THIAN KHIONG (YM HOK TEK CENG SIN – YM HIAN THIAN SHANG TEE – YM KWAN SENG TE KUN)
13. TJIN THIAN KIONG ( YMS KUANG IM PHO SAT – YM TJIE THIAN TA SEN )
14. KWAN IM HUD BO. (YMS JIU THIAN TA SEN)
15. KWAN IM HUD BO. (YMS JIU THIAN XUAN NU)

Dalam pelaksanaan Ruwat Bumi Gotong Goa Pe Kong 2573/2022, umat Buddha yang hadir bersama-sama memohon berkah Thian (Tuhan Yang Maha Esa) melalui mediasi Sam Koan Tay Tes dan Ruhul Kudus Beng, agar Bangsa Indonesia telah dilindungi dari segala musibah Covid-19 dan musibah semesta. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan antar umat beragama. Diharapkan keragaman budaya yang dihadirkan dapat membantu pemerintah dalam menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu daya tarik wisata di Jakarta,” ujar Kevin Wo selaku ketua pertama penyelenggara.

Ritual Ruwat Bumi dapat terlaksana berkat kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak. Selaku Panitia Yayasan Dharma Sakti Utara, Spiritualis Suhu Ricky Zhu menyampaikan terima kasih kepada Suhu Beny Susanto selaku Ketua Kehormatan Yayasan yang juga Ketua Umum FKTTI ABI, Andi Rojali selaku Ketua Panitia, Kevin Wu selaku Ketua I Panitia Pelaksana yang juga Ketua Umum Dharmapala Nusantara, serta Kapolsek Tanjung Priok, Kompol Muhamad Yamin, SE, SIK dan rekan-rekan. Danramil Tanjung Priok Mayor KAV. perusahaan dan karyawannya. Pimpinan RW 08 Sunter Agung beserta jajarannya, seluruh peserta Kirab dan para donatur mendukung acara ini.

Wartawan: (Susanto)

Penerbit : (M.Sopyan)

Source: mitratnipolri.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button