Bupati Banyumas yang kuliah di Tulungagung mengatakan Tulungagung memiliki keunggulan di sektor UMKM dan pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Bupati Banyumas yang kuliah di Tulungagung mengatakan Tulungagung memiliki keunggulan di sektor UMKM dan pariwisata

JATITIMES – Achmad Husein, Bupati Banyumas Provinsi Jawa Tengah, mengatakan Kabupaten Tulungagung memiliki keunggulan di sektor UMKM dan pariwisata. Hal itu disampaikannya pada Senin (8/8/2022) saat berkunjung ke Kabupaten Tulungagung.

“Manfaat Kabupaten Tulungagung ada di sektor UMKM dan pariwisata,” ujarnya.

Baca Juga: Bupati Sanusi Berencana Merger Sekolah dengan Jumlah Siswa Minimal

Menurut Achmad Husein, kunjungan tersebut merupakan kunjungan balasan karena Bupati Tulungagung Maryoto Birowo pernah berkunjung ke Banyumas beberapa waktu sebelumnya. Diakuinya, kunjungan ke Tulungagung ini khusus untuk belajar meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

Mengetahui peningkatan PAD dilatarbelakangi oleh fakta bahwa PAD Banyuma masih kalah dengan Tulungagung, meskipun jumlah wajib pajak Banyuma melebihi Tulungagung.

“Dengan kenyataan ini saya menilai ada sesuatu yang hilang. Karena itu perlu ada learning curve bagi Tulungagung untuk menelusuri efektifitas penerimaan PAD,” ujarnya.

Achmad Husein menjelaskan, banyak detail yang harus diikuti dalam rangka mempromosikan PAD, salah satunya sampai ke hal yang terkecil. Ia juga membawa tim untuk belajar di Tulungagung.

Selain tim keuangan daerah, ia juga mendatangkan tim dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Pasalnya pihaknya juga tengah mengkaji perkembangan UMKM di Kabupaten Tulungagung.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan pihaknya juga banyak belajar tentang Mall Layanan Umum (MPP) Banyumas karena MPP Banyumas sudah beroperasi sejak 2013 dan di Indonesia MPP Banyumas merupakan MPP No 1.

Baca Juga : Pastikan Ditangani, Bupati Sanusi Terus Cek Sekolah di Malang Barat

Menurut Maryoto, pihaknya tidak hanya belajar tentang MPP, tetapi juga tentang pengelolaan sampah dan sistem pelaporannya. Karena Banyumas sudah memiliki sistem pelaporan yang lebih canggih.

“MPP memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai dokumen seperti KTP dan SIM. Datang saja ke suatu tempat, semua kebutuhan sudah terpenuhi. Karena itu, Pemkab Tulungagung akan mengikuti perkembangan MPP yang dilaksanakan Banyumas. ‘ kata Maryoto.

Untuk MPP di Tulungagung, Maryoto mengatakan pelan-pelan akan mulai beroperasi tahun ini, dan tahap awal akan dimulai di Balai Rakyat. Ke depan, Pemkab akan mendirikan tapak permanen MPP yang akan dibangun di Belga Ruko.

Sekadar informasi, kunjungan Bupati Banyumas Provinsi Jawa Tengah, Achmad Husein ke Kabupaten Tulungagung, antara lain mendengarkan pemaparan materi oleh Bupati Tulungagung Maryoto Birowo di Pendapa, melihat lembutnya perkenalan Tulungagung Pay, melihat Program Pendidikan Agriwisata Bungur Integrasi yang dikelola oleh Perumda Tulungagung dan kunjungan ke Showroom Dekranasda Tulungagung.

Source: www.jatimtimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button