Di Kaliurang bisa naik skuter listrik • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Di Kaliurang bisa naik skuter listrik • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Berbeda dengan kota Jogja, skuter listrik atau otoped diperbolehkan di kawasan wisata Kaliurang. Meski demikian, pengusaha yang menyewakan harus memperhatikan keselamatan penyewa.

Kepala Dinas Perhubungan dan Pengamanan Dinas Perhubungan Sleman Marjana menjelaskan, meski tidak ada larangan, yang penting ada petugas jaga. Untuk mengontrol keselamatan pengguna skuter listrik atau otops.

Pasalnya, kontur jalan di kawasan Kaliurang itu naik turun. Bisa jadi jika tidak stabil mengendarai otoped, pengendara bisa rawan jatuh. Selain itu, petugas juga akan memantau saat ramai pada akhir pekan.
“Ini ramai pada akhir pekan dan hari libur nasional. Ada jeep, kendaraan pribadi, ATV, otoped. Jadi saya berharap manajer menjaga ketertiban. Kalau sewa kendaraan harus ikut pengamanan,” harap Marjana, Kamis (21/7).

Marjana mengatakan, ketentuan aturan keselamatan memang dibahas bersama dengan Dinas Pariwisata Sleman. Rancangan SK Bupati juga sedang disusun. Namun, jalur operasi otomatis belum final. Memang, demi keselamatan bersama, jalur dan rute khusus mobil harus ditetapkan. “Di Kaliurang, ada jalan provinsi, khususnya menuju Tlogo Putri, di sebelah kanan. Itu yang penting,” katanya.

Sementara itu, Reni, warga Kota Jogja, mengaku senang saat menyewa sepeda motor di kawasan Kaliurang. Menurutnya, jalanan lebih nyaman, dan skuter listrik bisa bermain dengan bebas. Akhir pekan lalu, diakuinya, juga tidak terlalu ramai. “Anak sekolah masuk, jadi tidak banyak turis. Saya tidak menyewa banyak jip kemarin. Aman bawa anak kecil (little kids, Red),” ujarnya. (lan/eno)

Source: radarjogja.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button