Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengajak mahasiswa untuk membantu mengembangkan daerah melalui KKN - WisataHits
Jawa Timur

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengajak mahasiswa untuk membantu mengembangkan daerah melalui KKN

Sidoarjo (ANTARA) –

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur mengajak mahasiswa untuk membawa dan mengaplikasikan ilmu yang didapat di kampus untuk membangun daerah melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini menjadi momentum bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Sidoarjo,” kata Wakil Bupati Sidoarjo Subandi, Senin di Sidoarjo di sela-sela pelepasan program KKN Unusida yang diikuti 433 mahasiswa. berpartisipasi.

Ia mengatakan pihaknya ingin menunjukkan bahwa masyarakat di Kabupaten Sidoarjo bisa merasakan kualitas pendidikan di kampus.

Menurut Subandi, Pemkab Sidoarjo sengaja mengundang beberapa kepala desa dalam kegiatan yang dilakoni mahasiswa tersebut, agar program kerja pembangunan pemerintah daerah bisa sinkron.

“Saya menitipkan anak-anak kepada kepala desa agar mereka bisa menyumbangkan ilmunya untuk pembangunan pemerintah daerah,” ujarnya.

Menurutnya, program KKN merupakan penataan bagi mahasiswa untuk mencapai jenjang yang lebih serius di masa depan.

Beliau mengajaknya untuk berpartisipasi dalam pendirian kampus-kampus di Kabupaten Sidoarjo salah satunya dalam kegiatan ini.

“Jika KKN bekerja secara profesional dan bekerja dengan baik untuk Nahdlatul Ulama sehingga dapat membawa karakter NU, karena jika ini juga dilakukan maka akan ada peningkatan,” ujarnya.

Tolong Rektor Unusida Hadi Ismanto mengatakan salah satu kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN adalah pengolahan kerang.

“Hingga saat ini kima sudah diolah menjadi bahan makanan olahan, yang diolah di Desa Buru, Sidoarjo,” ujarnya.

Selain itu, pengembangan yang dilakukan meningkatkan potensi wisata di desa Kalanganyar Sedati melalui kegiatan pengemasan yaitu penyeberangan sungai.

“Kegiatan akan dilakukan dengan mengedukasi masyarakat sekitar. Setidaknya 200 kegiatan telah diunggah ke saluran YouTube,” katanya.

Pihaknya juga mengedukasi masyarakat tentang zona hijau bersama PCNU dan FKUB, yang saat itu mendapat dukungan yang signifikan, yang disalurkan ke 52 ponpes dan masyarakat berupa alat kesehatan pencegahan COVID-19.

Selanjutnya, program Smart Incinerator Waste Management System disingkat SIMATA, di Desa Ketegan, Sidoarjo.

“Kegiatan ini sudah ditindaklanjuti oleh pemerintah kabupaten, dimana mahasiswa teknik membangun insinerator sendiri dengan biaya yang sangat terjangkau,” ujarnya.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button