Daftar 10 hidangan lezat khas Hongaria termasuk Gelato Rosa dan Somloi Galuska - WisataHits
wisatahits

Daftar 10 hidangan lezat khas Hongaria termasuk Gelato Rosa dan Somloi Galuska

Meski belum banyak diketahui orang, Hungaria merupakan salah satu negara tertua sekaligus kawasan wisata terbaik di benua Eropa, terutama di bagian timur.

Selain menampilkan bangunan berdesain unik, negara dengan ibu kota Budapest ini juga menawarkan sejumlah hidangan tradisional yang sangat lezat.

Berkunjung ke Hungaria sangat disayangkan jika Sobat JejakPiknik datang ke negara ini tanpa mencicipi kuliner khasnya yang akan membuat kita ketagihan.

Dan inilah beberapa daftar makanan khas Hungaria yang patut Anda coba saat berkunjung ke negara tersebut.

1. Gulai

Foto oleh superadventure.co.id

Nama hidangan khas Hungaria yang pertama adalah Goulash, salah satu kuliner yang nikmat berupa sup yang terbuat dari berbagai macam daging, kentang, paprika dan wortel. Dan tentunya jangan lupa, sentuhan bumbu yang khas.

Goulash sendiri merupakan salah satu lambang negara yang namanya diambil dari kata Hungaria “gulyas” yang berarti penggembala.

Nah, penasaran dengan rasanya? bagi yang ingin memanfaatkannya, aula besar adalah tujuan terbaik. Selain enak, harganya juga Goulash di tempat modern ini harganya hanya sekitar 40-50 ribu per porsi.

2. Lango

Foto oleh gotravelly.com

Nah, buat sahabat JejakPiknik yang suka cemilan berupa kue, makanan khas Hungaria bernama langos ini jadi salah satu cemilan wajib.

Langos sendiri terbuat dari tepung terigu, ragi, susu, gula dan garam. Kue ini berbentuk pipih dan biasanya digoreng goreng.

Rasanya terdiri dari dua varian, ada yang manis dan gurih dengan pilihan isian yang berbeda, bisa berupa daging, keju parut, krim asam, kacang atau coklat.

Untuk mendapatkannya tidak sulit, Sobat JejakPiknik juga bisa menemukannya di Aula Besar di Budapest, Vamhaz 1-3, Hongaria. Di sini, harga langos sekitar 500 HUF (Rp 24.000) per biji.

3. Retes (Strudel)

Foto oleh vienapastry.blogspot.com

Makanan selanjutnya ini merupakan salah satu jenis jajanan yang paling mudah ditemukan di benua Eropa, termasuk di Hungaria.

Kue yang disebut retes atau strudel ini biasanya diisi dengan berbagai jenis bahan, bisa berupa apel, ceri, keju atau lainnya. Di Indonesia, makanan ini juga mulai dijual di beberapa kota, misalnya di Malang.

Retes atau strudel juga banyak dijual di Aula Besar di Budapest, Vamhaz 1-3, Hongaria. Mengenai harga, anggaran yang dibutuhkan hanya sekitar 230HUF (11.000 Rp.) per biji.

4. Gelar ke Rosa

Foto oleh tripadvisor.co.id

Makanan khas Hungaria selanjutnya adalah Gelato, sejenis makanan penutup atau makanan penutup yang bentuknya seperti es krim dan biasanya disajikan dengan bentuk yang cukup unik sehingga menarik.

Es krimnya sendiri hadir dalam berbagai rasa dan tampilan yang paling sering disajikan adalah es krim berbentuk bunga seluas satu hektar.

Dan salah satu tempat yang menyajikan rasa gelato terbaik ada di toko es krim di depan. Basilika Santo Stefanus di Budapest, Szent Isvant Ter 1, Hongaria. Di tempat terkenal ini, harganya sekitar 600 HUF (29.000 Rp).

5. Halaszle

Berdasarkan foto dari idntimes.com

Lalu di sana halaszlesalah satu hidangan terpenting adalah sejenis goulash yang dimasak dalam ketel di atas api dengan bahan utama ikan sungai dan paprika.

bernama sup ikan Halazzle variasinya banyak, bisa ikan mas yang kental atau bahkan berbagai jenis ikan.

Penasaran ingin mencicipinya? Nah Sobat JejakPiknik silahkan datang Taman Duna dekat sungai Dunabé tepatnya di Viziport utca 12-18, Budapest. Untuk harga, Anda tidak perlu khawatir karena masih mudah digunakan.

6. Fozelek

Foto oleh nutsetnoix.com

Fozelek merupakan masakan khas Hungaria yang tidak hanya unik dan sehat tetapi juga praktis dan sangat mudah dibuat karena bahannya sendiri hanya terdiri dari sayuran.

Bahan utama masakan rumahan ini biasanya adalah kentang, kacang polong, lentil dan wortel yang kemudian dicampur dengan tepung dan krim asam hingga membentuk saus yang kental.

Bagi yang ingin mencicipi rasa terbaik, Fozelekfalo Etelbar di Nagymezo ucta 18, Budapest adalah tempatnya. dari segi harga, hanya sekitar 380HUF (Rp. 18.000) per porsi. Tidak mahal kan?

7. Somloi Galuska

Foto oleh gotravelly.com

Makanan penutup berbentuk bulat yang lezat dan sempurna ini dikenal sebagai Somloi Galuska, sejenis kue bolu yang dilapisi dengan krim cokelat, biji kenari, rum, dan krim kocok.

Saat berkunjung ke Hongaria, somloi galuska menjadi salah satu makanan ringan yang wajib dicoba. Pasalnya, kue ini dinobatkan sebagai hadiah kuliner terbaik di Universal Exhibition di Brussel.

Dan salah satu tempat terbaik yang menyajikan somloi galuska terlezat adalah Restoran Gundel di Allatkerti Ut 2, Budapest. Untuk harga, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar 500HUF atau 24.000 per porsi.

8. Babi

Foto oleh kaskus.co.id

Babi adalah sejenis masakan Hongaria yang mirip dengan rendang, hanya saja masakan ini tidak dibumbui sama sekali, melainkan paprika bubuk dan pasta tomat.

Sekilas, porkolt juga tidak jauh berbeda dengan goulash. Tekstur dagingnya yang begitu empuk dan rasanya yang begitu menggoda menjadi salah satu hidangan favorit orang Hungaria.

Jika Anda ingin mencicipinya, Anda bisa datang Nancsi Neni Vendegloje di Ordogarok U.80, kota Budapest. Di tempat bernuansa otentik ini, harga seporsi daging babi hanya sekitar 190 ribuan saja.

9. Dobo Tortes

Berdasarkan foto dari idntimes.com

Dobo Tortes merupakan menu khas Hungaria yang terbuat dari kue bolu berlapis cokelat krim mentega dan ditaburi karamel.

Kue mewah yang disajikan oleh Jozsef C. Dobos rasanya luar biasa dan terkenal sebagai makanan penutup paling enak di Hongaria.

Dan Kafe dan restoran Zila di Ulloi Ut 452, Budapest adalah tempat terbaik untuk menikmatinya. Untuk harga jangan khawatir, masih sangat bagus.

10. Kurtos Kalacs

Foto oleh alowisata.com

Akhirnya, ada Kurtos Kalacs adalah kue khas Hongaria yang terbuat dari adonan ragi yang dimasak di atas arang dan biasanya dilapisi dengan gula, bubuk kayu manis, atau kacang.

Sahabat JejakPiknik bisa menemukan cupcake ini di Kurtoscalacs Kavezo di Vaci Ucta 31, Budapest dan harganya biasanya sekitar 1000-1500HUF (Rp.48.000-Rp.73.000) per kue.

Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!

Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat pembuatan artikel ini. Jika ada perubahan terbaru yang Anda ketahui, beri tahu kami agar dapat segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik bisnis dan ingin disertakan dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: alamat, nomor telepon, whatsapp dan informasi tambahan lainnya.

Parlindungan Sinabtar nama lengkapnya. Memiliki pengalaman menulis sejak 2018. Pria yang gemar travelling ini adalah seorang penulis asal Durung, Medan. Selain berwirausaha, beliau juga aktif menulis.

Source: jejakpiknik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button