Pertagas meraih empat Penghargaan CSR & PDB 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Pertagas meraih empat Penghargaan CSR & PDB 2023

Pertagas meraih empat Penghargaan CSR & PDB 2023

Keberhasilan Pertagas merupakan bentuk pengakuan atas keberhasilan program CSR yang telah dilaksanakan perusahaan dalam mewujudkan desa lestari

Jakarta (ANTARA) – PT Pertamina Gas (Pertagas), sebagai anak usaha Subholding Pertamina Gas, meraih empat penghargaan dalam ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2023 yang dipersembahkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Daerah dan transmigrasi jiwa.

Pertagas meraih tiga penghargaan kategori Gold untuk Operation East Java Area (OEJA), Operation West Java Area (OWJA), Operation Kalimantan Area (OKA) dan 1 kategori Silver dari Operation South Sumatera Area (OSSA). Penghargaan tersebut diserahkan pada Rabu oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, kepada masing-masing pengelola wilayah operasional di Bintan, Kepulauan Riau.

Imam Rismanto selaku Communication, Relations & CSR Pertagas dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan empat penghargaan yang diraih Pertagas merupakan bukti komitmen dan kontribusinya dalam mendorong pertumbuhan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan pembangunan di desa-desa sekitar wilayah operasi Pertagas.

“Kemandirian desa adalah Gerbang dari program CSR yang dilaksanakan Pertagas saat ini, yang berdampak langsung terhadap perekonomian masyarakat di sekitar wilayah operasi. Kesuksesan Pertagas merupakan bentuk pengakuan atas keberhasilan program CSR yang telah dilaksanakan perusahaan dalam mewujudkan desa lestari,” ujarnya.

Penghargaan kategori Emas diraih oleh Pertagas melalui program Taman Sidrap yang mengembangkan program pertanian terpadu di Desa Sidrap, Kutai Timur, yang mendapatkan Penghargaan Proper Emas pada tahun 2022.

Kemudian program Taman Olah Raga Jelantah yang dilaksanakan di Desa Kalitengah, Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melalui pemberdayaan perempuan berhasil mengatasi sampah bekas dan berdampak positif dengan adanya jaring pengaman sosial yang dihasilkan dari pembuangan sampah.

Selain itu, kategori Gold juga diraih oleh program Perisai Bumi yaitu CSR Pertagas di desa Juntinyuat Indramayu. Program penanggulangan bencana mengatasi resiko abrasi pantai dengan geotube, menjadikannya satu-satunya wisata edukasi yang dikelola oleh masyarakat dengan konsep wisata penanggulangan bencana.

Pertagas juga meraih kategori Silver melalui program Desa Wisata Lembah Dewi Sri Sidomulyo di Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Program ini diprakarsai oleh Pertagas untuk membantu mengatasi masalah ekonomi dan lingkungan, kata Imam.

“Pertagas berkomitmen untuk terus bersinergi dengan pemerintah desa dan masyarakat untuk mengembangkan potensi masing-masing daerah sehingga dapat mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan,” imbuhnya.

Baca Juga: Pertagas: Pipa Minyak Blok Rokan Mengalir 160.000 Barel Per Hari
Baca juga: Pertagas raih BPH Migas Award 2022
Baca Juga: Inklusi Digital Percepat Persatuan Bisnis Pertagas dan PGN

Reporter: Faisal Yunianto
Editor: Klik Dewanto
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button