Mempromosikan penguatan desa wisata • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Mempromosikan penguatan desa wisata • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang terus mendorong masyarakat untuk terlibat dalam penguatan desa wisata. Selain itu, Kabupaten Magelang sering menjadi tujuan wisata.

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto mengatakan, kawasan ini memang dikelilingi pegunungan dan perbukitan.

Masyarakat dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan pariwisata melalui potensi alamnya. Potensi wisata di desa dapat dikelola melalui pendekatan terpadu untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan. Nilai tambah pasti dimungkinkan, tidak hanya dari sudut pandang ekologi, pendidikan dan sosial budaya, tetapi juga dari sudut pandang kesenangan dan ekonomi. “Tujuannya untuk melayani kesejahteraan warga dan mengurangi kemiskinan,” katanya kemarin (13 Oktober).

Ia menambahkan, pemerintah kabupaten melalui Kementerian Pariwisata Pemuda dan Olahraga terus mendorong penguatan desa wisata. Terutama dalam mengelola dan mengembangkan pariwisata berbasis budaya lokal. Dengan cara ini, pelestarian nilai-nilai budaya dan kearifan lokal tetap terjaga.

Adi menjelaskan desa wisata yang baik mampu mengembangkan peluangnya. Untuk itu, kawasan pariwisata diharapkan mampu mengatasi perubahan saat ini. “Dan dapat menjaga kelestarian desa, baik secara ekologis, budaya maupun ekonomi,” harapnya.

Kemenko PMK Didik Suhardi, Deputi Koordinator Bidang Revolusi Mental, Pembinaan Prestasi Budaya dan Olahraga, mengatakan persentase pengusaha di Indonesia semakin meningkat. Namun, negara ini masih membutuhkan pengusaha baru. “Dan itu yang kita harapkan dari desa,” kata Didik.

Menurutnya, literasi di desa sangat penting. Jika dilihat masih banyak potensi yang belum dioptimalkan. Saat ini desa seharusnya tidak lagi memposisikan dirinya sebagai objek tetapi sebagai subjek pembangunan.

Ia berharap pemerintah kabupaten terus mendorong pembangunan desa. Tidak hanya perusahaan besar tetapi juga para pengusaha baru atau muda dari tanah air nantinya akan turut andil dalam pembangunan ini. (aya/din)

Source: radarjogja.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button