Catatan! Ini 7 Destinasi Wisata Instagrammable di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi! - WisataHits
Yogyakarta

Catatan! Ini 7 Destinasi Wisata Instagrammable di Solo yang Wajib Kamu Kunjungi!

Wisata Kota Solo (Foto: Antara)

SOLO, Lightning.com- Salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah disebut Kota Budaya. Kota yang menawarkan panorama dan pesona alam yang tak terhitung jumlahnya yang memukau setiap orang yang melihatnya.

Tak perlu dikatakan bahwa Solo dijuluki Kota Budaya, karena merupakan rumah bagi sebuah istana, peninggalan Kesultanan Mataram yang dibagi dengan Kesepakatan Giyanti sebelum tahun 1755. Dengan keraton yang menyimpan banyak sejarah dan tentunya budaya nenek moyang jaman dulu.

Maka tak heran jika kota ini banyak turis domestik maupun mancanegara yang datang ke sini hanya karena ingin mengetahui dan melihat secara langsung peninggalan sejarah yang ada di kota Solo.

Tak ayal, kota yang dikenal sebagai kota kelahiran Presiden Indonesia Joko Widodo ini sangat populer tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

Kota yang sangat dekat dengan Yogyakarta ini memiliki banyak tempat wisata yang menawan dan kental dengan budayanya. Tak hanya itu, kota ini juga memiliki destinasi wisata yang Instagramable. Ayo! Simak beberapa rekomendasi destinasi wisata di Solo.

Baca juga:
Ayo pelajari lebih lanjut tentang istana kuno Puri Saren Agung Ubud

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Suatu keharusan jika Anda berada di Solo. Keraton Surakarta Hadiningrat adalah tempat paling terkenal dan bersejarah di Solo dan merupakan rumah bagi berbagai budaya kerajaan yang masih berlangsung hingga saat ini.

Jika Anda ingin mengunjungi Keraton Surakarta Hadiningrat, Anda harus mengikuti berbagai aturan yang harus dipatuhi karena lingkungan sekitar keraton sangat terawat. Anda dapat mengunjungi Senin hingga Kamis dari pukul 09:00 hingga 14:00. Sementara itu, tidak ada kunjungan wisatawan pada hari Jumat.

Alamat: Jalan Sidikoro, Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

2. Masjid Agung Surakarta

Baca juga:
Pantai Melasti yang eksotis di Pulau Dewata, Bali

Masjid yang tidak jauh dari Keraton Surakarta Hadiningrat ini memiliki sejarah panjang peradaban Islam pertama di kota Solo.

Terkenal dengan Masjid Keraton Solo yang terletak di sekitar alun-alun, dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti poliklinik, perpustakaan dan serambi untuk istirahat sejenak.

Alamat : Jl. Masjid Raya No. 1, Kauman, Kec. hp Kliwon, Kota Surakarta.

3. Vihara Dhamma Sundara

Salah satu vihara di kota Solo ini tidak hanya digunakan sebagai tempat peribadatan umat Buddha, tetapi juga sebagai objek wisata.

Baca juga:
Wow! Keindahan Kapal Karam Liberty di Laut Tulamben Bali tidak akan membuat Anda pulang

Vihara Dhamma Sundara memiliki candi berwarna putih yang dihiasi dengan dua stupa gajah. Ketika Anda tinggal di biara ini, Anda merasa seperti berada di Thailand pada pandangan pertama.

Alamat : Jl. orang Irlandia H. Juanda No. 223 B, Pucangsawit, Jebres, Surakarta.

4. De’Tjolomadoe

Berasal dari bekas bangunan pabrik gula peninggalan Hindia Belanda, tempat wisata populer di Solo ini kini ramai di media sosial.

Awalnya bernama Pabrik Gula Colomadu yang didirikan pada tahun 1861 di Karanganyar oleh Mangkunegaran IV. Setiap sudut De Tjolomadoe memang sangat Instagramable, sehingga tak heran banyak anak muda berbondong-bondong ke De’ Tjolomadoe.

Baca juga:
8 rekomendasi makanan khas solo ini dijamin bikin kamu ketagihan!

Tempat wisata di Solo ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu dengan biaya masuk sebesar Rp25.000 per orang.

Alamat : Jl. Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

5. Istana Pusaka Solo

Heritage Palace mengusung konsep suasana klasik Eropa. Tempat ini juga termasuk dalam kawasan pembangunan bekas pabrik gula Belanda dari Tagun yang direvitalisasi menjadi tempat wisata pada tahun 1892.

Tempat wisata ini menawarkan spot foto yang menarik, kamu bisa berfoto selfie dengan berbagai kostum yang disewakan untuk menambah kesan luar negeri. Biaya masuknya Rp 55.000 per orang.

Baca juga:
Harus berhenti! Ini 8 rekomendasi wisata hits dan low budget di Purwakarta

Alamat : Jl. Permata Raya, Dusun Tegal Mulyo, Honggobayan, Pabelan, Kartasura.

6. Grojogan Sewu Tawangmangu

Tempat wisata di Solo selanjutnya, Grojogan Sewu Tawangmangun menawarkan pemandangan air terjun yang menyegarkan berpadu dengan tebing-tebing hijau. Tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat dari kehidupan sehari-hari.

Tiket masuk Grojogan Sewu Waeamangun sangat terjangkau, hanya Rp 18.000 per orang.

Alamat : Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Baca juga:
Mendengarkan! Ternyata ini kenapa Bali jadi destinasi wisata

7. Pasar Klever

Tempat terakhir yang harus dikunjungi di Solo adalah Pasar Klewer. Pasar tradisional di kota Solo ini terkenal sebagai sentra batik, tekstil dan garmen. Selain itu, pasar ini juga menjual berbagai pakaian lainnya seperti tie dye, t-shirt, pakaian tradisional, blangkon hingga pakaian modern.

Pasar ini sering dijadikan destinasi wajib bagi para wisatawan. Lokasi sangat strategis dan dekat dengan Keraton Kasunanan Surakarta dan Masjid Agung Surakarta.

Alamat : Jl.Dr. Radjiman No. 5A, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. (ulf/nda)

Baca juga:
Hore! PSM UNS Raih Penghargaan di Jepang

Source: www.kilat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button