Desa Bumiwangi mengikuti program Desa Bedas - WisataHits
Jawa Barat

Desa Bumiwangi mengikuti program Desa Bedas

CIPARAYBalebandung.com – Kepala Desa Bumiwangi Rudiya Trisanjaya mengatakan bahwa Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung merupakan salah satu desa yang menerima program Kampung Bedas yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung melalui dinas lingkungan hidup.

“Desa Bumiwangi ini, salah satu dari 20 desa di Kabupaten Bandung, merupakan bagian dari program Kampung Beda. Alhamdulillah, saat ini desa Bedas sedang berjalan dan kami berharap tahun depan ada program tambahan,” kata Rudi kepada wartawan di Desa Bumiwangi, Minggu (24/7/2022).

Bahkan, tambah Rudi, Desa Bumiwangi juga mendapat SK (SK) dari Bupati Bandung tahun ini, mengacu pada desa wisata perintis. Selain itu, kata dia, Desa Bumiwangi telah mendapatkan program RTH (Ruang Terbuka Hijau) dari Disperkintan Kabupaten Bandung. “Salah satu tujuan program RTH ini adalah untuk mengembangkan objek wisata Bukit Cula yang terletak di dataran tinggi desa Bumiwangi,” ujarnya.

Rudi mengatakan pengembangan objek wisata Bukit Cula akan terus tersedot. “Saya berencana mengundang Bupati Bandung Dadang Supriatna untuk memuluskan pembangunan desa wisata Bukit Cula. Semoga tetap sehat dan bisa mengikuti kegiatan yang akan berlangsung pada November 2022 nanti,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk meningkatkan infrastruktur desa wisata Bukit Cula masih didukung oleh APBDes Bumiwangi. Sebelumnya diberitakan ada rencana program Kementerian Desa untuk meningkatkan pembangunan.
“Oleh karena itu, kami berharap kementerian desa terpacu untuk mendukung dan mendorong desain pengembangan desa wisata. Sehingga ada optimalisasi pembangunan di desa tersebut,” ujarnya.

Rudi mengatakan instalasi air bersih dan listrik sudah ada untuk mendukung pengembangan desa wisata. “BUMDitu sudah ada. Bahkan ada mitra BUMDes yang sudah direlokasi untuk membantu mengembangkan desa liburan. Harapannya Bukit Cula akan menjadi kawasan wisata terpadu di masa depan. Ini merupakan bagian dari inovasi desa untuk meningkatkan infrastruktur dan perekonomian masyarakat,” ujarnya. ***

Source: www.balebandung.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button