Hutan Pinus Asri, Spot Foto Instagrammable Dengan Pemandangan Alam Yang Memukau Di Bantul - WisataHits
wisatahits

Hutan Pinus Asri, Spot Foto Instagrammable Dengan Pemandangan Alam Yang Memukau Di Bantul

Hutan Pinus Asri, Spot Foto Instagrammable Dengan Pemandangan Alam Yang Memukau Di Bantul
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Jl.Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Bagi wisatawan yang ingin berburu spot foto kekinian, cobalah ke kawasan Dlingo Bantul. Yang direkomendasikan adalah Hutan Pinus Asri. Tempat ini memiliki berbagai macam spot yang jika diabadikan menjadi sangat indah.

Letak geografis yang asri dari kunjungan tersebut, dengan banyaknya pepohonan dan pemandangan pegunungan membuat suasana semakin asri. Tanpa melupakan pesona hutan pinus yang menyuburkan foto-foto wisata.

Tak heran jika aktivitas anak muda saat ini banyak mengabadikan momen di akun media sosial. Lebih banyak suka dan komentar jika fotonya indah. Makanya, banyak yang pergi ke tempat ini untuk selfie atau menikmati pemandangan.

Atraksi Hutan Pinus Asri

Daya tarik hutan pinus yang indahKredit gambar: Google Maps vita asih

Perlu diketahui, kunjungan yang diberi nama Gardu Pandang Pinus Asri ini terbilang baru, karena baru diresmikan tahun 2017 kemarin. Lokasinya berada di kawasan hutan asri yang terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan dan mengundang decak kagum bagi semua orang yang berkunjung.

1. Banyak Spot Foto Instagramable

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak spot foto yang Instagramable. Pertama, kita akan membahas pemandangan spot deck hutan pinus. Wisata ini dulu dikenal dengan nama Hutan Pinus Mangunan.

Saat berada di sini, wisatawan tidak hanya mendapatkan foto yang bagus, tetapi juga merasakan suasana seperti di hutan Pacific Northwest. Ini karena keindahan pohon pinus yang menjulang tinggi diselimuti kabut tipis.

Jadi, jangan heran kalau vibes di sini lumayan keren. Disarankan untuk membawa pakaian hangat atau jaket.

2. Pemandangan matahari terbit yang indah

Selain spot foto yang Instagramable, wisatawan juga akan disuguhkan tempat unik untuk melihat matahari terbit. Promotor pariwisata menyebutnya sebagai pos pengamatan. Tempat ini mendapat sedikit sentuhan artistik untuk menonjolkan kesan natural dan klasik.

Pengunjung dapat melihat matahari terbit dari atas hanya dengan duduk. Jangan khawatir karena bangunan pos pengamatan di Hutan Pinus Asri terbuat dari kayu jati asli sehingga sangat kokoh dan memberikan rasa aman bagi wisatawan.

Banyak wisatawan yang mengabadikan pesona keindahan alam dari tempat yang menguntungkan ini. Tidak hanya berswafoto dengan latar belakang hutan dan gunung, tetapi juga hamparan cakrawala matahari yang luar biasa.

Namun, disarankan untuk tidak memikirkannya! karena pasti banyak turis lain yang mengantri untuk berfoto. Jika ingin lebih puas, datanglah di saat pengunjung belum banyak. Contohnya adalah hari kerja.

3. Cocok untuk anak-anak

Meski kawasan wisata Hutan Pinus Asri mengusung konsep alam dan berada di dataran tinggi, namun tetap cocok untuk anak-anak. Wisatawan bisa melengkapinya dengan baju tebal atau baju hangat agar tidak kedinginan.

Hati-hati dan selalu awasi gerak-gerik si kecil! apalagi di pos pengamatan, karena pembatasnya tidak cukup tinggi dan bisa dijangkau oleh anak-anak.

Nah itulah beberapa atraksi yang akan ditemui wisatawan saat berwisata ke sana. Berdasarkan objek wisata tersebut, hingga kini masih banyak wisatawan yang berkunjung, terutama di akhir pekan. Jadi pemandangan antrean foto di banyak tempat adalah hal yang wajar, bukan!

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Hutan Pinus AsriKredit gambar: Google Maps Ibrohim Hanafi

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Hutan Pinus Asri harus mengetahui dimana lokasi atau lokasi sebenarnya. Jangan nyasar jauh dari kota, ternyata tersesat dan tidak tahu harus kemana.

Kawasan wisata ini terletak di Jalan Raya Hutan Pinus Nganjir, Karangasem, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau ditanya jam berapa tempat ini buka? Jawabannya jam 06:00 WIB – 18:00 WIB. Jadi pengunjung selalu bisa melihat matahari terbit dan terbenam.

Rutenya, jika wisatawan berada di pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 22 km untuk sampai ke tempat ini. Waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan. Jika Anda pernah mengunjungi bukit Mojo, jalan hutan pinus hampir sama dengan tempat tujuan wisata.

Tinggal mengarahkan kendaraan ke arah selatan menuju Terminal Giwangan, lalu lurus melewati Jalan Imogiri ke arah timur. Nah, sesampainya di Pasar Imogiri, arahkan kendaraan ke kiri. Nanti akan menemui makam raja-raja.

Namun sebelum sampai di makam belok kanan lebih tepatnya ke arah Kebun Buah Mangunan. Ikuti saja jalan beraspal hingga menemukan kawasan Proyek Budaya Mangunan. Belok kiri dan hutan pinus Asri sangat dekat.

Kabar baiknya, pihak pengelola wisata belum menentukan harga tiket masuknya. Di satu sisi, itu selalu gratis. Namun setiap wisatawan yang datang akan dikenakan biaya parkir jika menggunakan kendaraan pribadi.

Sepeda motor dibandrol dengan harga Rp 2.000 sedangkan mobil dengan harga Rp 10.000. Sangat murah bukan?

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Hutan Pinus Asri Bantul

Aktivitas menarik di Hutan Pinus Asri BantulKredit gambar: Google Maps Lia 2019

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pada bagian tempat wisata, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Ambil Selfie

Banyak spot foto yang menarik seperti pemandangan alam, pegunungan, hutan pinus saat matahari terbit, tentunya sayang untuk dilewatkan. Selain itu, semuanya sangat instagramable dan bisa diunggah ke jejaring sosial manapun.

Wisatawan bisa berswafoto, selfie atau bersama orang tersayang. Lebih bagus lagi jika ada kabut tipis. Hasil fotonya akan menginspirasi siapapun yang melihatnya untuk mengunjungi hutan pinus Asri ini.

2. Lihat matahari terbit

Matahari terbit atau sunrise, bagi sebagian orang hal ini biasa terjadi. Namun jika dilihat lebih dalam, jika dilihat dari ketinggian, penampakan benda bulat di sebelah timur ini menjadi sangat indah.

Apalagi bagi mereka yang ingin mencari inspirasi, entah itu mencari jalan keluar dari suatu masalah, mengerjakan skripsi, tugas atau proyek lainnya, menikmati matahari terbit adalah pilihan yang tepat.

3. Lihat rumah Spongebob

Ternyata ada tempat baru di tempat wisata alam ini, yaitu rumah tokoh kartun favorit anak-anak, Spongebob. Tapi bukan bentuk aslinya ya, tapi hanya replika.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Hutan Pinus AsriKredit gambar: Google Maps Ethan Connor155

Jangan khawatir dengan fasilitasnya. Memang lokasinya berada di tengah hutan dan kebun buah, namun sarana dan prasarana sudah disediakan pihak pengelola, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan nyaman dan seaman mungkin. Berikut adalah beberapa:

  • Gazebo untuk wisatawan bersantai, berkumpul dan menyantap bekal yang dibawa dari rumah.
  • Tempat duduk untuk menikmati spot foto Instagrammable.
  • Akomodasi bagi mereka yang datang dari luar kota dan masih ingin berlama-lama menikmati pemandangan.
  • Tempat ibadah berupa mushola.
  • Tempat sampah yang memadai.
  • Membersihkan toilet umum.

Nah berikut ulasan lengkap tentang Kawasan Wisata Hutan Pinus Asri di Bantul. Tidak ingin pergi ke sana? Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat keindahan alam di sini!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button