Dapatkan Pasokan Vaksin, Dinas Kesehatan Ciamis buka kembali layanan vaksinasi Covid-19 - WisataHits
Jawa Barat

Dapatkan Pasokan Vaksin, Dinas Kesehatan Ciamis buka kembali layanan vaksinasi Covid-19

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis telah menerima 200 vial atau 2.400 vaksin Covid-19 jenis Pfizer. Kini Dinas Kesehatan Ciamis telah membuka kembali layanan vaksinasi di Puskesmas. Sebelumnya, layanan dihentikan karena stok habis.

Kepala Dinas P2P Dinas Kesehatan Ciamis, Acep Joni, memastikan warga sudah bisa kembali ke Puskesmas untuk menerima vaksin. Untuk saat ini, bagaimanapun, layanan vaksinasi khusus untuk dosis ketiga atau booster.

“Vaksin ini untuk dosis booster. Yang butuh penyegaran bisa ke Puskesmas,” kata Acep, Jumat (10/4/2022).

Mengingat ketersediaan vaksin yang terbatas, layanan vaksinasi Covid-19 dilakukan atas permintaan masing-masing Puskesmas. Di Puskesmas Panumbangan misalnya, telah mengumumkan pembukaan kembali layanan melalui media sosial Dinas Kesehatan Ciamis.

Layanan ini buka pada hari Senin dan Kamis mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Syaratnya cukup membawa KTP dan surat keterangan vaksinasi sebelumnya.

“Intinya, kami mendistribusikan vaksin ini ke 37 Puskesmas. Jadi setiap ada permintaan, kami akan kirimkan langsung ke Puskesmas,” ujarnya.

Sedangkan pencapaian vaksin Covid-19 hingga 2 November 2022. Dosis 1 mencapai 84,31 persen, dosis 2 mencapai 72,85 persen, dosis 3 mencapai 44,87 persen, dan dosis 4 mencapai 20,15 persen.

Sebelumnya, sejumlah daerah di Jawa Barat sudah kehabisan vaksin Covid-19, termasuk Kabupaten Ciamis. Karena persediaan vaksin yang kosong, layanan vaksinasi di semua puskesmas dihentikan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Ciamis, Acep Joni, membenarkan stok vaksin di Ciamis sudah kosong dalam dua pekan terakhir.

“Sudah dua minggu sejak persediaan vaksin di gudang apotek kabupaten habis. Sehingga layanan vaksinasi sementara tidak bisa berjalan,” kata Acep Joni. (Ayu/CN/Djava hari ini)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button