Deretan Kuliner Khas Gresik yang bikin ketagihan - WisataHits
Jawa Timur

Deretan Kuliner Khas Gresik yang bikin ketagihan

Pudak merupakan salah satu masakan khas kota Gresik yang tak kalah enak. Pudak terbuat dari campuran santan, gula aren dan tepung beras. Makanan khas Kota Gresik ini dibungkus dengan iga tengah pisang dan dikukus hingga matang.

Pudak disebut juga dengan kue Ope. Selain itu, ada juga yang terbuat dari sagu, sehingga disebut sagu pudak. Pudak berwarna putih dan menggunakan gula pasir untuk memberikan rasa yang lebih manis. Jika berwarna merah, berarti gula yang digunakan adalah gula merah.

nasi karak

Nasi Karak disebut juga dengan Sego Karak. Nasi karak terdiri dari nasi dan ketan hitam yang dimasak hingga matang. Makanan khas Kota Gresik ini juga terdiri dari kelapa parut dan tempe goreng di atas nasi. Biasanya Nasi Karak dinikmati di pagi hari sebagai menu sarapan. Anda juga bisa menambahkan cabai untuk rasa pedas saat makan.

otak ikan bandeng

Bandeng otak-otang adalah makanan khas kota Gresik yang berbahan dasar ikan bandeng. Ikan ini diolah dengan cara memisahkan daging dan kulitnya kemudian dihaluskan. Setelah halus, bandeng dibumbui dengan ramuan khas gresik dan dimasukkan kembali ke dalam tubuh ikan. Setelah itu, ikan bandeng dikukus sampai matang.

Bandeng otak-otak adalah salah satu kuliner yang paling populer di Gresik. Jadi jika Anda sedang berwisata ke daerah tersebut, jangan lewatkan sajian kuliner yang satu ini.

Menabrak

Bonggolan adalah makanan khas Kota Gresik yang dibungkus dengan daun pisang. Ini membuatnya terlihat unik, sehingga banyak orang yang penasaran dan ingin mencobanya. Bahan dasar lumpia ini adalah daging ikan yang bisa menggunakan berbagai jenis ikan.

Daging ikan tersebut kemudian dibungkus dengan campuran tepung kanji yang telah dibumbui sebelumnya. Bumbunya cukup sederhana yaitu bawang putih, garam, merica dan ada juga yang dibumbui. Meski bumbunya cukup sederhana, rasa yang diberikan sangat enak.

Source: www.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button