Curug Cikawah, air terjun eksotik dengan aliran air panas alami di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Cikawah, air terjun eksotik dengan aliran air panas alami di Bogor

Curug Cikawah, air terjun eksotik dengan aliran air panas alami di Bogor

Curug Cikawah merupakan wisata air terjun di Bogor yang menawarkan pemandangan eksotis, sehingga cocok untuk jiwa petualang. Bagaimana pesona kecantikannya?

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Ciasmara, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Selain kota hujan, sedikit orang yang tahu bahwa Bogor juga dikenal sebagai kota 1000 air terjun. Diketahui, kaskade adalah bahasa kaskade lainnya. Penyebutan itu tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, Bogor ternyata memiliki banyak sekali pesona wisata air terjun atau air terjun yang eksotik dan menakjubkan. Salah satunya adalah Curug Cikawah.

Air terjun cantik ini terkenal memiliki pesona keindahan alam yang masih alami dengan trek wisata yang sangat menantang. Namun, lelahnya perjalanan akan terbayar begitu sampai di area utama. Jadi jangan tunda lagi segera datang kesini untuk pengalaman berpetualang yang menantang.

Terletak di kaki Gunung Salak, dibutuhkan sekitar 2h30 trekking untuk dapat menikmati keindahan air terjun. Jalur yang cukup sulit ini dikarenakan lokasi air terjun yang bisa dibilang terpencil dan tersembunyi. Inilah mengapa kondisi alam sekitar masih sangat alami dan asri, sehingga kondusif untuk penyembuhan dan penyembuhan.

Daya tarik yang ditawarkan oleh air terjun Cikawah

Daya Tarik Air Terjun Cikawah BogorFoto: Google Maps/Indra Permana

Nama air terjun eksotis ini memang belum terlalu dikenal masyarakat umum. Namun, pesona kecantikannya tidak boleh dianggap remeh. Tempat wisata air terjun ini memiliki daya pikat keindahan alam yang memukau dan sungguh memanjakan mata.

✦ Jalur pendakian di antara sawah

Untuk bisa menikmati pesona air terjun yang mencengangkan, jalur yang ditempuh tidaklah mudah. Sepanjang jalan, Anda akan menemukan ratusan hamparan sawah milik penduduk setempat. Pemandangan area persawahan ini pastinya membuat mata Anda lebih sejuk dengan udara dingin kota Bogor.

Setelah melewati ratusan pematang sawah, perjalanan akan dilanjutkan melewati kawasan hutan yang sangat asri. Melalui jalan yang terjal, pelan-pelan pemandangan air terjun kecil bernama Gleweran mulai terlihat di mata Anda. Selangkah demi selangkah kaki akhirnya sampai di area utama Curug Cikawah Pamijahan Bogor.

✦ Memiliki aliran air panas alami

Tempat wisata air terjun cantik bernama Cikawah ini rupanya bukan tanpa alasan. Di sekitar air terjun terdapat beberapa kawah kecil. Kawah kecil ini mengeluarkan arus air panas karena mengandung belerang. Untuk itu, Curug Cikawah Bogor merupakan tempat terbaik untuk menikmati air terjun yang menyegarkan sambil menikmati pemandian air panas.

Dilihat dari kejauhan, air terjun yang terletak di kecamatan Pamijahan ini memiliki bentuk aliran yang sangat menarik. Aliran air yang ada di atas terlihat seperti ular di atas. Tak heran, wisata pemandangan air terjun yang berkelok-kelok ini menjadi spot favorit untuk mengambil foto perjalanan.

✦ Pesona pemandangan eksotis

Curug Cikawah memiliki ketinggian air terjun mencapai 45 meter. Di bagian bawahnya terdapat kolam retensi dengan kedalaman hingga 2 meter. Tumpahan air terjun di kolam retensi cukup deras, sehingga tidak disarankan untuk mendekatinya.

Di sisi lain, aliran air juga mengalir di antara pepohonan yang rimbun dan rindang. Banyaknya asap yang keluar dari kawah di sekitar air terjun seakan menambah eksotisme dan keindahan air terjun Cikawah. Pemandangan ini tentu saja sangat jarang ditemui di tempat wisata air terjun lainnya.

✦ Keindahan dan ketenangan lokasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lokasi air terjun setinggi 45 meter ini melewati medan yang sulit. Namun, sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan dengan keindahan dan kedamaian kawasan yang masih alami. Untuk itu, di sini cocok dijadikan tempat istirahat di tengah padatnya aktivitas ibu kota.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Cikawah BogorFoto: Google Maps/Giri Bagus Bagaskara

Jika Anda bertanya dimana alamatnya, Curug Cikawah terletak di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Untuk bisa menempuh destinasi wisata dari Jakarta, Anda harus menempuh jalan menuju Cibubur, kemudian dilanjutkan ke Cileungsi lalu Citeureup hingga akhirnya tiba di kawasan Sirkuit Sentul.

Dari sirkuit Sentul, arahkan kendaraan menuju Jalan Raya Bogor menuju Bubulak hingga menemukan pertigaan Cibatok, kemudian tiba di pertigaan Cemplang. Akhirnya perjalanan kini telah sampai di desa Cibitung dan kemudian berakhir di desa Ciasmara.

Sesampainya di desa Ciasmara, silahkan parkir kendaraan dan lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan membawa perbekalan. Oleh karena itu, perjalanan menuju air terjun akan memakan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Jam buka air terjun Cikawah buka setiap hari selama 24 jam. Namun harus diperhatikan bahwa trekking ke lokasi wisata cukup berisiko jika dilakukan pada malam hari. Oleh karena itu, disarankan untuk datang pada pagi hari dan kembali pada sore hari.

Harga tiket masuk untuk mengunjungi air terjun ini cukup terjangkau. Mengenai biaya parkir hanya Rp 5.000 ditambah tiket masuk Rp 10.000 per orang. Total hanya Rp 15.000 untuk menikmati pesona keindahan alam yang memanjakan mata.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru Curug Cikawah BogorFoto: Google Maps/Muhammad Ghalib Marasabessy

Setelah membahas daya tarik air terjun di Bogor ini, apa saja kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Curug Cikawah? Berikut debat lengkapnya!

1. Mainkan air

Kegiatan menarik pertama yang bisa dilakukan tentunya adalah bermain air. Bukan hanya sekedar bermain biasa saja, karena mata air yang mengalir di Curug Cikawah ini memiliki suhu yang panas. Merasakan hangatnya air yang mengalir sambil duduk mengelilingi bebatuan pasti akan memberikan sensasi yang tidak bisa dibandingkan dengan mengunjungi hits lainnya.

Meski terdapat aliran air panas, namun udara di sekitar air terjun cukup dingin. Arus airnya cukup deras, jadi tidak disarankan untuk berenang. Namun, hanya dengan merendam sebagian kaki di air terjun dapat menghilangkan penat dan penat sepanjang perjalanan.

2. Pengalaman mendaki yang ramping

Untuk bisa menikmati pesona keindahan air terjun eksotik yang masih belum terjamah ini, seseorang harus menempuh jarak yang tipis. Memang, Curug Cikawah Desa Ciasmara ini terletak di kawasan Gunung Salak. Untuk itu, wisata Air Terjun Bogor ini sangat cocok bagi para pendaki pemula.

3. Menikmati keindahan alam yang super eksotik

Luasnya keindahan alam yang tersaji di air terjun yang terletak di desa Ciasmara ini sungguh luar biasa. Kepulan asap belerang yang menyeringai di pinggiran pepohonan rindang membuat suasana air terjun semakin eksotis. Kepulan asap ini kemudian berpadu dengan aliran udara yang sejuk dan indah untuk menciptakan decak kagum dari para penonton.

4. Foto selfie

Untuk mengabadikan momen, foto selfie juga sangat diperbolehkan. Berbagai pemandangan alam yang super indah bisa dijadikan background foto dengan gaya apapun. Yang paling favorit adalah spot foto dengan view air terjun Cikawah yang diselimuti kepulan asap menari-nari di antara pepohonan rindang.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Air Terjun Cikawah BogorFoto: Google Maps/Deni Andriansah

Sebagai wisata cagar alam, tidak ada fasilitas khusus di sekitar kawasan air terjun. Namun tempat indah ini dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet dan tempat ibadah yang tidak jauh dari area parkir. Selain itu, beberapa warung makanan dan minuman juga tersedia di sini.

Pada akhirnya, wisata alam tetap menjadi pilihan terbaik untuk berwisata di era digital saat ini. Dengan pesona keindahan alamnya yang eksotis, Curug Cikawah bisa menjadi salah satu alternatif wisata alam terbaik yang bisa dipilih untuk menyalurkan jiwa pecinta alam dan petualang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button