Curug Cikuluwung Bogor, air terjun yang indah dengan suasana ala Green Canyon - WisataHits
wisatahits

Curug Cikuluwung Bogor, air terjun yang indah dengan suasana ala Green Canyon

Atraksi, aktivitas, lokasi, dan harga tiketAir Terjun Cikuluwung salah satu tempat wisata alam yang mencolok di Pamijahan, Bogor dengan suasana ala Green Canyon. Air terjun ini memiliki 3 kolam alami, air biru jernih dan tebing batu yang eksotis.

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Objek wisata Cikuluwung merupakan wisata alam yang saat ini sedang sangat populer di kota Bogor. Awalnya objek ini tidak banyak diketahui masyarakat, namun kecanggihan teknologi dan pengguna media sosial yang aktif membuat tempat ini semakin ramai dikunjungi.

Keindahan Air Terjun Cikuluwung sudah dikenal masyarakat luas karena lokasi dan suasananya dapat memukau siapa saja yang datang. Air terjun ini bahkan dikatakan memiliki kemiripan dengan Grand Canyon.

Curug Cikuluwung terbagi menjadi dua bagian yaitu Cikuluwung 1 yang berada di lantai atas sedangkan Cikuluwung 2 yang berada di bawah. Selain itu, tempat wisata ini telah dilengkapi dengan infrastruktur sehingga pengunjung dapat menikmati liburan yang lebih lama dan nyaman.

Daya Tarik Curug Cikuluwung

Air Terjun CikuluwungKredit gambar: Google Maps Fuad Yudellestera

1. Air terjun dengan tebing berbatu

Salah satu daya tarik dari air terjun Cikuluwung ini adalah tebing batunya yang menjulang tinggi. Walaupun umumnya air terjun ini diapit oleh tebing-tebing bumi yang ditumbuhi pepohonan hijau, air terjun ini berbeda karena diapit oleh tebing-tebing berbatu yang tinggi. Oleh karena itu, banyak yang menyebut ini sebagai grand canyon kecil versi bahasa Indonesia.

Kehadiran tebing ini membuat air terjun ini semakin istimewa dan populer. Tebing-tebing yang mengelilingi air terjun dan aliran sungainya terbentang begitu luas sehingga masyarakat sekitar menjulukinya Valley of the Rocks. Bentuk batu yang tidak beraturan menghasilkan desain abstrak yang unik seperti lukisan, terutama jika dilihat dari kejauhan.

2. Air jernih dan biru

Air terjun Cikuluwung ini layak disebut sebagai surga tersembunyi. Bagaimana tidak, selain tebingnya yang unik, air terjun ini juga memiliki air berwarna biru jernih yang sangat berbeda dengan warna air di air terjun kebanyakan. Anda akan dibuat takjub begitu menginjakkan kaki di tempat ini karena airnya mengalir seperti di kolam renang pribadi.

3. Suasana sejuk

Bogor dikenal sebagai daerah yang memiliki udara yang cukup sejuk, begitu juga dengan suasana objek wisata air terjun Ciku;uwung ini. Lokasi objek wisata ini berada di desa-desa terpencil dan di sekitar air terjun ditumbuhi pepohonan tinggi yang rindang sehingga udara di sekitarnya menjadi lebih sejuk. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin bersantai.

4. Aliran tidak terlalu deras

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air terjun ini terbagi menjadi dua bagian. Cikuluwung satu adalah air terjun, sedangkan Cikuluwung dua adalah air terjun yang bentuknya seperti sungai. Jika pengunjung ingin berenang bersama anak-anak, disarankan untuk menuju ke Cikuluwung Dua karena arusnya tidak terlalu kuat sehingga cukup aman bagi yang tidak bisa berenang dengan baik.

Alamat dan Arah Lokasi Curug Cikuluwung

Alamat Curug CikuluwungKredit gambar: Google Maps Purnomo Sri Herlambang

Air terjun yang menawan ini terletak di Desa Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Bogor, Jawa Barat. Perjalanan dari Kota Bogor ke Air Terjun Cikuluwung bisa memakan waktu sekitar 45 hingga satu jam tergantung kondisi lalu lintas. Meski cukup lama, Anda tidak akan bosan karena sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang menyejukkan.

Kondisi jalan dari kota ke desa cukup memadai dan mulus. Di sisi lain, medan untuk menuju air terjun ini cukup terjal, sehingga pengunjung yang datang ke tempat ini harus mempersiapkan mental dan memiliki stamina yang baik. Untuk alasan ini, pengunjung tua atau bahkan anak-anak tidak disarankan di sini.

Meski jalannya terjal, waktu yang dibutuhkan cukup singkat, bahkan dengan berjalan kaki. Jika perjalanan dilakukan dari kota Bogor akan cukup lama mengingat jarak yang cukup jauh. Dari Kota Bogor, Anda bisa memilih jalan menuju kawasan Cikampak hingga Dramaga. Setelah itu pilih jalur menuju Cibatok sampai menemukan pertigaan di Camplang.

Dari pertigaan, pilih jalan ke kiri sampai Anda menyeberangi sungai besar yaitu Cikuluwung dan melewati Gang Gardu. Ikuti jalan tersebut hingga bertemu dengan penunjuk arah Air Terjun Cikuluwung dan ikuti petunjuk arah menuju pintu masuk desa dan area parkir kendaraan. Anda harus berjalan kaki sekitar 5 menit menuju lokasi. Biasanya ada warga yang mengantarkan di lokasi dan dibayar dengan ikhlas.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Cikuluwung

Harga Tiket Masuk Air Terjun CikuluwungKredit gambar: Google Maps Kakaroco88

Pengunjung yang datang ke Curug Cikuluwung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu, yaitu sekitar Rp 20.000 per orang. Selain harga tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar biaya parkir kurang lebih Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Namun, tarif ini dapat berubah sewaktu-waktu, jadi sebaiknya tanyakan terlebih dahulu sebelum datang.

Sedangkan untuk jam bukanya, Air Terjun Cikuluwung buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB. Jika ingin menikmati air terjun ini dengan suasana yang lebih tenang, sebaiknya datang pada hari biasa karena pada hari libur lebih banyak pengunjung, sehingga tidak bisa leluasa menikmati liburan.

Sekedar saran, jika datang di tengah hari harus menunggu sampai jam 1 siang atau setelah istirahat karena jam 12 siang kawasan wisata harus dilepas dan staf harus istirahat.

Banyak pengunjung yang datang sebelum jam makan siang dan nekat turun namun harus kembali naik karena tour harus kosong. Jadi sebaiknya kamu turun saat istirahat selesai agar tidak naik turun ke jurang.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Cikuluwung

Aktivitas Seru Air Terjun CikuluwungKredit gambar: Twitter Kabar baik dari Indonesia

1. Berenang sambil menikmati air tawar

Aktivitas menarik yang tidak boleh dilewatkan adalah berenang di arus air terjun Cikuluwung. Air terjun yang jernih dan sejuk membuat pengunjung tidak boleh melewatkan aktivitas ini. Rasa lelah setelah menuruni jurang yang cukup curam sepertinya terbayar dengan air terjun yang sejuk, bersih, dan semburat biru.

Saat berenang, pengunjung disarankan ke Cikuluwung 2 karena arusnya cukup tenang, sehingga tidak berbahaya bagi Anda yang tidak bisa berenang. Jika Anda tidak ingin berenang tetapi tetap ingin bermain air, Anda bisa menyewa ban. Bersantai di atas air dengan ban ditemani pemandangan yang menakjubkan akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Selain berenang, pengunjung juga bisa berendam atau mengapung di aliran air terjun. Tak perlu khawatir, Anda bisa menyewa pelampung dan berenang di kolam air terjun tersebut karena ujung kolamnya tidak terlalu dalam sehingga aman bagi pengunjung.

2. Body rafting

Pengunjung juga dapat menikmati olahraga air seperti arung jeram di Curug Cikuluwung. Debitnya yang tidak terlalu deras menjadikan tempat ini cocok sebagai tempat liburan baik bersama teman maupun keluarga. Pengunjung yang ingin memanfaatkan wahana ini dapat menyewa peralatan di tempat yang disediakan untuk keperluan tersebut, sehingga tidak perlu membawa peralatan dari rumah.

3. Lompat tebing

Bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrim, sepertinya Anda harus mencoba panjat tebing di air terjun Cikuluwung ini. Tebing yang mengelilingi bantaran sungai digunakan sebagai tebing untuk atraksi lompat tinggi dan air terjun yang jernih. Jika Anda melakukan atraksi ini saja, lebih baik di musim kemarau karena aliran airnya tidak terlalu banyak dan tebing berbatunya tidak licin.

4. Bersantai di area air terjun

Aktivitas Seru di Air Terjun CikuluwungKredit gambar: Google Maps Youd

Setelah menuruni tebing yang cukup curam menuju Curug Cikuluwung, lebih tepat digunakan untuk istirahat. Umumnya pengunjung yang ingin menikmati suasana dan panorama di sekitar air terjun lebih memilih duduk di bebatuan atau di gubuk sambil merasakan semilir angin yang sangat sejuk.

Air yang mengalir dari atas dan birunya air kolam renang merupakan pemandangan yang akan selalu menemani anda selama berada di tempat ini. Sambil bersantai, Anda juga bisa menyelam atau mencelupkan kaki di kolam untuk bersantai.

5. Berfoto di tempat-tempat menarik

Aktivitas yang menarik untuk dilakukan di Curug Cikuluwung adalah berfoto. Setiap sudut tempat wisata ini memiliki keindahan yang tidak dapat ditemukan dimanapun. Maka tak heran jika banyak pengunjung masih mengabadikan setiap spot objek wisata ini untuk diekspos di media sosial. Banyaknya spot inilah yang membuat Air Terjun Cikuluwung dikenal banyak orang.

Air biru-biru menjadi objek foto yang menarik karena berbeda dengan air kebanyakan, dimana airnya sebenarnya jernih atau berwarna hijau. Tebing-tebing menjulang yang mengelilingi kawasan air terjun tentunya tidak luput untuk dijadikan sebagai background foto yang menarik dan berbeda dari yang lain karena terlihat seperti tempat wisata luar negeri.

Selain air terjun dan tebing yang menjadi icon tempat wisata ini, pengelola juga sedang membangun jembatan yang menghubungkan tebing kanan dan kiri. Jembatan ini juga akan dijadikan sebagai spot foto. Dan selain itu, pengelola juga akan membangun rumah pohon untuk bersantai dan menikmati pemandangan dari atas.

6. Nikmati wisata kuliner

Puas dengan berenang dan bermain di kawasan air terjun Cikuluwung, pengunjung bisa mengisi tenaga dengan wisata kuliner. Bagi Anda yang ingin menghilangkan dahaga atau bahkan mengisi perut, tidak perlu repot membawa bekal dari rumah karena sudah banyak warung makan dan minuman di sekitar sini.

Namun tak sedikit pengunjung yang sengaja membawa perbekalan dari rumah agar lebih hemat. Setelah itu, Anda bisa mencicipi berbagai hidangan di gazebo atau chalet yang disediakan untuk Anda bersama keluarga. Dengan begitu, liburan Anda di Cikuluwung akan jauh lebih menyenangkan dan berkesan.

Fasilitas wisata yang tersedia di Curug Cikuluwung Bogor

Perlengkapan Curug Cikuluwung BogorKredit gambar: Google Maps Rizky Zulfahrie

Curug Cikuluwung merupakan destinasi wisata yang dikelola dan dikembangkan oleh lembaga swadaya masyarakat. Meski demikian, tempat tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk membantu dan menunjang setiap aktivitas wisata. Beberapa di antaranya adalah tempat persewaan ban dan pelampung, kamar mandi, toilet, ruang ganti, mushola dan mushola.

Sedangkan bagi pengunjung yang membawa kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua telah disediakan tempat parkir yang cukup luas. Sedangkan bagi pengunjung yang masih bingung dan ragu untuk melintasi medan terjal menuju lokasi air terjun dapat memanfaatkan jasa masyarakat setempat yaitu jasa pemandu rute.

Demikian informasi mengenai tempat wisata air terjun Cikuluwung di Bogor. Air terjun yang resmi diresmikan pada tahun 2018 ini menjadi pilihan bagi keluarga terutama penduduk ibu kota yang penat dengan hiruk pikuk kota karena memiliki suasana yang menyejukkan dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. .

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button