Dosen Universitas PGRI Kanjuruhan Malang kembangkan digitalisasi kelompok disabilitas - WisataHits
Jawa Timur

Dosen Universitas PGRI Kanjuruhan Malang kembangkan digitalisasi kelompok disabilitas

Dosen Universitas PGRI Kanjuruhan Malang kembangkan digitalisasi kelompok disabilitas

Malang (beritajatim.com) – Sebagai wujud Tridharma, dosen Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) melakukan penelitian terhadap kelompok penyandang disabilitas. Tim peneliti dipimpin oleh drg. Roni Alim Ba’diya Kusufa, M.Pd, terdiri dari Iva Nurdiana N., SE., MM; dan Sri Wilujeng, SE., MM berhasil lolos dalam Lomba Riset Ilmiah Nasional Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun anggaran 2021-2022 melalui program penelitian kemanusiaan.

Ketua Tim Roni Alim Ba’diya menjelaskan bahwa penelitian ini merupakan wujud dari Tri Dharma Dosen. “Penelitian ini merupakan perwujudan dari Tridharma Dosen yang meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini dibiayai oleh LPDP yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan fakultas di seluruh perguruan tinggi,” kata Roni Alim dalam paparannya, Rabu (3/8/2022).

Penelitian dilakukan di Desa Turirejo, Kecamatan Lawang dengan judul Kerangka Kajian Sosioetnografi: Pengembangan Digitalisasi Desa Wisata Kaki Gunung Wedon di Masa Pandemi Covid-19. Studi sosio-etnografi fokus pada kelompok penyandang disabilitas dalam aktivitas sehari-hari.

Dr. Roni Alim mengungkapkan bahwa topik penelitian dilatarbelakangi oleh stigma kelompok difabel, kurangnya ruang dan perhatian publik, serta minimnya pelayanan kesehatan bagi mereka. “Stigma tersebut bermula dari keterbatasan SDM masyarakat lokal dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Roni

Sementara itu, Sri Wilujeng, salah seorang anggota tim, menjelaskan bahwa pemberdayaan kelompok disabilitas dapat mendukung pembangunan desa. “Pemberdayaan kelompok difabel secara tidak langsung dapat mendukung pengembangan desa liburan sehingga ekonomi kreatif desa dapat berjalan optimal. Oleh karena itu, kelompok difabel memiliki peran penting dan mampu menjadi individu yang mandiri dan mandiri,” jelas Sri Wilujeng.

Iva Nurdiana, dosen program studi Unikama bidang manajemen dan anggota kedua, menambahkan penelitian ini membuahkan beberapa hasil. Beberapa output yang dihasilkan antara lain desain model Peduli Anak Hebat (PAHAT), rekonstruksi mata kuliah RPS geografi ekonomi, jurnal internasional bergengsi, jurnal nasional terindeks Sinta, buku teks ISBN geografi ekonomi, kekayaan intelektual. hak kekayaan intelektual, video kegiatan penelitian dan publikasi media massa,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Turirejo, H. Arif Sumawanto, SH, MM mengapresiasi penelitian yang dilakukan tim Unikama. Kepala Desa Turirejo mendukung penuh kelompok difabel untuk mewujudkan bakat dan minatnya serta berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat sehingga sejajar dengan masyarakat luas.

“Atas nama pemerintah desa, saya siap membantu mewujudkan bakat dan minat mereka dengan membuka desa wisata ramah difabel di kaki Gunung Wedon dan camping ground serta posyandu khusus difabel.” , kata Arif Sumawanto.

Iin Indrayanti, Ketua Umum Ikatan Orang Tua Penyandang Disabilitas, juga menyampaikan harapannya. “Harapan kami kelompok penyandang disabilitas ini dapat disetarakan di berbagai bidang sesuai dengan bakat, minat dan keahliannya,” ujar Iin Indrayanti. [dan/but]

Source: beritajatim.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button