Catatan! Ini Jalur Rawan Kecelakaan dan Lalu Lintas di Gunungkidul Saat Libur Nataru Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Catatan! Ini Jalur Rawan Kecelakaan dan Lalu Lintas di Gunungkidul Saat Libur Nataru Solopos.com

SOLOPOS.COM – Jalan menuju Pantai Gunungkidul mengalami kemacetan parah. Lebar jalan hanya lima meter. (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan berbagai rencana lalu lintas untuk mencegah kemacetan selama libur Natal dan Tahun Baru 2022 dan 2023. Ada beberapa jalur rawan macet yang harus diwaspadai wisatawan.

Jalur utama di Jalan Wonosari diperkirakan akan padat di sekitar Jalan Raya Piyungan-Patuk dan Putat. Sedangkan jalur wisata yang diperkirakan macet terjadi di Jalan Baron.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

Teknik arus utama dilakukan dengan mengarahkan arus kendaraan ke arah Gunungkidul, melewati Patuk kemudian ke Dlingo menuju Playen. Sedangkan dari arah Gunungkidul menuju Jogja ditempuh melewati Patuk kemudian Nglanggeran melalui Prambanan.

Kepala Dinas Lalu Lintas Dinas Perhubungan Gunungkidul Bayu Susilo Aji mengatakan, lalu lintas menuju Pantai Playen akan menuju Paliyan kemudian melalui Jalan Lingkar Selatan (JJLS) saat Jalan Baron ditutup.

“Sementara arus balik wisatawan dari pantai terbagi barat dan timur. Timur via Tepus, lalu JJLS, Barat via Saptosari, lalu JJLS, sebisa mungkin jangan lewat Jalan Baron karena macet di momen liburan dari tahun ke tahun,” jelasnya, Jumat (16/12/2022).

Baca Juga: Pengunjung Tempat Wisata Dibatasi Selama Libur Nataru, Dishub DIY Siapkan Skenario

Bayu mengatakan alternatif itu akan diterapkan tergantung kondisi. “Prinsipnya seperti apa situasi dan kondisi lapangan, kemungkinan-kemungkinan sudah kita siapkan. Staf juga akan mendirikan pos jaga dan melakukan pengawasan langsung,” katanya.

Rekayasa lampu lalu lintas, lanjut Bayu, juga dilakukan untuk mengatur kelancaran arus di setiap persimpangan.

“Nantinya traffic light akan dikendalikan secara terpusat sehingga kemacetan bisa terkelola waktu hijausehingga berjalan lebih lancar tergantung kebutuhan dan kondisi,” ujarnya.

JBerbaring busur Laka

Kapolsek Gunungkidil Kasatlanta, AKP Purwanta mengatakan, jalur rawan kecelakaan itu sudah menjadi perhatian polisi. Menambahkan rambu lalu lintas untuk mengurangi kecelakaan selama Nataru.

Baca Juga: Yogyakarta Diperkirakan Ramai Saat Libur Nataru, 1 Juta Kendaraan Masuk

Purwanta mengatakan polisi juga telah menyurati organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk menekan angka kecelakaan.

“Misalnya, kami menulis surat tentang kecelakaan lubang. Dinas Pekerjaan Umum untuk membenahi jalan, kemudian kami juga menyurati dinas perhubungan tentang kecelakaan akibat minimnya penerangan jalan,” ujarnya.

Titik rawan kecelakaan, jelas Purwanta, di Gunungkidul berada di kawasan yang terjal dan menanjak.

“Titik panasnya ada di Piyungan-Patuk, Bunder dan beberapa titik di pantai selatan yang geografi wilayahnya bervariasi. Di daerah-daerah seperti itu, kami meminta pengendara untuk lebih berhati-hati,” katanya.

Baca Juga: Tugu Jogja Expo Dihentikan Permanen, Penyelenggara Akan Gugat Pemkot

Kendaraan pribadi wajib diperiksa sebelum berangkat liburan ke Gunungkidul. Misalnya memastikan rem dan perlengkapan kendaraan lainnya dalam keadaan aman.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul “Liburan telah tiba, jalur ini rawan macet dan kecelakaan di Gunungkidul”.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button