Deretan kota khas Jawa Timur yang digemari wisatawan lokal maupun mancanegara - WisataHits
Jawa Timur

Deretan kota khas Jawa Timur yang digemari wisatawan lokal maupun mancanegara

Deretan kota khas Jawa Timur yang digemari wisatawan lokal maupun mancanegara

Surabaya (beritajatim.com) – Wisata kuliner memang tidak ada habisnya, terutama kota-kota di Jawa Timur. Mulai dari rasa pedas hingga gurih asin.

Apalagi makanan khas Jawa Timur ini memang sangat populer di kalangan masyarakat karena tidak sulit ditemukan di daerah lain.

Berikut beberapa makanan khas Jawa Timur yang wajib Anda coba.

Daftar kuliner khas kota di jawa timur

1. Soto Lamongan

Bagi Anda yang menyukai sop, mencoba Soto Lamongan adalah suatu keharusan. Karena Soto Lamongan berbeda dengan jenis soto lainnya, masakan ini bercirikan koya, atau gurih bubuk kerupuk udang dan bawang putih.

2. Rawon

Rawon merupakan salah satu menu atau masakan tertua dalam sejarah Jawa kuno. Karena masakan ini sudah ada sejak tahun 901 Masehi atau sejak jaman Kerajaan Mataram.

Meski Rawon merupakan makanan khas Surabaya, beberapa kota di Jawa Timur juga memiliki beberapa resep Rawon yang khas tergantung daerahnya.

Pada umumnya makanan ini lebih nikmat disantap dengan lauk pauk seperti telur asin, sambal, atau air jeruk nipis saat musim hujan.

3. Rujak Cingur

Selain Rawon, rujak cingur adalah makanan khas kota Surabaya lainnya. Rujak cingur berisi aneka sayuran, buah-buahan dan dicampur dengan tempe, tahu, lontong dan hidung sapi sebagai ciri khasnya.

4. Bakso Malang

Tentunya jika berkunjung ke Malang tidak lengkap rasanya jika melewatkan Menu Bakso Malang. Selain itu, menu ini berbeda dari kebanyakan bakso lainnya karena lebih mirip dengan pangsit, yang memberikan tekstur berbeda pada bakso.

Biasanya isian bakso ini terdiri dari tahu putih atau coklat, bakso aci, topping pasta kuning atau putih, dan sayuran hijau. Kebayang nggak sih enaknya Bakso Malang ini?

5. Tahu Campur

Surabaya tidak hanya kaya akan nilai sejarah, tetapi juga salah satu kota di Jawa Timur yang menawarkan beragam kuliner. Salah satunya adalah tahu campur. Menu ini terdiri dari tauge, lontong, mie kuning, tahu goreng, potongan singkong lentho dan rujak.

6. Pezel

Pastinya banyak yang sudah mengenal Pecel Madiun karena rasa Pecel Madiun yang berbeda dengan pecel lainnya. Bedanya tekstur Pecel Madiun lebih kasar dan penyajiannya dijepit atau diletakkan di atas alas daun pisang yang dilipat.

Namun Pecel Kediri memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasa bumbu kacang yang lebih kuat. Selain itu, pecel khas blitar ini hampir mirip tulisannya dengan pecel kediri, namun bedanya agak berminyak dengan rasa manis dan gurih.

7. bebek madura

Salah satu makanan khas Madura adalah bebek panggang. Makanan ini lebih dikenal dengan bebek madura. Namun tahukah Anda bahwa bebek panggang madura tidak hanya populer di kalangan wisatawan lokal tetapi juga di kalangan wisatawan mancanegara?

Selain tujuh menu yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa kuliner khas dari kota-kota di Jawa Timur seperti gethuk pisang, gado-gado, nasi krawu dan lain-lain. (fr/tidur siang)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button