Daftar Destinasi Wisata di Jombang, Memiliki Kekayaan Alam Yang Indah! - WisataHits
Jawa Timur

Daftar Destinasi Wisata di Jombang, Memiliki Kekayaan Alam Yang Indah!

Jombang merupakan salah satu daerah yang jarang terdengar di Jawa Timur, namun banyak juga yang mengenalnya sebagai kota Santri. Kota Santri terkenal sebagai tempat kelahiran mendiang mantan Presiden keempat Indonesia, Kyai Haji Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur.

Sayangnya, Jombang mungkin masih terdengar asing di telinga para pelancong, meski sebenarnya kota ini memiliki beberapa destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Lantas, potensi wisata apa saja yang bisa Anda jelajahi di Jombang? Ayo, hipwee mengajak anda menjelajahi kekayaan Kabupaten Jombang satu persatu!

1. Bioskop Kedung

Destinasi wisata Jombang

Kedung Cinemat via jombangcityguide.blogspot.com

Pernahkah Anda menjelajahi keindahan Green Canyon di Pangandaran, Jawa Barat? Nah, di hutan Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, ada Kedung Cinet yang akan mengingatkan kita pada Green Canyon versi mini. Untuk mencapainya Anda harus menyusuri jalan beraspal yang berlubang dan cukup rusak di sana-sini. Cukup merepotkan saat hujan karena jalanan berlumpur dan berlumpur.

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan suasana hutan dan luasnya ladang milik masyarakat setempat. Anda juga harus melewati jembatan gantung lama sebelum mencapai Kedung Cinet. Sesampai di sana, Anda bisa menikmati pemandangan ngarai kecil dengan air kehijauan.

2. Daerah Wonosalam

Ketika Anda datang ke Jombang, pergilah ke Santri di sisi tenggara kota ini. Anda akan menemukan daerah dataran tinggi bernama Wonosalam yang terletak di lereng Gunung Arjuno. Berikut beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di sana.

sebuah. Air Terjun Tretes

Destinasi wisata Jombang

Air Terjun Tretes via www.beritajombang.net

Tidak banyak yang tahu bahwa Jombang memiliki air terjun yang konon tertinggi di Jawa Timur. Terletak di Desa Galengdowo Kecamatan Wonosalam, Air Terjun Tretes tersembunyi di balik rimbunnya hutan lindung yang hijau. Dengan dua air terjun yang mencapai ketinggian 158 meter dan berada di ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut, bisa dibayangkan betapa kerennya air terjun Tretes ini?

b. Kawasan wisata Sigolo-Golo

Destinasi wisata Jombang

Rute pendakian akar ke Gua Sigolo Golo via alidabdul.wordpress.com

Wanawisata Sigolo-Golo yang terletak di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kabupaten Wonosalam ini terkenal dengan goa alamnya yang bernama Goa Sigolo-Golo. Mencapai gua ini merupakan tantangan tersendiri karena Anda harus menuruni jalan yang curam. Bahkan, Anda harus memanjat akar, yaitu memanjat dengan berpegangan pada akar pohon. Meski terjal, goa ini unik dan sering digunakan anak muda untuk bercinta.

Masih di area yang sama ada sebuah tempat bernama Bulu View dimana Anda bisa melihat panorama indah pegunungan dengan lereng hijau dan Sungai Boro. Di Sungai Boro Anda bisa mencoba arung jeram atau sekedar menikmati keindahan sungai.

c. Gua Sriti

Destinasi wisata Jombang

Gua Sriti via blog.ub.ac.id

Selain Gua Sigolo-Golo, ada juga Gua Sriti yang tak kalah menarik. Medan menuju goa ini tidak seekstrem Gua Sigolo Golo. Hanya saja harus melibas jalan yang panjang dan berliku. Namun, perjalanan Anda tidak akan terasa berat karena Anda akan disuguhi pemandangan yang mempesona.

yaitu Nikmati Bido Durian

Destinasi wisata Jombang

Bido Durian khas Jombang via jombangcityguide.blogspot.com

Jika Anda penikmat durian sejati, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba durian bido, yang merupakan endemik Wonosalam. Buah durian bido berbentuk agak lonjong dan memiliki warna kulit coklat kehijauan atau keabu-abuan. Dagingnya cukup tebal dan halus dengan hampir tidak ada biji.

Puncak panen durian ini biasanya terjadi pada bulan Januari. Pada saat ini, para pedagang durian menyebar lapaknya di jalan-jalan. Cicipi sensasi menyeruput durian asli sambil memandangi panorama pegunungan yang terhampar luas.

3. Pemandian Sumberboto

Destinasi wisata Jombang

Sumberboto memorial via pixabay.com

Pemandian Sumberboto ini dulunya merupakan pemandian peninggalan Majapahit yang kurang terawat. Namun, tempat ini kemudian diubah menjadi objek wisata dengan kolam renang alami, perkemahan dan jalur perjuangan pasukan Wanara selama Perang Revolusi.

Mengapa ada monumen perang di sini? Pasalnya, tempat ini pernah dijadikan sebagai pos senjata pasukan Wanara. Di sini bom Jepang dirakit kembali menjadi bom dan granat untuk mengusir penjajah. Sayangnya terjadi peristiwa ledakan yang menewaskan 5 tentara sehingga didirikan tugu Sumberboto untuk memperingati peristiwa tersebut.

4. Candi Rimbi

Destinasi wisata Jombang

Kuil Rimbi tentang twitter.com

Mungkin agak miris saat pertama kali melihat candi Rimbi ini. Arsitekturnya sudah setengah jalan. Beberapa pecahan andesit yang membentuk candi ini berjejer di sekitar candi. Candi ini konon merupakan representasi Ratu Tribhuwana Tunggadewi, seorang ratu yang pernah memerintah kerajaan Majapahit.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi candi ini, datanglah ke Dusun Ngrimbi, Desa Pulosari, Kecamatan Bareng. Dari sana Anda bisa melihat panorama indah Gunung Anjasmoro.

5. Pesantren Tebuireng yang terkenal untuk sementara waktu kemudian ke makam Gus Dur

Destinasi wisata Jombang

Makam Gus Dur di kompleks Pesantren Tebuireng via insta20.com

Ada banyak pesantren terkenal di Jombang; Oleh karena itu Jombang dikenal sebagai kota Santri. Salah satu pesantren yang terkenal adalah Pesantren Tebuireng yang terletak di Desa Cukir, Kecamatan Diwek. Di kompleks pondok pesantren ini terdapat makam Gus Dur.

Meski belum lama menjabat sebagai presiden, Gus Dur merupakan salah satu tokoh penting di Indonesia. Gus Dur dipandang sebagai reformis yang mengembalikan harkat dan martabat etnis Tionghoa setelah sekian lama terpenjara di pemerintahan Orde Baru. Nah, kalau berkunjung ke Jombang tidak ada salahnya kemudian dan berziarah ke mantan Presiden Republik Indonesia, kan?

6. Kerajinan Manik-manik, Desa Gambang

Destinasi wisata Jombang

Kerajinan Manik-manik Kaca dari Desa Gambang, Jombang via jombangcityguide.blogspot.com

cinta kerajinan? Jombang merupakan produsen kerajinan tangan yang unik yaitu berbagai aksesoris manik-manik kaca. Pusatnya terletak di Desa Kerajinan Manik-manik Kaca Jombang, Desa Gambang, Kecamatan Gudo.

Di sini Anda bisa melihat hasil kerajinan tangan, membeli manik-manik kaca sebagai oleh-oleh, melihat proses pembuatannya dan mencoba merangkainya menjadi gelang dan kalung. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena produk ini telah menjadi salah satu ekspor utama Jombang.

7. Nikmati Sego Kikil dan Soto Dok

Destinasi wisata Jombang

Soto Dok Jombang via www.pesonangeri.com

Ya, tidak ada penyesalan pulang dari Jombang tanpa berusaha sego kikil dan soto dermaga. Sego Kikil adalah jajanan khas berupa nasi dengan irisan Kerikil, Betis sapi dimasak dengan saus campur Kain atau nangka muda. Masakan lezat ini bisa Anda temukan di kawasan Mojosongo, Kabupaten Diwek.

Ada juga Soto yang menjadi identitas Kota Jombang yaitu Soto dermaga. Sebelum menikmati jajanan ini, persiapkan hati agar tidak kaget. soto dermaga adalah soto daging sapi dengan kuah kuning dengan rasa yang mirip dengan soto lamongan dan dengan bumbu rahasia seperti kecap. Yang mengejutkan saya adalah bumbu rahasia yang disajikan dalam botol itu sengaja diinjak di atas meja, membuat suara “DOC!”. yang pasti akan mengejutkan pembeli.

Bagaimana dengan ini, ternyata potensi wisata di Jombang cukup menarik untuk dijelajahi bukan? Apakah Anda punya tempat wisata populer lainnya di Jombang yang belum disebutkan di artikel ini?

Source: www.hipwee.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button