CURUG SEWU Kendal: tiket dan berbagai aktivitas - WisataHits
wisatahits

CURUG SEWU Kendal: tiket dan berbagai aktivitas

Biaya masuk Curug Sewu : Rp 15.200 – Rp 17.200Jam buka: 09.00 – 15.00Tidak. Panggilan: Alamat: Desa Wisata Curugsewu, Patean, Kendal, Jawa Tengah, Indonesia, 51364

Wisata alam menikmati air terjun tidak selalu dikaitkan dengan perjalanan yang penuh rintangan dan tantangan. Objek wisata Air Terjun Sewu yang berlokasi di Kendal, Jawa Tengah ini sebenarnya merupakan destinasi yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Anak-anak hingga orang tua bisa melihat langsung keindahan air terjun tertinggi di Jawa Tengah ini dan menikmati fasilitas hiburan yang tersedia, seperti kolam renang dan taman bermain. Semua itu bisa dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sewu Kendal

Curug Sewu memiliki biaya masuk yang terjangkau. Pengunjung akan dikenakan dua harga tiket terpisah untuk kawasan wisata ini.

Biaya masuk
Tiket masuk hari biasa Rp 15.200
Tiket masuk Sabtu – Minggu dan hari libur nasional Rp 17.200

Baca: Tiket Masuk VALLEY NIRWANA Kendal dan Ragam Wahananya

Jam operasional

Kawasan wisata air terjun dibuka untuk umum setiap hari. Namun karena ini adalah wisata alam dengan mayoritas kawasan hutan, objek wisata ini ditutup sebelum gelap demi alasan keamanan.

Jam buka
Setiap hari 09.00 – 15.00 WIB

Air Terjun Sewu

Gerbang Curug SewuGerbang kedatangan Curug Sewu di desa Curugsewu, Kendal – Foto: Google Maps: Fadjar Rianto

Curug Sewu adalah salah satu tempat wisata utama di Kendal di Desa Wisata Curugsewu. Air terjun ini memiliki ketinggian total 80 meter dengan bentuk berundak. Fakta ini menjadikan Curug Sewu sebagai air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Selain menikmati keindahan panorama alam yang mengelilingi air terjun, pengunjung memiliki banyak pilihan berwisata di kawasan ini. Tak heran jika disini populer sebagai destinasi wisata alam untuk keluarga.

Baca: 6 Air Terjun Cantik di Jawa Tengah

Panorama Curug Sewu

Panorama Curug SewuPemandangan Curug Sewu di tengah hutan – Foto: Google Maps: Lisa KusumaWati

Kawasan Wisata Air Terjun Sewu berada di ketinggian 650 mdpl, dikelilingi oleh hutan. Hal ini membuat udara di sekitarnya sejuk dan menyegarkan. Perjalanan menuju objek wisata ini tidak terasa melelahkan meski harus menempuh jalur pegunungan yang berkelok-kelok. Kondisi jalan mulus dan dihiasi deretan perkebunan hutan pinus yang akan menyegarkan mata.

Baca: Air Terjun Sekar Langit Wisata Legan Jaka Tarub

Obyek wisata air terjunnya sendiri berada di tengah kawasan hutan wisata yang berada di bawah pengelolaan Perhutani Kendal. Setelah melewati gerbang masuk, pengunjung bisa langsung menuju pos pengamatan untuk menikmati panorama air terjun dari ketinggian. Begitu memasuki gerbang, pengunjung akan langsung mendengar suara air mengalir di kejauhan.

Munthuk JambeMunthuk Jambe menjadi spot favorit untuk menikmati pemandangan di Curug Sewu – Foto: Google Maps: Ridwan Firmansyah

Pengunjung dapat melihat panorama air terjun dari pos pengamatan Munthuk Jambe. Dari sini Anda akan melihat dengan jelas bentuk air terjun yang berjenjang. Tingkat tertinggi tingginya 40 meter, tingkat kedua sekitar 15 meter dan tingkat ketiga 20 meter.

Setelah menikmati pemandangan hamparan hutan dan air terjun dari atas, pengunjung bisa melihat air terjun dari dekat. Pengunjung cukup menuruni tebing menuju kawasan hutan. Karena arus airnya sangat deras, wisatawan tidak diperbolehkan terlalu dekat dengan Curug Sewu.

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Jenggala dan Tempat Wisata

Beragam spot foto

Tempat fotoSpot foto berbentuk tangan menghadap air terjun Sewu – Foto: Google Maps: Yusuf Khamami

Keistimewaan lain dari kawasan wisata Curug Sewu adalah tersedia berbagai spot foto menarik. Tempat yang paling mencolok tentunya pos pengamatan Munthuk Jambe. Munthuk Jambe adalah kawasan tepi tebing yang telah ditata dengan pagar pengaman berwarna-warni. Dari sini, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan hutan dan air terjun yang menakjubkan dari ketinggian.

Di dekat Munthuk Jambe juga terdapat spot lain yang tak kalah unik. Noda ini berbentuk seperti tangan besi raksasa berwarna merah. Pengunjung dapat mengabadikan keindahan pemandangan alam di sini.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana River Walk Boja Kendal

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah tugu Vespa raksasa yang menyambut wisatawan di pintu masuk. Replika Vespa dengan tinggi sekitar 2 meter ini sudah ada sejak tahun 2008. Keberadaan Vespa raksasa ini mengingatkan pada acara Jambore Nasional Vespa yang berlangsung di sini. Saat ini tugu ini menjadi salah satu keistimewaan Curug Sewu dan menjadi spot foto unik yang menjadi favorit pengunjung.

Tempat bermain

Vespa RaksasaTugu Vespa raksasa yang menjadi tugu peringatan Jambore Vespa – Foto: Google Maps: Black Vendetta

Curug Sewu merupakan kawasan wisata yang cocok untuk dijadikan tujuan liburan keluarga. Selain mengenalkan anak pada keindahan alam, pengunjung juga bisa memanfaatkan taman bermain yang ada. Taman bermain ini memiliki beragam permainan mulai dari ayunan hingga kereta mini.

Setelah bermain, tidak ada salahnya untuk menenangkan diri. Anak-anak dapat mencoba fasilitas kolam renang yang tersedia. Berenang di kawasan pegunungan dengan pemandangan alam pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Sebelumnya, air terjun ini juga memiliki kebun binatang mini. Namun, kebun binatang ini sudah tidak beroperasi lagi. Banyaknya satwa yang tidak terurus menjadi salah satu penyebab ditutupnya kebun binatang ini.

Aktifitas lain

Air Terjun SewuDengan total ketinggian 80 meter, Curug Sewu merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah – Foto: Google Maps: Frans Mada

Selain panorama alam dan sarana hiburan untuk anak-anak, di sini juga dilengkapi fasilitas lainnya. Panggung hiburan dan ruang pertemuan termasuk di antaranya. Ada juga lapangan tenis serta gites.

Sebagai kawasan hutan, beberapa kera diperbolehkan berkeliaran di kawasan wisata ini. Pengunjung boleh memberi makan monyet asalkan tidak lengah. Jika dibiarkan, monyet tidak akan mengganggu. Namun, pengunjung harus selalu berhati-hati dan waspada dalam menjaga barang-barang pribadi mereka.

Memasang Air Terjun Sewu

Curug Sewu terus mengalami peningkatan dalam penyediaan fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut terdiri dari tempat parkir yang luas, mushola, toilet, kamar mandi dan berbagai warung makan. Fasilitas hiburan yang tersedia antara lain kolam renang, lapangan tenis, gedung pertemuan, akomodasi, panggung hiburan, dek observasi dan taman bermain anak dengan berbagai wahana. Kebun binatang mini yang dulu ada kini ditutup karena kurang perawatan.

Lokasi Air Terjun Sewu

Obyek wisata air terjun ini terletak di Desa Wisata Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Lokasinya kurang lebih 40 kilometer sebelah selatan kota Kendal.

Lokasi dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan akses jalan beraspal yang mulus. Dari Kendal ada dua jalur yang bisa dipilih yaitu jalur barat dengan jalur Weleri – Sukorejo. Sedangkan dari timur jalan Boja–Patean.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button