Ada wisata Pantai Gading Purba di dekat Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Ada wisata Pantai Gading Purba di dekat Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Solopos.com

SOLOPOS.COM – Suasana Pantai Gading Wonogiri tempo dulu. (Spesial/Instagram @nissaekka)

Solopos.com, WONOGIRI — Kabupaten Wonogiri seakan tak ada habisnya dalam menyuguhkan tempat wisata yang menarik bagi wisatawan. Salah satunya yaitu Pantai Gading tua yang dekat dengan objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri.

Dikutip dari situs pointyou.co, Senin (26/12/2022), lokasi Pantai Gading Purba ini berada di sisi utara WGM Wonogiri (sekitar 1 km). Pantai Gading Purba terletak di Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Green Tokopedia Promotion mengajak UMKM dan Pemda untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Obyek wisata ini merupakan wisata alternatif di sekitar WGM Wonogiri.

“Konsep awalnya adalah tempat makan. Kemudian kita kembangkan menjadi tempat wisata. Karena dekat genangan air dari Waduk Gajah Mungkur,” kata Sugiyanto, manajer wisata.

Untuk sampai ke spot di tepi genangan air, berjalanlah sekitar 100 meter menyusuri jalan setapak dari kios makanan. Setelah melewati lorong-lorong yang terbentuk secara alami dari tumpukan batu besar yang berserakan, Anda bisa melihat hamparan luas kubangan air WGM.

Baca Juga: Sejarah Surga Wonogiri, dari Panembahan Senopati Mataram hingga Sekarang

Anda juga bisa naik perahu untuk berlayar di sekitar perairan WGM. Nikmati semilir angin sepoi-sepoi dan renungkan indahnya panorama alam sambil menyantap makanan khas Wonogiri.

Menu yang disajikan sangat sederhana seperti nasi bancakan khas penduduk desa. Uniknya, menu pesanan diantarkan ke lokasi pengunjung melalui tali yang direntangkan dari stand.

Sugiyanto menjelaskan ide pembuatan tempat wisata ini berawal dari adanya pandemi Covid-19.

“Karena pandemi, warung sepi. Makanya kami membuat inovasi baru agar bisnis kami berjalan kembali,” kata Sugiyanto.

Baca Juga: WGM Wonogiri Revitalisasi, Pengunjung Biasa Mencapai Ribuan Orang Saat Akhir Pekan

Di stand makanan ini, pengunjung bisa berswafoto di bebatuan besar dan di pinggir sungai. Pengelola juga menyediakan spot yang bagus untuk foto.

Meski baru berdiri dua tahun, konsep stan wisata ini sudah banyak diminati wisatawan lokal maupun luar kota. Dengan biaya yang relatif murah, Anda sudah bisa menikmati pemandangan yang indah.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button