Catatan! Ini 4 Titik Keluar Masuk Tol Jogja-Solo Sesi 2 Ringroad Utara Sleman - WisataHits
Yogyakarta

Catatan! Ini 4 Titik Keluar Masuk Tol Jogja-Solo Sesi 2 Ringroad Utara Sleman

Catatan!  Ini 4 Titik Keluar Masuk Tol Jogja-Solo Sesi 2 Ringroad Utara Sleman

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan tol Jogja-Solo seksi 1 menunjukkan perkembangan yang positif. Per 18 Januari 2023, 26,75% telah selesai untuk pekerjaan sipil. Menariknya, jalan tol yang membentang dari Kartasura, Jawa Tengah hingga Depok, Sleman ini memiliki banyak pintu masuk dan keluar yang dikenal dengan nama “On Ramp” dan “Off Ramp” yang terletak di Sesi 2 (Seksi 2).

Di ramp adalah akses masuk ke jalan tol (ada atau tidaknya gardu tol tergantung sistem pengoperasian jalan tol). Sedangkan exit adalah akses untuk keluar jalan tol (bisa ada atau tidak ada gardu tol tergantung dari sistem pengoperasian jalan tol tersebut. Keduanya menggunakan sistem terbuka atau tertutup.

BACA JUGA: Akhirnya Tol Jogja Solo Segera Dibangun di Kalasan, Ini Petanya

Berdasarkan peta rute dari Harianjogja.com, setidaknya terdapat empat pintu tol di sepanjang Ring Road Utara, Depok, Sleman. Terdiri dari akses/keluar pertama di kawasan Maguwoharjo yang menurut peta menunjukkan titik tersebut berada di utara ring road, lebih tepatnya di kawasan Sanggrahan sebelah barat SMK 1 N Depok. Akses ini sangat mampu terhubung langsung dengan jalan lingkar timur, Jalan Solo dan Jalan Tajem.

Kedua, berdasarkan titik peta, pintu masuk/keluar UPN berada di utara ring road atau barat Jalan Nusa Indah. Pintu masuk dan keluar tol ini nantinya akan terhubung dengan Ring Road dan Nusa Indah Road.

Tiga pintu masuk/keluar Monjali berada di utara jalan lingkar. Intinya mungkin di pertengahan antara Jalan Palagan dan Jalan Kaliurang. Jalan akses ini secara otomatis akan terhubung dengan jalan lingkar dan dua jalan tersebut. Saat jalan tol beroperasi, wisatawan dari luar DIY yang melewati jalan tol dan menuju kawasan wisata Kaliurang bisa langsung melalui jalur ini.

Empat tanjakan trihanggo on/off terletak di persimpangan empat trihanggo. Intinya ada di utara Rongroad. Selain terhubung langsung dengan jalan raya, akses jalan ini juga terhubung dengan Jalan Kabupaten. Titik on-off ini berada di sebelah timur Sleman Junction, titik perlintasan antara jalan tol Jogja-Bawen, Jogja-Solo dan Jogja-YIA.

BACA JUGA: Sultan Tegas Tak Serahkan Tanah Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen

Keempat jalur on/off ini dikenal sebagai jalan tol dalam kota karena terletak di kawasan perkotaan Sleman dan kota Jogja. Rencana konstruksi mempertimbangkan konstruksi terapung di atas jalan pintas. “Untuk desain dasar ya kamu [elevated dari Maguwo sampai Trihanggo]jadi desain dasar itu rencana awalnya. Nanti bisa saja berubah lagi karena berbagai faktor seperti kondisi tanah atau perhitungan teknis lainnya,” kata Humas PTT JMM Ahmad Izzy belum lama ini.

Adapun rencana pembangunan tol dalam kota atau dari Maguwoharjo hingga Trihanggo direncanakan paling akhir setelah pembangunan Jogja-Solo hingga Purwomartani, Jogja-YIA dan Jogja-Bawen selesai.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button